ARAH HIDUP ORANG PERCAYA YANG BENAR

RENUNGAN HARIAN 2472 Kali Dibaca

Renunganhariini.com : Renungan HarianArah Hidup Orang Percaya Yang Benar. Syalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus. Renungan hari ini adalah “Arah Hidup Orang Percaya Yang Benar”.

Saudaraku, sebagai orang percaya kita harus tetap menyadari bahwa kita tidak akan bisa hidup tanpa pertolongan Tuhan. Itulah kenapa dalam kehidupan kita sebagai orang percaya, kita bukan saja harus menjadikan Tuhan sebagai satu-satunya kekuatan bagi hidup kita, akan tetapi orang percaya yang benar, juga akan menjadikan Tuhan satu-satunya perlindungan bagi kehidupannya, supaya kita tetap ada di arah hidup sesuai dengan apa yang Tuhan kehendaki.

Kenapa demikian?, karena ada begitu banyak orang yang saat ini menjalankan hidup hanya untuk mendapatkan apa yang diinginkannya, dan bila itu semua tercapai maka itu akan menjadi satu-satunya kesenangan hidup bagi mereka dan mereka akan berlindung dibalik apa yang mereka miliki, dan ini artinya arah hidupnya mulai melenceng dari jalan hidup orang percaya yang benar.

Hal ini terjadi karena yang menjadi ukuran hidup bagi orang-orang seperti ini adalah, ukuran gaya hidup dunia. Mereka selalau melihat kepada gaya hidup kehidupan orang-orang dunia yang ada disekitarnya, sehingga tidak melihat lagi kepada standar hidup yang Tuhan kehendaki.

Orang-orang yang memiliki cara hidup yang demikian, kalaupun mereka mau berurusan dengan Tuhan, hal itu hanya untuk mempertahankan semua kenyamanan hidup yang telah mereka miliki, sehingga mereka datang kepada Tuhan hanya untuk memohon pertolongan Tuhan supaya pelihara mereka dalam kenyamanan hidup tersebut. Cara hidup seperti inilah yang firman Tuhan gambarkan, hanya hidup untuk makan,minum dan besok mati.

I Korintus 15:32 Kalau hanya berdasarkan pertimbangan-pertimbangan manusia saja aku telah berjuang melawan binatang buas di Efesus, apakah gunanya hal itu bagiku? Jika orang mati tidak dibangkitkan, maka “marilah kita makan dan minum, sebab besok kita mati”.

Bahayanya saat ini tidak sedikit hamba-hamba Tuhan yang juga menyampaikan pengajaran-pengajaran yang seakan-akan mendukung gaya hidup seperti ini. Pada akhirnya pola pikir standar hidup yang salah inilah yang dianut oleh banyak orang percaya, dimana mereka akan berurusan dengan Tuhan hanya untuk kebutuhan hidup yang mereka inginkan, dan bukan untuk kepentingan kemuliaan Tuhan.

Yang dikejar oleh orang-orang seperti ini adalah segala sesuatu yang merupakan keinginan daging serta keangkuhan hidup, padahal semuanya itu bukan berasal dari Allah, seperti yang firman Tuhan katakana di dalam;

I Yohanes 2:16 Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.

Bila hal ini yang terjadi dalam kehidupan kita sebagai orang percaya, itu artinya kita telah terjebak dalam pola hidup mencintai dan mengasihi dunia serta apa yang ada didalamnya, dan inilah yang menjadi perangkap kuasa kegelapan supaya banyak anak-anak Tuhan semakin terjebak dalam cara hidup seperti ini.

Arah Hidup Orang Percaya Yang Benar

Renungan Harian Kristen : Arah Hidup Orang Percaya Yang Benar

Supaya kita bisa terhindar dari cara-cara hidup yang tidak dikehendaki oleh Allah tersebut maka kita harus mengerti kebenaran dengan murni tentang;

Apa itu keinginan daging

Banyak orang percaya selama ini tidak mau tahu dengan apa itu keinginan daging, karena yang mereka kejar adalah kepuasan diri untuk kesenangan dagingnya, padahal sesungguhnya kepuasan diri dalam daging itulah yang disebut sebagai keinginan daging.

Apa itu keinginan mata

Orang percaya harus mengerti bahwa segala sesuatu yang merupakan hasrat hati untuk memiliki apapun yang dipandang atau dilihat oleh mata sebagai kebutuhan jasmani, seperti yang dimiliki oleh orang-orang dunia pada umumnya, itu sama dengan apa yang firman Tuhan sebutkan sebagai keinginan mata.

Apa itu keangkuhan hidup

Untuk yang satu ini akan selalu berhubungan dengan ambisi setiap orang dalam mencari kehormatan dan puji-pujian dari dunia. Dan inilah yang selalu berhubungan dengan, pangkat, gelar, jabatan, dan kekuasaan, serta memiliki gaya hidup ingin tampil beda dari orang lain dengan berbagai macam penampilan serta perhiasan yang dipandang dapat meningkatkan derajat hidup dimata orang-orang dunia pada umumnya.

Kalau kita terjebak dalam cara hidup seperti ini, maka hal ini semua pada akhirnya akan membuat kita tidak bias memiliki fokus hidup yang benar. Kalau orang percaya tidak lagi memiliki fokus hidup yang benar, maka itu sama dengan telah tersesat. Itulah kenapa saya katakana tadi bahwa cara hidup seperti ini merupakan perangkap kuasa kegelapan untuk menjerat anak-anak Tuhan.

Karena kehilangan arah hidup yang benar sesuai dengan apa yang Tuhan kehendaki maka sangat saat ini kita bisa melihat ada begitu banyak orang percaya yang begitu mudah jatuh kedalam berbagai pencobaan, dan yang sangat membahayakan adalah tidak sedikit orang-orang seperti ini akan tetap merasa nyaman hidup dalam dosa, dan tidak pernah berpikir lagi untuk memperbaiki hubungannya dengan Tuhan.

Cara hidup seperti inilah yang membuat banyak orang saat ini tidak tahu lagi tujuan hidupnya didunia ini untuk apa. Padahal setiap kita sebagai orang percaya harus menyadari bahwa saat ini kita sedang mempersiapkan hidup untuk masuk dalam kehidupan yang sesungguhnya yaitu kehidupan kekal.

Itulah kenapa kita tidak boleh kehilangan fokus hidup yang benar, sebab sebagai orang percaya yang telah menerima janji keselamatan didalam Tuhan Yesus Kristus, kita harus berjuang untuk mempertahankan keselamatan itu dengan mengarahkan seluruh hidup kita supaya hidup sesuai kehendak Tuhan.

Jadi kalau kita masih hidup di dunia saat ini, kita harus mengarahkan seluruh hidup kita hanya untuk kepentingan Tuhan dan tidak ada yang lain. Kita harus menyerahkan seluruh hidup kita hanya untuk melayani Tuhan, dengan cara yang Tuhan kehendaki kepada setiap kita pribadi lepas pribadi. Jadi kita harus berada di jalur yang Tuhan kehendaki. Paulus menggambarkan itu di dalam;

I Korintus 9:26 Sebab itu aku tidak berlari tanpa tujuan dan aku bukan petinju yang sembarangan saja memukul. 9:27 Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak.

Jadi mulai saat ini kita harus koreksi diri dan melihat arah hidup kita apakah sudah sesuai dengan apa yang Tuhan kehendaki atau belum, dan jika ternyata belum maka kita harus kembali merubah arah hidup kita supaya kembali ke arah yang benar.

Kalau Paulus saja yang adalah seorang Rasul masih memiliki kegentaran, jangan sampai selesai memberitakan injil ia sendiri ditolak oleh Tuhan, atau dengan kata lain jangan sampai ia tidak diterima di dalam Kerajaan Bapa di sorga, bagaimana dengan kita yang selama ini hanya hidup untuk kepentingan diri sendiri?. Inilah yang harus menjadi persoalan penting yang perlu kita bereskan dihadapan Tuhan, jika kita tidak ingin binasa didalam kekekalan. Kiranya kebenaran ini memberkati kita semua. Amin.

Jangan Lupa Baca Juga Renungan :

Bersukacitalah Karena Tuhan Kekuatan Kita

Artikel by Pdt.Franky Tutuhatunewa | Copyright © 2015 – Original Content | Renunganhariini.com

tags: , ,

Related For ARAH HIDUP ORANG PERCAYA YANG BENAR