APAKAH ANUGERAH MENGHILANGKAN SYARAT ?

RENUNGAN HARIAN 1291 Kali Dibaca

Renungan hari ini 28 November 2013 adalah, Apakah Anugerah Menghilangkan Syarat ?. Setiap orang percaya pasti tidak ingin kalau nantinya bila waktu Tuhan tiba ia tidak diterima dalam kerajaan Bapa di Sorga. Apalagi orang percaya selalu memegang teguh prinsip bahwa keselamatan yang diterima didalam Tuhan Yesus itu merupakan Anugerah.

Pertanyaannya bila anugerah cukup untuk mengantarkan seseorang masuk Kerajaan Sorga, apakah berarti syarat yang ditetapkan oleh  Firman Tuhan tidak berlaku . . ?.

Perhatikan apa yang dikatakan Firman Tuhan Dalam, Matius 7:21-23

7:21 Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.

7:22 Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?

7:23 Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!”

Dari kebenaran ini dapat memberi pengertian kepada kita bahwa anugerah keselamatan adalah janji yang diberikan Tuhan untuk semua manusia yang mau percaya dan datang kepadaNya, tetapi untuk menjadikan anugerah itu menjadi nyata setiap orang percaya harus hidup sesuai dengan perintah Tuhan yaitu melakukan kehendak Bapa di Sorga.

Bila orang percaya tidak berusaha untuk belajar mengerti kebenaran Firman Tuhan secara murni maka mereka akan tertipu oleh tipu daya iblis. Apalagi iblis tidak pernah menghalangi seseorang untuk beribadah kepada Tuhan dengan cara datang kegereja, menjadi pelayan di Gereja, atau bahkan menjadi pendeta. Tetapi iblis akan berusaha untuk mengubah pikiran setiap orang percaya dengan menyuntikan ke pikiran orang percaya pernyataan bahwa sekali selamat tetap selamat. Hal ini dilakukan supaya orang percaya tidak perlu hidup sesuai dengan kehendak Tuhan.

Kenapa iblis berusaha dengan cara demikian . . ?, karena hal yang iblis takutkan adalah bila orang percaya berusaha untuk hidup sesuai kehendak Tuhan seperti yang sudah Tuhan Yesus lakukan dan inilah keslamatan itu yaitu setiap orang percaya hidup sesuai perintah Tuhan dan melakukan kehendak Allah. Jadi dalam hal ini keslamatan itu bukan tanpa syarat, karena syaratnya sesuai yang Firman Tuhan katakan orang yang akan masuk kedalam Kerajaan Sorga adalah orang yang melakukan kehendak Allah.

Kesalahan orang Kristen selama ini adalah mereka beranggapan bahwa keslamatan itu semuanya dikerjakan oleh Tuhan lewat apa yang dinamakan anugerah, dan orang kristen tidak perlu melakukan apa-apa, atau dapat dikatakan hanya seperti boneka saja. Kita harus bisa menempatkan anugerah yang sudah Tuhan berikan itu secara benar, artinya penebusan sudah dilakukan tetapi keselamatan harus tetap dikerjakan oleh setiap orang percaya. Itulah sebabnya Firman Tuhan katakan kejakanlah keselamatanmu dengan takut dan gentar (Filipi 2:12).

Ingat kesalahan dalam memahami anugerah akan membuat setiap orang percaya akan gagal menerima keselamatan. Jadi anugerah yang diberikan itu menuntuk orang percaya supaya memiliki hidup sama seperti Tuhan Yesus, jadi setiap orang percaya harus berjuang untuk melakukan kehendak Allah, karena Tuhan Yesus sudah menunjukan selama hidupNya didunia Ia hidup hanya untuk melakukan kehendak Allah BapaNya di Sorga.

Setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus berarti harus hidup sama seperti Tuhan Yesus, tujuannya supaya setiap orang yang hidup sama seperti Tuhan Yesus akan menjadi anak-anak Allah dan Tuhan Yesus menjadi yang sulung diantara semua orang percaya yang hidup sama seperti Tuhan Yesus. Menjadi anak Allah berarti harus melakukan kehendak Allah.

Ingat bahwa Firman kebenaran itu berasal dari Allah, dan setiap orang percaya harus hidup sesuai dengan Firman, artinya Firmana bukan saja didengar lalu berlalu begitu saja tetapi setiap orang yang mendengar dan membaca Firman itu maka ia harus menjadi pelaku Firman itu. Orabf yang tidak melakukan Firman berarti tidak bisa menjadi saudara Tuhan Yusus, karena Tuhan Yesus katakan dalam, Lukas 8:21 Tetapi Ia menjawab mereka: “Ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku ialah mereka, yang mendengarkan firman Allah dan melakukannya.”

Melakukan Firman artinya melakukan kehendak Allah, dan ini adalah syarat yang harus dipenuhi oleh setiap orang percaya, sebagai respon atas anugerah yang sudah diberikan kepada semua orang yang percaya kepadaNya.

Ingat pesan ini:

  1. Orang percaya sudah menerima anugerah, tetapi anugerah itu harus dikerjakan yaitu melakukan kehendak Allah.
  2. Tidak melakukan kehendak Allah berarti menyia-nyiakan keslamatan yang sudah Tuhan janjikan.
  3. Jangan hanya menjadi pendengar, tapi jadilah pelaku Firman, yaitu melakukan kehendak Bapa di Sorga. Amin.

Jika engkau diberkati dengan renungan ini, maka berikanlah link renungan ini kepada semua orang yang engkau kasihi. renunganhariini.com.

Tuhan Yesus memberkati kita semua.

tags: , , ,

Related For APAKAH ANUGERAH MENGHILANGKAN SYARAT ?