MANFAAT MAKAN IKAN UNTUK KESEHATAN

HIDUP SEHAT 1044 Kali Dibaca

Firman Tuhan dalam Lukas 24:41 Dan ketika mereka belum percaya karena girangnya dan masih heran, berkatalah Ia kepada mereka: “Adakah padamu makanan di sini?” 24:42 Lalu mereka memberikan kepada-Nya sepotong ikan goreng. 24:43 Ia mengambilnya dan memakannya di depan mata mereka.

Ini adalah sebuah kisah dimana Tuhan Yesus terakhir kali bertemu dengan murid-muridNya, sebelum Ia terangkat kesorga. Satu hal yang menarik adalah ketika murid-muridNya, memberikan makanan kepada Tuhan Yesus yaitu sepotong ikan goreng seperti yang ditulis dalam (Matius 4:42).

Saat ini dalam tips hidup sehat kita akan berbicara tentang Manfaat Makan Ikan Untuk Kesehatan. Pada umumnya orang-orang yang tinggal di desa yang berdekatan dengan laut akan menjadikan ikan sebagai lauk menu makanan setiap hari, dan akan berbeda dengan orang-orang yang tinggal dikota yang menjadikan daging sebagai lauk setiap kali makan.

Dari kedua kebiasanan untuk menyantap makanan setiap hari ternyata ada perbedaan yang sangat mencolok, dimana orang-orang yang tinggal didesa biasanya memiliki tubuh yang lebih sehat dibandingkan dengan orang-orang yang tinggal dikota.

Pertanyaannya mengapa bisa demikian, padahal kota kan dianggap sebagai daerah yang lebih maju dibandingkan dengan didesa, jadi biasanya dikota itu selalu bisa menikmati makanan-makanan yang enak-enak. Pada kenyataannya makanan yang enak seperti daging dan makanan-makanan instan siap saji ternyata lebih berbahaya untuk kesehatan tubuh manusia, apalagi bila tidak diimbangi dengan olehraga teratur.

Orang-orang didesa walaupun hanya menjadikan ikan sebagai lauk untuk makan setiap hari tetapi ketahuilah bahwa ikan mempunyai kandungan gizi sangat banyak, oleh sebab itu ikan merupakan makanan yang memiliki sumber zat gizi yang penting.

Pola kebiasaan makan ikan seperti pada masyarakat di desa membuat orang-orang desa ini hampir tidak pernah terkena penyakit jantung, atau tingkat kejadiannya sangat rendah dibandingkan orang-orang yang hidup dikota. Bukan saja penyakit jantung tetapi juga penyakit degeneratif lainnya.

Orang yang sering menyantap ikan sebagai lauk setiap hari akan lebih sehat karena, jenis lemak di dalam ikan yaitu asam linoleat setelah melalui proses metabolisme dalam tubuh manusia akan menghasilkan asam lemak yang kemudian dikenal dengan nama omega 3.

Itulah sebabnya seringkali bila seseorang berolahraga fitness, maka oleh trainernya disarankan untuk minum suplemen yang mengandung omega 3. Dan omega 3 yang terdapat pada ikan ini bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung dan penyakit degeneratif lainnya.

Ada sebagian pengamat gizi berpendapat bahwa orang yang gemar mengkonsumsi ikan memiliki umur harapan hidup rata-rata lebih panjang daripada orang-orang yang kurang mengkonsumsi ikan, tetapi untuk yang satu ini sebagai orang percaya kita tahu bahwa seberapa panjangnya umur manusia tidak terlepas dari kekuasaan Tuhan. Hal ini bukan berarti kita boleh mengkonsumsi makanan sesuka hati kita.

Jadi secara sederhana dapat dijelaskan, karakteristiknya yang unik menyebabkan omega 3 mampu mencegah dan mengurangi penumpukan kolesterol dan melekatnya bintik-bintik darah pada dinding pembuluh darah yang merupakan sebab utama timbulnya serangan jantung dan stroke yang mematikan.

Omega 3 yang terkandung dalam ikan selain bisa menurunkan kadar kolesterol darah, juga bisa mengatasi penyakit lainnya seperti, asma, rematik, penyakit kulit, komplikasi diabetes dan kanker payudara.

Ok artikel tentang manfaat makan ikan untuk menjaga kesehatan ini akan kita baca secara bersambung, jadi sebagai pengantarnya kita sudahi sampai disini dulu dan sahabat renungan hari ini bisa ikuti terus artikel manfaat makan ikan untuk kesehatan ini secara berseri.

Kiranya artikel ini bermanfaat buat sahabat renungan hari ini semuanya. Tuhan Yesus memberkati.

tags: ,

Related For MANFAAT MAKAN IKAN UNTUK KESEHATAN