APA ITU ARTI HIDUP BAGI TUHAN?

RENUNGAN HARIAN 3042 Kali Dibaca

Renunganhariini.com: Renungan Harian – Apa itu Arti Hidup Bagi Tuhan. Shalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, renungan kita saat ini adalah; Apa itu Arti Hidup Bagi Tuhan.

Saudaraku, selama ini pernahkah kita berpikir, untuk apa Tuhan menciptakan manusia. Dan kalau itu yang menjadi pertanyaan bagi kita, maka jawabannya sederhana. Tuhan menciptakan manusia supaya manusia hidup bagi Tuhan.

Kalau dikatakan hidup bagi Tuhan, itu artinya segenap hidup kita, mulai dari apa yang kita pikirkan, kita ucapkan, semua hal yang kita perbuat dan yang kita kerjakan, semuanya itu harus untuk menyukakan dan menyenangkan hati Tuhan, harus untuk kepentingan Tuhan.

Disinilah sebenarnya terletak arti, kita hidup bagi Tuhan dan hidup untuk melayani Tuhan. Jadi bila hal ini dikaitkan dengan pelayanan gereja, maka pelayanan bagi Tuhan itu bukan semata-mata dalam bentuk kegiatan-kegiatan gereja saja, tetapi semua pelayanan, mulai dari apa yang dipikirkan dilakukan, itu semua harus sesuai dengan pikiran dan perasaan Tuhan.

Kalau kita melihat pada kegiatan pelayanan gereja, maka inti dari pelayanan itu bukan terletak kepada sebuah susunan liturgi gereja, dan berbagai kegiatan gereja lainnya seperti pelayanan misi, diakonia, dan lain sebagainya. Sebab dalam hal ini, pelayanan kita yang sesungguhnya bagi Tuhan adalah menyenangkan hati Tuhan dan memuaskan perasaan Tuhan lewat semua kegiatan-kegiatan yang kita lakukan.

Seseorang bisa menyenangkan hati Tuhan dan memuaskan perasaan Tuhan, jika ia memiliki kebaikan. Persoalannya kebaikan macam apa dan yang bagaimana?. Supaya bisa mengerti ukuran kebaikan yang dimaksud, maka kita harus tahu maksud dan tujuan kita diciptakan oleh Tuhan.

Kenapa demikian?. Karena semua kebaikan yang kita lakukan akan menjadi tidak berarti, jika kita tidak memahami dengan benar maksud dan tujuan kita diciptakan oleh Tuhan. Kita harus mulai menyadari bahwa kita diciptakan Tuhan hanya untuk kesenangan dan kepuasan hati Allah.

Jika kita mengerti akan hal ini, maka disini kita juga akan mengerti bahwa sesungguhnya kita tidak berhak hidup untuk diri kita sendiri. Artinya seluruh kehidupan kita, harus untuk hormat dan kemuliaan Tuhan saja.

Renungan Harian Kristen: Apa Itu Arti Hidup Bagi Tuhan

Renungan Harian Kristen: Apa Itu Arti Hidup Bagi Tuhan | Renunganhariini.com

Itulah kenapa setiap orang percaya dalam menjalankan hidup ini, semua yang dilakukannya, harus sesuai dengan kehendak Tuhan, atau dengan kata lain, kita harus hidup hanya untuk melakukan kehendak Tuhan. Itulah yang sudah Tuhan Yesus tunjukan dalam ketaatan-Nya melakukan kehendak Allah Bapa di sorga.

Yohanes  4:34 Kata Yesus kepada mereka: “Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaan-Nya.

Persoalannya sekarang adalah, ada begitu banyak orang percaya yang saat ini hanya hidup bagi kepentingan dirinya sendiri. Jika kita hidup untuk kepentingan diri sendiri, maka kita bukanlah orang percaya, sebab orang percaya hanya hidup untuk kepentingan Allah dan melakukan kehendak Allah Bapa di sorga.

Supaya kita bisa benar-benar hidup melakukan kehendak Allah, maka kita harus melihat bahwa melakukan kehendak Allah bukan saja sebuah kewajiban, tetapi hidup melakukan kehendak Allah itu adalah sebuah kebutuhan yang tidak bisa diabaikan.

Setiap orang percaya atau anak-anak Tuhan yang tidak bisa menerima kenyataan ini, maka sesungguhnya ia telah menjadi pemberontak yang memberontak terhadap Allah, dan orang-orang seperti ini lebih baik tidak pernah menjadi manusia, karena pada akhirnya masa depan kehidupannya di kekekalan nanti akan berakhir dengan tragis dalam kebinasaan dan penderitaan yang tak pernah berakhir.

Itulah kenapa kita harus mulai menyadari dan mengerti tujuan Allah menciptakan kita. Bukan saja menyadari dan mengerti, tetapi kita juga harus menerimanya dengan sukacita. Sebab seperti yang saya katakan diatas tadi bahwa orang yang mau menyenangkan hati dan perasaan Tuhan itu harus memiliki kebaikan. Dan orang yang dikategorikan sebagai orang yang baik itu adalah, ketika ia mengerti maksud dan tujuan Allah menciptakannya.

Mengerti akan hal ini, maka kita akan bisa hidup melakukan kehendak Allah, apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna. Jadi bukan sekedar hidup sebagai orang percaya yang hanya melakukan hukum maupun peraturan-peraturan agama yang ditulis. Sebab kita hidup sebagai ciptaan Allah, harus semata-mata menyenangkan dan memuaskan hati dan perasaan-Nya.

Cara hidup seperti inilah yang dinamakan hidup dalam pemerintahan Allah, meskipun saat ini kita masih hidup di dunia, tetapi cara hidup kita adalah cara hidup warga Kerajaan sorga. Itulah kenapa firman Tuhan dalam doa Bapa kami dikatakan;

Matius 6:9 Karena itu berdoalah demikian: Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu, 6:10 datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga.

Jadi walaupun kita hidup di bumi tetapi cara hidup kita sudah harus menunjukan cara hidup dalam pemerintahan Tuhan Yesus dalam Kerajaan-Nya di sorga. Itulah kenapa setiap orang percaya harus terus mengalami pembaharuan pikiran, sehingga ia bisa mengerti akan kehendak Allah.

Roma 12:2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Oleh sebab itu setiap kita harus benar-benar memiliki rasa takut akan Allah, sebab dengan hidup takut akan Allah yang benar, maka kita akan terus berusaha untuk mengerti apa yang menjadi kehendak Allah, dan melakukannya. Tujuannya hanya satu yaitu menyukakan dan menyenangkan hati dan perasaan Allah.

Cara hidup seperti inilah yang membuat kita akan memiliki cara hidup yang berbeda dengan dunia ini. Itulah yang firman Tuhan maksudkan diatas, janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia.

Setiap orang percaya yang sungguh-sungguh mau hidup hanya untuk menyukakan dan menyenangkan hati dan perasaan Allah Bapa di sorga, maka Roh Kudus akan memberi kekuatan, menolong, dan memampukan kita semua untuk mengerti akan kehendak Allah Bapa di sorga, dalam sepanjang perjalanan hidup kita dari hari lepas hari. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

Baca Juga Renungan : Cara Merubah Keinginan Diri Yang Sia-sia

Artikel by Pdt.Franky Tutuhatunewa | Copyright © 2016 Original Content | Renunganhariini.com

tags: , ,

Related For APA ITU ARTI HIDUP BAGI TUHAN?