RENUNGAN HARIAN KRISTEN

MOTIVASI 1699 Kali Dibaca

Renungan harian kristen adalah sebuah kalimat pendek, karena hanya terdiri dari tiga kata. Dan kalimat ini sebagai orang percaya sangat sering kita dengar. Kalau kita mendengar kalimat renungan harian maka sebagai orang percaya yang akan muncul didalam pikiran kita adalah sebuah buku kecil yang bisa juga disebut sebagai buku saku lalu didalamnya berisikan renungan-renungan pendek dari kebenaran firman Tuhan, yang akan digunakan untuk saat teduh setiap hari, namun sekarang dengan semakin banyak media online maka renungan harian bisa dibaca secara online seperti sekarang ini.

Kata renungan sendiri berasal dari kata dasar renung, kemudian diberikan tambahan awalan sehingga menjadi sebuah kata “merenung” yang artinya, memandang, atau menatap, atau kalau diubah menjadi kata menrenungi, maka akan memberi arti memandangi lama-lama.

Yang menjadi pertanyaannya sekarang sebagai orang percaya apakah kita perlu renungan harian?. Jawabannya adalah kita sangat memerlukan renungan harian, oleh sebab itu sebagai orang percaya kita harus menyediakan waktu khusus setiap hari untuk renungan harian, artinya dari dua puluh empat jam waktu kita dalam sehari, ada yang harus kita renungkan dan yang direnungkan itu tak lain ialah firman Tuhan.

Kenapa perlu renungan harian setiap hari?, karena sebagai orang percaya kita harus sadar bahwa firman Tuhan adalah kekuatan bagi kita yang dapat memberi penghiburan, jawaban, atau jalan keluar terhadap setiap persoalan yang kita sedang hadapi.

Firman Tuhan katakan didalam Roma 1:16 Sebab aku mempunyai keyakinan yang kokoh dalam Injil, karena Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya, pertama-tama orang Yahudi, tetapi juga orang Yunani. 1:17 Sebab di dalamnya nyata kebenaran Allah, yang bertolak dari iman dan memimpin kepada iman, seperti ada tertulis: “Orang benar akan hidup oleh iman.”

Renungan Harian Kristen
Karena injil itu adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan, itulah sebabnya sebagai orang percaya kita harus merenung akan firman Tuhan ini setiap hari, supaya oleh kekuatan injil tersebut kita diubah dan dibaharui dari sehari ke sehari sehingga pada akhirnya kita akan didapatkan sebagai orang benar dihadapan Tuhan, sebab injil akan memimpin kita kepada iman, dan iman itu akan terus bertumbuh dan akan menjadi kuat karena berita injil yang kita renungkan setiap hari.

Itulah kenapa sebagai orang percaya kita harus menyediakan waktu yang khusus untuk renungan harian setiap hari, belajar kebenaran firman Tuhan setiap hari, dan dengan semakin mengerti akan kebenaran firman Tuhan, maka kita akan semakin mengenal hati Bapa di Sorga, sehingga kita tahu apa yang kita perbuat dalam hidup kita semuanya merupakan segala yang baik, yang kudus, dan yang berkenan kepada Allah, dan itulah ibadah kita yang sejati.

Dengan memberikan waktu khusus untuk renungan harian setiap hari artinya kita mau belajar mempersembahkan tubuh ini kepada Allah sebagai persembahan yang hidup, dan itulah yang firman Tuhan katakan didalam Roma 12:1 Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati. 12:2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Tujuan akhirnya hanya satu yaitu kita pada akhirnya bisa dikenal oleh Bapa di Sorga sebagai anak-anakNya yang didapatkan berkenan serta hidup melakukan kehendakNya.

Kiranya motivasi ini semakin membuat kita mengerti beta perlunya memiliki waktu untuk renungan harian setiap hari. Jangan lupa untuk simak juga renungan tentang Model Anak-Anak Allah.

Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

tags: , , ,

Related For RENUNGAN HARIAN KRISTEN