BERJAGA-JAGA DAN BERDOA SUPAYA TIDAK JATUH DALAM PENCOBAAN

RENUNGAN HARIAN 4610 Kali Dibaca

Renunganhariini.com : Renungan HarianBerjaga-jaga Dan Berdoa Supaya Tidak Jatuh Dalam Pencobaan. Syalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus. Renungan hari ini berjudul, selalu berjaga-jaga dan berdoa supaya tidak jatuh dalam pencobaan.

Saudaraku, akibat dari pemahaman yang salah akan kebenaran firman Tuhan maka, ada begitu banyak orang percaya atau anak-anak Tuhan yang melakukan pelanggaran yang merupakan dosa di hadapan Tuhan, namun hal itu selalu dipandang sebagai suatu hal yang biasa, artinya selalu ada alasan yang dikemukakan bila seseorang dalam hal ini orang percaya berbuat dosa atau jatuh dalam dosa.

Biasanya alasan yang dikemukakan akan selalu menggunakan ayat-ayat firman Tuhan, dan mereka akan merasa bahwa berbuat dosa itu merupakan hal yang biasa, karena kita ini manusia biasa dan bukan Tuhan. Jadi apabila jatuh dalam dosa maka orang-orang seperti ini akan memberi alasan bahwa roh memang penurut, tetapi daging lemah, seperti yang ditulis di dalam;

Matius 26:41 Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah.”

Ada satu kebiasaan yang seringkali dilakukan oleh banyak orang percaya, dan hal ini dianggap benar yaitu dalam menggunakan ayat firman Tuhan sebagai sebuah dalih untuk memperkuat sebuah pendapat atau menjadi alasan dari sebuah perbuatan, yaitu dengan cara memotong-motong ayat kebenaran firman Tuhan demi sebuah pembenaran diri.

Berjaga-jaga Dan Berdoa Supaya Tidak Jatuh Dalam Pencobaan

Renungan Harian Kristen : Berjaga-jaga Dan Berdoa Supaya Tidak Jatuh Dalam Pencobaan

Seperti yang saya katakan diatas, biasanya kalau orang-orang seperti ini sudah berbuat dosa maka dalihnya adalah roh memang penurut, tetapi daging lemah. Padahal ayat kebenaran firman Tuhan yang dipakai sebagai dalih tersebut masih memiliki kalimat yang lain sebelumnya, dan mari kita perhatikan kalimat tersebut yang saya garisbawahi ini yaitu, Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan, barulah disambung roh memang penurut, tetapi daging lemah.

Jadi penggunaan ayat ini sebagai sebuah dalih sungguh tidak tepat, karena kebenaran firman Tuhan ini sudah terlebih dahulu mengingatkan kita, sudah menasehatkan kita, supaya kita harus berjaga-jaga dan berdoa agar kita tidak jatuh ke dalam pencobaan, artinya bila kita pada akhirnya jatuh ke dalam pencobaan, itu artinya kita tidak berjaga-jaga dan tidak berdoa.

Orang yang terus berjaga-jaga dan selalu berdoa maka ia tidak akan jatuh kedalam pencobaan, karena orang yang terus berjaga-jaga dan berdoa, sama halnya dengan orang yang selalu bergantung, dan bersandar sepenuhnya kepada Tuhan, dan Tuhan akan selalu melindungi dan memelihara sempurna orang-orang yang bersandar dan berharap kepadaNya.

Orang-orang yang terus berjaga-jaga dan berdoa adalah merupakan ciri dari orang-orang yang hidup takut akan Tuhan, dan orang yang hidup takut akan Tuhan tidak akan pernah mau melakukan segala sesuatu yang melanggar perintah Tuhan, sebab orang-orang seperti ini sadar benar bahwa melanggar perintah Tuhan sama dengan melawan Tuhan, dan melawan Tuhan itu artinya menjadikan dirinya musuh Tuhan, dan orang yang menjadikan dirinya musuh Tuhan, maka dapat dipastikan ia akan menuai kebinasaan di kekekalan.

Saudaraku, itulah kenapa kita harus terus berjaga-jaga dan terus berdoa, agar kita tidak akan mudah jatuh kedalam pencobaan, sebab pencobaan itu selalu datang dari dalam diri kita sendiri yang dipenuhi oleh berbagai keinginan dan itulah yang firman Tuhan katakan dalam;

Yakobus 1:13 Apabila seorang dicobai, janganlah ia berkata: “Pencobaan ini datang dari Allah!” Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapa pun. 1:14 Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya. 1:15 Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut.

Kebenaran ini seharusnya membuka mata hati rohani kita untuk semakin menyadari bahwa ternyata, betapa berbahayanya bila kita membiarkan hati kita dipenuhi oleh berbagai keinginan, sebab kalau keinginan itu sudah dibuahi maka dapat dipastikan keinginan itu akan melahirkan dosa, dan sebagai orang percaya kita tahu benar bahwa upah dosa itu adalah maut, dan maut yang dimaksudkan disini adalah kematian ke dua, yaitu kematian setelah kita berada dibalik kematian dari kehidupan di dunia ini.

Untuk hal yang satu ini saya selalu mengatakan bahwa ini akan menjadi peristiwa yang sangat tragis dan mengerikan. Kalau orang percaya tidak mau menyadari akan hal yang satu ini mulai sekarang maka dapat dipastikan kebinasaan telah menunggunya didepan pintu kehidupan yang sesungguhnya, dan kehidupan yang sesungguhnya itu adalah kehidupan di balik kematian atau kehidupan kekal.

Saudaraku, jangan lagi membiarkan hati kita terikat dengan berbagai keinginan dunia, sebab kalau kita membiarkan hati kita terikat dengan keinginan dunia, maka pada akhirnya kita akan jatuh cinta kepada dunia, padahal kita tahu firman Tuhan sudah mengingatkan kita bahwa dunia ini akan lenyap dengan segala keinginannya. Dan itu semua akan terjadi saat hari Tuhan akan tiba. Persoalannya hari itu tiba, tidak ada seorangpun yang tahu, seperti yang firman Tuhan katakan di dalam;

II Petrus 3:10 Tetapi hari Tuhan akan tiba seperti pencuri. Pada hari itu langit akan lenyap dengan gemuruh yang dahsyat dan unsur-unsur dunia akan hangus dalam nyala api, dan bumi dan segala yang ada di atasnya akan hilang lenyap. 3:11 Jadi, jika segala sesuatu ini akan hancur secara demikian, betapa suci dan salehnya kamu harus hidup

Dari kebenaran ini kita mengerti bahwa tidak ada sesuatu yang dapat kita pertahankan, sebab semuanya itu akan lenyap bila hari Tuhan telah tiba, dan pada ayat berikutnya kita semua diingatkan bahwa, jika segala sesuatu ini akan hancur secara demikian, betapa suci dan salehnya kita harus hidup, dan itu artinya kita harus tetap hidup berjaga-jaga, dan terus berdoa, supaya bila hari itu tiba, kita akan ditemukan Tuhan sebagai anak-anakNya yang hidup berkenan dihadapanNya. Kiranya kebenaran ini memberkati kita semua. Amin.

Jangan Lupa Baca Juga Renungan :

Mata Hati Rohani Yang Dibutakan Oleh Kekayaan Dunia

Artikel by Pdt.Franky T | Copyright © 2015 – Original Content | Renunganhariini.com

tags: , ,

Related For BERJAGA-JAGA DAN BERDOA SUPAYA TIDAK JATUH DALAM PENCOBAAN