ALLAH ADA DI DALAM KITA

RENUNGAN HARIAN 2239 Kali Dibaca

Renungan Harian – Selasa, 10 Frebruari 2015. Allah Ada Di Dalam Kita.

Syalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus. Bagaimana kita bisa mengetahui bahwa sesungguhnya Allah ada di dalam kita?. Karena selama ini sebagai orang percaya kita sering mendengar kebenaran firman Tuhan yang disampaikan, dan begitu banyak hamba-hamba Tuhan yang berkata “Allah ada didalam kita” atau “Dia hidup di dalam kita.”

Karena iman kita juga percaya bahwa Allah ada di dalam kita, tetapi itu harus kita temukan sendiri dan rasakan sendiri secara pribadi bahwa benar-benar Allah ada di dalam kita atau Allah hidup di dalam kita, dan bukan hanya sekedar mendengar hamba Tuhan berkata saja, atau sekedar percaya saja, tanpa kita mengalmi Allah secara nyata, secara riil, ada di dalam kita.

Supaya kita bisa merasakan bahwa Allah ada di dalam kita, ada syarat yang harus kita lakukan yang harus kita penuhi, karena tanpa melakukannya, mustahil Allah mau ada didalam kita.

Kenapa saya katakan mustahil, karena kita harus ingat bahwa Allah itu kudus, jadi Allah tidak mungkin menyatu dengan segala sesuatu yang tidak kudus.

Lalu yang menjadi pertanyaan disini, bila demikian yang tidak kudus itu maksudnya apa?.

Yang tidak kudus itu adalah, hati kita, pikiran kita, perkataan kita, perbuatan kita, bahkan seluruh gerak hidup kita.

Itulah kenapa firman Tuhan katakan di dalam, I Pertus 1:16 sebab ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus.

Kalau firman Tuhan berkata seperti itu, ini artinya untuk berurusan dengan Allah dalam sepanjang kehidupan kita, hidup kita harus didapatkan ada dalam kekudusan Allah, karena kalau tidak kudus kita tidak mungkin menyatu dengan Allah.

Jadi bagaimana mungkin kita bisa berkata Allah ada di dalam kita padahal hidup kita tidak ada dalam keadaan kudus seperti yang Allah mau. Itulah sebabnya bila setiap hari kita rindu terus berjalan bersama dengan Allah, kita mau supaya Allah tetap ada di dalam kita, maka tidak ada pilihan lain bagi kita, selain kita harus menjaga hidup ini supaya tetap ada dalam kekududsan Allah.

Bagaimana kita bisa menjaga hidup ini supaya tetap ada dalam kekudusan Allah?. Tidak ada cara lain selain kita harus hidup menuruti dan melakukan perintah Allah.

Ini menjadi kunci bagi kita orang percaya yang rindu supaya terus berjalan dengan Allah, supaya Allah terus ada di dalam kita.

Allah Ada Di Dalam Kita

Ilustrasi : Renungan Harian – Allah Ada Di Dalam Kita | renunganhariini.com

Firman Tuhan katakan di dalam, I Yohanes 3:24 Barangsiapa menuruti segala perintah-Nya, ia diam di dalam Allah dan Allah di dalam dia. Dan demikianlah kita ketahui, bahwa Allah ada di dalam kita, yaitu Roh yang telah Ia karuniakan kepada kita.

Jadi inilah jawabannya kita bisa mengetahui kalau kita ada di dalam Allah dan Allah ada di dalam kita, yaitu Roh-Nya yang Kudus, yang terus berdiam di dalam kita dari hari lepas hari.

Disini tentu perlu tindakan atau action dari kita untuk melatih diri kita setiap hari supaya tetap hidup menuruti perintah Allah.

Kenapa saya katakan bahwa kita harus melatih diri setiap hari untuk hidup menuruti perintah Allah?. Karena selama ini, hidup kita sudah terlanjur terkontaminasi dengan cara hidup dunia, dan itu tidaklah mudah untuk dirubah dalam waktu yang singkat.

Kita juga sudah terlanjur memiliki pola pikir yang salah, dimana hari-hari hidup yang kita jalani ini kita tidak pernah mau berperkara dengan serius untuk semua hal yang kita lakukan, baik itu di dalam perkataan, pikiran, perbuatan, serta tindakan kita, apakah itu sudah sesuai dengan perintah Tuhan atau tidak, sebab kita sudah terlanjur memiliki pola berpikir bahwa yang penting kita tidak melanggar aturan atau norma-norma umum itu sudah cukup.

Ternyata hidup kekristenan tidak seperti itu, kalau kita mau terus berjalan bersama Allah, mau supaya Allah tetap ada di dalam kita, maka bukan hanya tidak melakukan pelanggaran norma-norma umum, tetapi yang terutama adalah harus mengarahkan hidup kita supaya hidup melakukan perintah Allah.

Melakukan perintah Allah itu tidak mudah, karena kita harus terus belajar untuk mengerti akan kehendak Allah, dan untuk bisa mengerti akan kehendak Allah maka setiap hari kita harus memiliki persekutuan dengan Allah, karena bila kita membangun persekutuan dengan Allah terus menerus maka, kita akan memiliki kepekaan untuk mengerti apa yang menjasdi isi hati Allah atau kehendak Allah.

Haruskah demikian? Ya. Karena waktu hidup kita di dunia ini sudah semakin singkat, sehingga kita tidak banyak lagi memiliki waktu untuk memperbaiki diri yang selama ini sudah terlanjur tercemari dengan gaya hidup dunia.

Firma Tuhan katakan di dalam, I Petrus 4:2 supaya waktu yang sisa jangan kamu pergunakan menurut keinginan manusia, tetapi menurut kehendak Allah. 4:3 Sebab telah cukup banyak waktu kamu pergunakan untuk melakukan kehendak orang-orang yang tidak mengenal Allah. Kamu telah hidup dalam rupa-rupa hawa nafsu, keinginan, kemabukan, pesta pora, perjamuan minum dan penyembahan berhala yang terlarang.

Itulah kenapa kita harus serius untuk hal yang satu ini yaitu memperkarakan hidup kita dengan Tuhan, sehingga kita bisa melihat apakah benar cara hidup kita sudah sesuai dengan perintah Tuhan atau belum, karena kalau ternyata belum, itu artinya Allah tidak pernah tinggal di dalam kita.

Jika demikian yang menjadi pertanyaannya yaitu, selama ini siapa yang hidup didalam kita, yang memimpin hidup kita, yang membuat kita bisa melakukan segala hal yang tidak sesuai dengan kehendak Allah.

Jawabannya hanya satu, kita telah membiarkan kuasa kegelapan yaitu iblis yang menuntun hidup kita sehingga kita tidak menyadari bahwa sesungguhnya Allah tidak ada di dalam kita. Sebab Allah akan ada di dalam kita kalau kita hidup menuruti firmanNya.

Sadarlah saudaraku, berbaliklah kepada Allah sekarang juga, detik ini juga, dan jangan membiarkan iblis menguasai hidupmu lagi, dan mohon pengampunan kepada Allah didalam nama Tuhan Yesus Kristus, mintalah supaya Allah menguduskan hidupmu dan memampukanmu supaya bisa terus menjaga diri, mengontrol hati, pikiran, perasaan, perkataan, dan seluruh perbuatanmu, supaya semuanya itu sesuai dengan perintah Tuhan.

Jika itu yang kita lakukan, dimana kita mau menguduskan diri kita sama seperti Allah yang adalah kudus, maka dimanapun kita berada, dalam keadaan apapun, kita tetap tahu dan menyadari bahwa benar Allah ada di dalam kita.

Jangan lupa untuk baca juga : Inilah Janji Allah

Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

tags: , ,

Related For ALLAH ADA DI DALAM KITA