BENARKAH KITA ADALAH CIPTAAN BARU

RENUNGAN HARIAN 4468 Kali Dibaca

Syalom sahabat renunganhariini.com yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus. Firman Tuhan katakan bahwa siapa yang ada didalam Kristus ia adalah ciptaan Baru. Kebenaran ini dikatakan didalam II Korintus 5:17 Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.

Selama ini kita sering mendengar hamba Tuhan yang berkhotbah mengatakan bahwa kita ini ciptaan baru didalam Tuhan, dan kita telah memiliki hidup yang baru, jadi hampir setiap orang percaya juga mengatakan hal yang sama bahwa ia adalah ciptaan baru didalam Kristus Yesus.

Persoalannya sekarang adalah kita harus mengerti dengan benar, sebelum sampai kepada kalimat “ia adalah ciptaan baru” ada sebuah kalimat pengantar atau kalimat pembuka “Jadi siapa yang ada di dalam Kristus” ingat belum sampai kepada kalimat “ia adalah ciptaan baru”.

Kalimat ini bukan cuma kalimat pengatar biasa atau kalimat pembuka atau kalimat yang sekedar melengkapi pernyataan tentang ciptaan baru secara lengkap, tetapi kalimat “Jadi siapa yang ada di dalam Kristus” itu mengandung arti yang sangat dalam, karena akhirnya menuntut sebuah pengakuan dari setiap orang percaya yang benar-benar mengaku bahwa benar ia sekarang ada didalam Kristus.

Saudaraku yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus, kenapa saya mengatakan bahwa kalimat “Jadi siapa yang ada di dalam Kristus” ini mengandung pengertian yang sangat mendalam, sebab barang siapa yang mengaku bahwa ia ada didalam Kristus, itu berarti ia wajib hidup sama seperti Kristus hidup.

Firman Tuhan katakan didalam I Yohanes 2:6 Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup.

Kalimat “Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia” artinya didalam Allah karena percaya kepada Kristus, tersembunyi didalam Kristus, maka selanjutnya ada kalimat perintah, akibat dari pengakuan bahwa kita ada didalam Allah atau didalam Kristus, ada sebuah perintah yang kalimatnya berbunyi “ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup”. Wajib artinya tidak bisa tidak dilaksanakan, jadi harus dilaksanakan.

Sampai disini pasti ada banyak orang percaya yang mulai berdalih bahwa, “mana mungkin kita bisa hidup sama seperti Kristus hidup?, Kristus itu kan Allah?, jadi tidak mungkin ada manusia yang bisa hidup sama seperti Kristus hidup.”

Saudaraku yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus, kita jangan menutup mata terhadap sebuah kebenaran hanya karena ingin membenarkan prinsip dan pendapat diri kita sendiri, karena saat Kristus ada di dunia ini, Ia seratus persen adalah manusia.

Benarkah Kita Adalah Ciptaan Baru
Firman Tuhan katakan dalam Filipi 2:5 Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus, 2:6 yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, 2:7 melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. 2:8 Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.

Jadi kita tidak bisa berdalih dengan alasan apapun, karena saat Ia datang ke dunia, seluruh kekuasan, kehormatan dan kemuliannya sebagai Allah pencipta langit dan bumi ini ditanggalkan atau dilepaskan, atau ditinggalkan di sorga yang mulia.

Firman Tuhan katakan bahwa Ia tidak mempertahankan itu, bahkan mengosongkan diriNya sendiri mengambil rupa seorang hamba dan jadi sama dengan manusia. Ingat “sama dengan manusia” kalimat ini yang perlu digarisbawahi. Kalau sama dengan manusia, berarti Ia dalam keadaan seperti kita saat ini dan tidak ada bedanya.

PertanyaanNya sekarang, kenapa sebagai orang percaya kita lalu merasa seperti terganggu ketika ada kalimat “kita wajib hidup sama seperti Kristus hidup”. Hanya ada satu alasan yaitu kita tidak ingin gaya hidup dunia kita dilepaskan. Saudaraku yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus, orang-orang yang merasa terganggu dengan kalimat bahwa “ia wajib hidup sama seperti Kristus hidup” menandakan bahwa ia tidak siap untuk menjadi ciptaan yang baru.

Bila demikian pantaskah sebagai orang percaya, kita dengan bangga berkata “karena kita sudah percaya kepada Kristus jadi sekarang kita adalah ciptaan baru”. Jujur saya harus berkata bahwa orang yang tidak mau hidup sama seperti Kristus hidup, ia tidak mungkin menjadi ciptaan baru.

Orang yang mau menjadi ciptaan baru harus menanggalkan semua cara hidupnya yang lama, seperti firman Tuhan katakan, “yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datangartinya kalau mau hidup yang baru hanya ada dua pilihan yaitu tanggalkan hidup yang lama, atau tidak usah menjadi ciptaan baru, sebab hidup yang baru itu yaitu hidup yang sama seperti Kritus hidup, yaitu hidup hanya untuk melakukan kehendak BapaNya di sorga.

Hidup yang baru merupakan wujud dari pengakuan kita sebagai orang percaya bahwa kita percaya kepada Kristus, kita ada didalam Kristus dan tersembunyi didalam Allah. Yang perlu diingat juga bahwa Allah itu kudus dan tidak mungkin menyatu dengan segala sesuatu yang tidak kudus, yaitu cara hidup kita yang lama.

Jadi kalau kita benar-benar mau menjadi ciptaan baru didalam Kristus maka tidak ada pilihan lain, selain mulai saat ini kita tinggalkan cara hidup kita yang lama yaitu cara hidup dunia yang hanya membawa kita pada kebinasaan, dan mengenakan cara hidup Kristus, yaitu hidup dalam ketaatan penuh melakukan kehendak Bapa di sorga yang pada akhirnya akan mengantarkan kita menjadi anak-anak Allah yang berkenan dihadapanNya.

Oleh sebab itu saudaraku, mari koreksi diri kita masing-masing dan jangan membuang sisa waktu hidup kita dengan percuma. Sadarlah Sebelum Terlambat.

Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

tags: , ,

Related For BENARKAH KITA ADALAH CIPTAAN BARU