BERJAGA-JAGA DAN BERTEKUN DALAM DOA

RENUNGAN HARIAN 3015 Kali Dibaca

Renunganhariini.com : Renungan HarianBerjaga-Jaga Dan Bertekun Dalam Doa. Syalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, renungan kita saat ini berjudul; Berjaga-Jaga Dan Bertekun Dalam Doa.

Saudaraku, keadaan dunia saat ini sudah semakin rusak, bahkan firman Tuhan katakan, hari-hari ini semakin jahat, oleh sebab itu sebagai orang percaya yang memiliki pengharapaan di dalam Tuhan Yesus Kristus, janganlah kita terjebak dalam pola pikir dunia, yang mengharapkan bahwa keadaan dunia ini akan menjadi baik, sebab dunia tidak akan pernah menjadi baik, sebaliknya dunia ini akan semakin rusak.

Sebagai orang percaya, seharusnya kita tidak perlu terkejut dengan keadaan dunia yang saat ini semakin jahat, sebab hal itu sudah dikatakan oleh firman Tuhan, dan apa yang kita lihat saat ini merupakan penggenapan dari firman Tuhan.

Itulah kenapa firman Tuhan ingatkan kita supaya kita mempergunakan waktu yang ada, dimana kita harus hidup sebagai orang yang arif dan bukan sebagai orang yang bebal.

Efesus 5:15 Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, 5:16 dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.

Kalau kita lihat keadaan dunia saat ini, ada begitu banyak hal yang terjadi saat ini, seharusnya membuat kita semakin kuat di dalam Tuhan. Sebab semua yang terjadi saat ini menunjukan kepada kita bahwa apa yang firman Tuhan katakan, semuanya itu sedang digenapi, dan itu artinya pengharapan kita kepada Allah di dalam Tuhan Yesus Kristus tidak akan pernah menjadi sia-sia, dimana Ia akan segera datang dan menyelamatkan kita.

Persoalannya, untuk diselamatkan didalam Tuhan Yesus Kristus tidak akan terjadi secara otomatis, karena seperti yang firman Tuhan katakan, keselamatan itu harus kita kerjakan dengan takut dan gentar, sambil menanti-nantikan kedatangan Tuhan Yesus Kristus.

Hanya orang-orang yang mengerjakan keselamatannya dengan takut dan gentar yang akan diselamatkan, sebab orang-orang yang terus mengerjakan keselamatannya dengan takut dan gentar, menunjukan bahwa mereka adalah orang-orang yang beriman dan benar-benar percaya kepada Yesus. Firman Tuhan katakan di dalam;

Berjaga-Jaga Dan Bertekun Dalam Doa

Renungan Harian Kristen : Berjaga-Jaga Dan Bertekun Dalam Doa | Renunganhariini.com

Lukas 18:8 Aku berkata kepadamu: Ia akan segera membenarkan mereka. Akan tetapi, jika Anak Manusia itu datang, adakah Ia mendapati iman di bumi?”

Jadi apapun keadaan dunia yang sedang terjadi saat ini, tidak boleh membuat iman kita menjadi goyah, sebaliknya kita harus lebih lagi bertekun di dalam doa, karena keadaan dunia saat ini sedang menunjukaan kepada kita kalau penggenapan firman Tuhan itu terus terjadi, dan itu artinya tidak lama lagi Tuhan akan datang.

Kalau kita lihat keadaan dunia saat ini, mulai dari berbagai fenomena alam yang terjadi dan juga berbagai krisis kehidupan yang juga terjadi seperti, krisis ekonomi, krisis politik, krisis keamanan, bahkan krisis moral, dan berbagai krisisi lainnya. Hal itu menunjukan bahwa dunia ini tidak akan pernah berubah menjadi baik, dan itu yang sudah firman Tuhan katakan, dan itu juga artinya firman itu ya dan amin.

Oleh sebab itu alangkah bodohnya kita, kalau kita berharap bahwa keadaan dunia ini akan menjadi baik, sebab firman Tuhan katakan kecenderungan hati manusia selalu membuahkan kejahatan semata-mata. Itu artinya dunia ini tidak akan pernah berubah menjadi baik.

Menghadapi keadaan dunia saat ini, apapun keadaan hidup yang kita hadapi, yang Tuhan mau, kita harus tetap bersukacita dalam pengharapan, tetap sabar walaupun keadaannya terasa sulit, dan harus terus bertekun di dalam doa. Firman Tuhan katakan di dalam;

Roma 12:12 Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa!

Keadaan dunia saat ini seharusnya membuat kita semakin bertekun di dalam iman percaya kita kepada Tuhan Yesus Kristus, sebab kita tahu bahwa apapun yang kita alami, apapun yang kita hadapi, apapun yang terjadi dalam hidup ini, kita akan tetap percaya bahwa semuanya itu tidak akan melebihi kerkuatan kita.

Kolose 1:23 Sebab itu kamu harus bertekun dalam iman, tetap teguh dan tidak bergoncang, dan jangan mau digeser dari pengharapan Injil, yang telah kamu dengar dan yang telah dikabarkan di seluruh alam di bawah langit, dan yang aku ini, Paulus, telah menjadi pelayannya.

Kita harus memiliki pikiran dan perasan Kristus, supaya kita semakin kuat di dalam Dia, sebab jika kita bergantung kepada kekuatan kita, maka kita tidak akan mampu bertahan menghadapi keadaan dunia yang semakin jahat ini. Oleh sebab itu, firman Tuhan mengingatkan kita untuk terus bertekun di dalam doa, dan tetap mengucap syukur.

Kolose 4:2 Bertekunlah dalam doa dan dalam pada itu berjaga-jagalah sambil mengucap syukur.

Ingat bahwa dunia ini akan lenyap dengan segala keinginannya, itulah kenapa kita harus terus berjaga-jaga. Artinya kita harus terus memeriksa seluruh keadaan hati kita, supaya hati kita tidak dicemari oleh berbagai keinginan dunia yang bisa menyeret kita ke dalam kebinasaan kekal.

Berjaga-jagalah senantiasa, supaya saat waktu Tuhan tiba, kita didapatkan sebagai orang-orang yang layak dan berkenan dihadapan-Nya. Sebab hanya orang yang ditemukan berkenan dihadapan Allah Bapa di sorga, yang akan masuk ke dalam Kerajaan-Nya.

Kiranya kebenaran ini semakin membuat kita sadar, bahwa kita tidak bisa menaruh pengharapan apapun kepada dunia ini. Pengharapan kita sepenuhnya harus diarahkan untuk menanti-nantikan Tuhan, sebab Tuhan tidak akan pernah menunda waktu kedatangan-Nya. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

Baca juga : Menjadi Serupa Dengan Kristus

Artikel by Pdt.Franky Tutuhatunewa | Copyright © 2016 – Original Content | Renunganhariini.com

tags: , ,

Related For BERJAGA-JAGA DAN BERTEKUN DALAM DOA