BERJUANG UNTUK MASUK KERAJAAN SORGA

MOTIVASI 1610 Kali Dibaca

Renunganhariini.com: Motivasi – Berjuang Untuk Masuk Kerajaan Sorga. Shalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, renungan motivasi kita saat ini adalah Berjuang Untuk Masuk Kerajaan Sorga.

Saudaraku, mungkin dari judul renungan hari ini akan membuat saudara-saudara semua berpikir dan bertanya-tanya, bukankah keselamatan itu bukan karena perbuatan baik, melainkan anugerah yang Allah berikan. Lalu mengapa untuk masuk kerajaan sorga kita masih harus berjuang?.

Sesungguhnya kalimat berjuang untuk masuk Kerajaan sorga ini adalah kalimat yang diucapkan dan keluar dari mulut Tuhan Yesus sendiri saat Tuhan Yesus berbicara tentang Kerajaan sorga, dimana saat itu ada orang yang bertanya kepada Tuhan Yesus tentang hal diselamatkan. Mari kita lihat apa yang Tuhan Yesus katakan dalam;

Lukas 13:23 – 24

13:23 Dan ada seorang yang berkata kepada-Nya: “Tuhan, sedikit sajakah orang yang diselamatkan?”

13:24 Jawab Yesus kepada orang-orang di situ: “Berjuanglah untuk masuk melalui pintu yang sesak itu! Sebab Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan berusaha untuk masuk, tetapi tidak akan dapat.

Kalau kita tidak meneliti dan membaca kebenaran firman Tuhan dengan benar maka kita akan tetap memiliki pola pikir yang salah, dimana kita akan beranggapan bahwa keselamatan itu adalah anugerah yang Allah berikan, jadi untuk masuk kerajaan sorga kita tidak perlu berjuang, hidup saja nikmati dunia ini dan mati pasti masuk sorga. Sekali lagi pemikiran seperti ini adalah pola pikir yang salah.

Kalau untuk masuk Kerajaan sorga itu tidak perlu berjuang, maka Tuhan Yesus tidak mungkin berkata; “Berjuanglah untuk masuk melalui pintu yang sesak itu! Sebab Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan berusaha untuk masuk, tetapi tidak akan dapat.

Dari kalimat yang Tuhan Yesus sampaikan ini, seharusnya kita mengerti bahwa untuk masuk Kerajaan sorga itu tidaklah mudah. Jadi kita harus sungguh-sungguh berjuang, supaya pada akhirnya kita bisa diterima di dalam Kerajaan Allah Bapa di sorga.

Selama ini banyak pengajaran yang disampaikan oleh banyak pembicara diatas mimbar, selalu mengesankan bahwa untuk masuk Kerajaan sorga itu gampang, asal percaya kepada Tuhan Yesus dengan hati dan mengaku dengan mulut maka pasti masuk sorga. Saya harus jujur berkata bahwa pengajaran seperti itu adalah penyesatan terselubung yang tidak pernah disadari oleh pembicara tersebut.

Keselamatan memang benar bukan karena perbuatan baik, sebab itu merupakan anugerah yang Allah berikan lewat pengorbanan dan penderitaan Tuhan Yesus Kristus diatas kayu salib. Tetapi seperti yang firman Tuhan katakan, keselamatan itu harus dikerjakan dengan takut dan gentar. Ini artinya perlu perjuangan dalam mengerjakan keselamatan itu. Sebab setiap kita masih hidup dalam kodrat dosa yang menempel pada tubuh kita.

Kodrat dosa inilah yang harus kita bereskan, harus kita lawan, harus kita tanggalkan, sebab itulah yang seringkali menyeret kita untuk melakukan hal-hal yang bertentangan dengan apa yang Allah kehendaki, tetapi itu memuaskan hawa nafsu daging kita. Untuk melepaskan kodrat dosa itu perlu perjuangan berat.

Berjuang Untuk Masuk Kerajaan Sorga

Renungan Motivasi : Berjuang Untuk Masuk Kerajaan Sorga | Renunganhariini.com

Anugerah itu diberikan karena Allah tidak menghendaki ada seorangpun manusia yang binasa di kekekalan dalam api neraka, namun demikian bukan berarti lalu jalan masuk ke Kerajaan sorga itu menjadi mudah tidak perlu diperjuangkan.

Kata berjuang yang dikatakan oleh Tuhan Yesus dalam ayat firman Tuhan diatas dapat diartikan juga sebagai bergumul, atau bekerja keras. Dan kata berjuang ini juga identik dengan kata perlombaan yang di katakan dalam;

Ibrani 12:1 – 2

12:1 Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita.

12:2 Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan, yang dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah.

Ini artinya, jika di ibaratkan kita ada dalam suatu perlombaan maka untuk menjadi seorang juara yang menjuarai perlombaan tersebut, kita harus berlatih dengan sungguh-sungguh, mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin untuk mengikuti perlombaan tersebut, supaya pada akhirnya kita bisa keluar sebagai juara dan menerima hadiah yang disediakan bagi sang juara.

Selain kata “berjuang”, ada juga kata “berusaha” artinya dengan tekun mencari untuk memperoleh sesuatu yang kita inginkan. Dalam ayat firman Tuhan diatas dikatakan; Banyak orang akan berusaha untuk masuk, tetapi tidak akan dapat.

Ini artinya tidak semua orang bisa masuk ke dalam Kerajaan sorga, sebab banyak orang berusaha tetapi tidak akan dapat. Kenapa ada yang tidak dapat, atau ada yang tidak masuk?. Karena orang-orang yang tidak dapat atau tidak bisa masuk ini, mereka tidak sungguh-sungguh berusaha, mereka tidak sungguh-sungguh berjuang, mereka tidak sungguh-sungguh mengerjakan keselamatan itu dengan takut dan gentar.

Masuk Kerajaan sorga itu, tidak bisa hanya sekedar menjadi kerinduan hati tanpa perjuangan. Kalau orang percaya hanya berkata ia menrindukan sorga, tetapi cara hidupnya menunjukan ia begitu menikmati hidup dalam percintaan dengan dunia, maka kerinduannya adalah kerinduan yang palsu yang hanya terucap di bibir semata.

Orang yang sungguh-sungguh merindukan Kerajaan sorga maka ia akan berjuang untuk melepaskan diri dari segala keterikatan dengan dunia ini. Apapun kesenangan yang dunia tawarkan baginya adalah sampah yang tidak berarti. Lalu hidupnya hanya diarahkan untuk belajar mengerti dan memahami apa yang menjadi kehendak Allah yang harus ia lakukan dengan tekun selama masih hidup di dunia ini, sampai pada akhirnya ia menutup mata dan kembali kepada Allah Bapa di sorga, maka di sanalah ia akan diterima sebagai keluarga Allah di dalam Kerajaan sorga.

Saudaraku, oleh sebab itu untuk hal yang satu ini, kita tidak boleh merasa cukup karena sudah menjadi orang percaya atau orang kristen yang rajin ke gereja setiap hari minggu, atau sudah terlibat dalam pelayanan gereja, atau bahkan sudah menjadi seorang pendeta. Rajin ke gereja, menjadi pelayan, atau menjadi pendeta sekalipun, bukanlah jaminan bisa masuk ke dalam Kerajaan sorga.

Saya katakan demikian karena ada orang yang rajin ke gereja tetapi motivasinya supaya keadaan ekonomi, bisnis, usaha, pekerjaan, dan rumah tangganya dipulihkan atau diberkati oleh Tuhan. Ada yang terlibat dalam pelayaan gereja juga memiliki motivasi-motivasi tertentu, atau bahkan menjadi pendeta karena hal itu dijadikan sebagai pekerjaan untuk kebutuhan hidup. Itulah kenapa sering saya katakan, kita harus sadar bahwa melayani itu bukan mencari hidup tetapi memberi hidup.

Jadi kalau semua itu kita lakukan hanya sekedar karena merasa orang percaya harus ke gereja, menjadi pelayan atau menjadi pendeta dengan motivasi yang berbeda-beda, maka kita belum sampai kepada taraf berjuang untuk masuk ke Kerajaan sorga.

Orang yang mau berjuang untuk masuk kerajaan sorga maka semua kesenangan dunia menjadi tidak menarik lagi dimatanya. Dengan kata lain, untuk berjuang masuk ke dalam Kerajaan sorga maka kita harus mati bagi dunia dan kita hidup bagi Kristus.

Hanya orang-orang yang mau melepaskan dan mematikan setiap keinginannya terhadap kesenangan dunia, dan hidup hanya untuk melakukan apa yang Allah Bapa kehendaki, maka merekalah yang akan dipandang layak untuk masuk ke dalam Kerajaan Allah Bapa di sorga.

Ingat saudaraku, apa yang ditabur orang hari ini maka itu juga yang akan dituainya di kekekalan nanti. Jadi kalau saat ini yang engkau tabur adalah hidup dalam percintaan dengan dunia, maka yang akan engkau tuai nanti adalah kebinasaan kekal bersama dengan iblis di dalam api neraka. Dan bila saat itu tiba, maka tidak ada kesempatan lagi untuk berubah, orang-orang yang seperti ini seperti yang firman Tuhan katakan, mereka akan dicampakkan ke luar. Firman Tuhan katakan di dalam;

Lukas 13: 25 – 29

13:25 Jika tuan rumah telah bangkit dan telah menutup pintu, kamu akan berdiri di luar dan mengetok-ngetok pintu sambil berkata: Tuan, bukakanlah kami pintu! dan Ia akan menjawab dan berkata kepadamu: Aku tidak tahu dari mana kamu datang.

13:26 Maka kamu akan berkata: Kami telah makan dan minum di hadapan-Mu dan Engkau telah mengajar di jalan-jalan kota kami.

13:27 Tetapi Ia akan berkata kepadamu: Aku tidak tahu dari mana kamu datang, enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu sekalian yang melakukan kejahatan!

13:28 Di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi, apabila kamu akan melihat Abraham dan Ishak dan Yakub dan semua nabi di dalam Kerajaan Allah, tetapi kamu sendiri dicampakkan ke luar.

Orang-orang yang saat ini  mau melepaskan diri dari percintaan dengan dunia, dan hanya mau berjuang untuk bisa masuk ke dalam Kerajaan sorga, maka seperti yang firman Tuhan katakan dalam;

Lukas 13: 29

13:29 Dan orang akan datang dari Timur dan Barat dan dari Utara dan Selatan dan mereka akan duduk makan di dalam Kerajaan Allah.

Kiranya kebenaran ini semakin membuat kita sadar, bahwa untuk masuk Kerajaan sorga itu tidaklah mudah, sebab perlu perjuangan. Oleh sebab itu kita harus sungguh-sungguh berjuang sebelum terlambat dan tidak ada waktu lagi untuk berubah. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

Baca juga: Kita Harus Menjadi Surat Yang Terbuka

Renungan oleh Pdt.Franky Tutuhatunewa | Copyright © 2017 – Original Content | Renunganhariini.com

tags: , ,

Related For BERJUANG UNTUK MASUK KERAJAAN SORGA