BERJALAN SEIRING DENGAN TUHAN

RENUNGAN HARIAN 2641 Kali Dibaca

Renungan Harian KristenBerjalan Seiring Dengan Tuhan. Syalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus. Tema renungan hari ini adalah, Berjalan Seiring Dengan Tuhan.

Setiap orang percaya yang mau berjalan dalam pimpinan Tuhan atau mau berjalan seiring dengan Tuhan maka ia harus memberikan segenap hidupnya untuk dipimpin oleh Roh Allah atau Roh Kudus sepanjang hari.

Dipimpin oleh Roh Kudus atau Roh Allah ini tidaklah mudah. Hal ini perlu keputusan setiap orang percaya untuk menanggalkan cara hidupnya yang lama dan menyerahkan seluruh hidupnya kepada Tuhan. Artinya kita tidak boleh lagi mengatur diri kita sendiri, tetapi kita harus mulai mengarahkan hidup kita ini supaya hidup didalam pengaturan Tuhan atau hidup dalam pimpinan Tuhan.

Orang yang mau hidup dalam pimpinan Tuhan, tentu harus sungguh-sungguh belajar setiap hari untuk mengerti akan kehendak Tuhan, sebab seseorang yang tidak mau belajar untuk mengerti akan kehendak Tuhan maka ia tidak akan mungkin bisa hidup didalam pimpinan Tuhan, atau dalam pimpinan Roh Kudus, atau Roh Allah.

Firman Tuhan katakan dalam Roma 8:14 Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah.

Yang menjadi persoalannya sekarang adalah apakah kita bersedia atau tidak hidup dalam pimpinan Allah?. Sebab kalau seseorang tidak bersedia dipimpin oleh Roh Allah atau Roh Kudus, maka ia tidak akan dipimpin.

Pertanyaannya sekarang “mengapa ada orang-orang yang tidak mau dipimpin oleh Roh Allah?.” Jawabannya sederhana, karena mereka takut tidak bisa lagi menikmati kesenangan dunia dengan segala harta dan kemewahan.

Baca Juga Renungan :

Apa Gunanya Harta Jika Jiwa Binasa

Untuk hidup dalam pimpinan Roh Allah, setiap orang harus merubah seluruh cara berpikirnya serta merubah arah hidupnya, supaya ia bisa seiring dengan Tuhan. Itulah kenapa saya selalu berkata setiap orang percaya harus hidup mengenakan pikiran Kristus.

Berjalan Seiring Dengan Tuhan

Renungan Harian Kristen | Berjalan Seiring Dengan Tuhan | renunganhariini.com

Bila kita menyerahkan seluruh hidup kita kepada Tuhan untuk dipimpin oleh Roh Allah maka dalam perjalanan hidup yang kita jalani, barulah kita akan mengerti apa itu kehendak Tuhan, apa yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Kalau orang percaya tidak memberi diri dipimpin oleh Roh Allah atau dengan kata lain tidak mau hidup dalam pimpinan Allah maka, Roh Allah akan mundur dari padanya. Sebab dipimpin oleh Roh Allah itu bukanlah sebuah paksaan akan tetapi merupakan sebuah pilihan hidup, apakah kita mau berjalan seiring dengan Tuhan atau tidak.

Hal ini kita bisa lihat dalam Kejadian 6:2-4, ketika anak-anak manusia tidak mau hidup dalam pimpinan Roh, maka Roh Allah tidak bisa mencegah mereka, karena manusia memiliki kehendak bebas. Ketika mereka mengambil anak-anak perempuan manusia untuk menjadi istri-istri mereka, memilih jodoh dan hidup sesuka hati mereka, maka yang terjadi adalah Roh Allah mundur dari mereka.

Kejadian 6:2 maka anak-anak Allah melihat, bahwa anak-anak perempuan manusia itu cantik-cantik, lalu mereka mengambil isteri dari antara perempuan-perempuan itu, siapa saja yang disukai mereka. 6:3 Berfirmanlah TUHAN: “Roh-Ku tidak akan selama-lamanya tinggal di dalam manusia, karena manusia itu adalah daging, tetapi umurnya akan seratus dua puluh tahun saja.” 6:4 Pada waktu itu orang-orang raksasa ada di bumi, dan juga pada waktu sesudahnya, ketika anak-anak Allah menghampiri anak-anak perempuan manusia, dan perempuan-perempuan itu melahirkan anak bagi mereka; inilah orang-orang yang gagah perkasa di zaman purbakala, orang-orang yang kenamaan.

Untuk memahami secara lengkap bagaimana orang percaya dipimpin oleh Roh Allah, maka kita harus mengerti tentang penyelamatan oleh korban Tuhan Yesus Kristus, yang pada akhirnya setiap orang percaya dimerdekakan di dalam Kristus.

Roma 6:18 Kamu telah dimerdekakan dari dosa dan menjadi hamba kebenaran.

Roma 6:22 Tetapi sekarang, setelah kamu dimerdekakan dari dosa dan setelah kamu menjadi hamba Allah, kamu beroleh buah yang membawa kamu kepada pengudusan dan sebagai kesudahannya ialah hidup yang kekal.

Ini artinya orang yang percaya kepada Kristus tidak lagi hidup dibawah hukum dosa. Jadi setelah kita dimerdekakan dari dosa, sekarang kita menjadi hamba kebenaran atau dengan kata lain orang yang percaya kepada Allah di dalam Tuhan Yesus Kristus telah menjadi hamba Allah, yang harus hidup didalam kekudusan Allah, dalam sepanjang hidup kita.

Oleh korban Kristus itulah, maka Roh Kudus dimeteraikan dalam hidup kita sebagai orang percaya. Roh Kudus akan menuntun kita untuk melakukan apa yang menjadi kehendak Allah Bapa di sorga.

Namun disini kita perlu menyadari bahwa percaya kepada Allah, berarti kita harus menyerahkan segenap hidup kita menjadi milik Allah, barulah kita bisa dipimpin oleh Roh Allah.

Baca Juga Renungan :

Seluruh Hidup Milik Tuhan

Orang yang hidup dalam pimpinan Roh, akan memikirkan segala sesuatu, atau hal-hal yang dari Roh. Jadi orang yang hidup dalam pimpinan Roh, tidak akan memikirkan lagi hal-hal yang dari daging. Disinilah perubahan itu terjadi dalam cara berpikir maupun tindakan, semuanya harus sesuai dengan kehendak Tuhan.

Orang yang hidup sesuai kehendak Tuhan dan melakukan kehendakNya, sama dengan hidup melakukan hukum Tuhan. Itulah sebabnya disaat kita hidup melakukan kehendak Tuhan, maka hal itu sama dengan kita berjalan seiring dengan Tuhan.

Tentu berjalan seiring dengan Tuhan itu artinya kita ada dalam pimpinan Tuhan, dan kita tahu bahwa kalau kita hidup dalam pimpinan Tuhan, maka Ia akan menuntun kita sampai kita masuk dalam kerajaanNya.

Oleh sebab itu bagi orang percaya yang menolak untuk hidup dalam pimpinan Roh, sama dengan ia telah menolak untuk berjalan seiring dengan Tuhan, dan orang yang tidak berjalan seiring dengan Tuhan pasti tidak akan dikenal oleh Tuhan. Itu artinya akan terbuang kedalam kebinasaan kekal.

Kiranya kebenaran yang singkat ini membuka pikiran kita tentang betapa pentingnya orang percaya harus hidup dalam Roh selama ia hidup di dunia ini. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

Artikel by Frank Tutu | Copyright © 2015 – Original Content | renunganhariini.com

tags: , ,

Related For BERJALAN SEIRING DENGAN TUHAN