BERJUANG UNTUK BERKENAN

RENUNGAN HARIAN 2373 Kali Dibaca

Renungan hari ini 14 Desember 2013 adalah, Berjuang Untuk Berkenan. Baiklah sebelum membaca renungan ini mari kita berdoa.

Doa: Tuhan Yesus saat ini kami datang dihadapanMu dan kami mohon hikmat Tuhan untuk mengerti akan kebenaran Firman Tuhan ini, bagaimana kami harus hidup dan terus berjuang supaya kami boleh didapatkan berkenan dihadapanMu, dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami berdoa, Haleluya. Amin.

Berkenan dihadapan Tuhan semestinya menjadi target utama dari perjuangan kehidupan orang percaya, tetapi selama ini banyak orang tidak sungguh-sungguh berjuang untuk mencapai hal ini, dan bila orang percaya tidak serius untuk berjuang supaya ia bisa mencapai perkenanan Tuhan maka akan menjadi sangat berbahaya untuk kehidupannya.

Biasanya bagi orang-orang yang tidak pernah sungguh-sungguh berjuang untuk mencapai perkenanan Tuhan memiliki pola pikir yang berbeda. Ada yang berpikir  setiap orang percaya saat ini menjalani hidup karena anugerah, oleh sebab itu untuk mencapai perkenanan Tuhan bisa dikerjakan nanti-nanti saja karena itu bukan satu hal yang sulit, apalagi ia berpikir bahwa masih memiliki waktu hidup yang cukup lama, jadi sekarang jalani saja dulu hidup ini nanti bisa dikerjakan pada waktunya bila umur hidupnya sudah mulai tua. Otang-orang seperti ini memang mimiliki usaha untuk menjadi lebih baik, tapi tidak berusaha sungguh-sungguh untuk menjadi sempurna dan berkenan dihadapan Tuhan, jadi dalam hal ini usaha untuk berkenan dihadapan Tuhan tidak menjadi maksimal.

Ada juga orang-orang yang memiliki pola pikir bahwa untuk mencapai standar Tuhan yaitu berkenan dihadapan Allah Bapa di sorga, dan sempurna sama seperti Bapa di Sorga adalah terlalu berat, dan itu mustahil dikerjakan oleh manusia, dan pemikiran seperti inilah yang membuat ia tidak akan pernah berusaha sama sekali untuk hidup berkenan dihadapan Tuhan, dan biasanya tipe orang seperti ini mereka berpikir yang penting sikap hidupnya memiliki moral yang lebih baik itu sudah cukup. Tujuannya hanya satu yaitu dengan memiliki moral yang lebih baik, hidup berbuat baik itu sudah cukup untuk membuatnya terhindar dari api neraka, dan ini sebenarnya sebuah kekeliruan sebab anak-anak Tuhan harus memiliki standar hidup sempurna seperti Bapa di Sorga, itulah sebabnya Tuhan Yesus sudah lebih dulu menunjukan cara hidup bagaimana ia berjuang supaya hidup berkenan kepada Bapa di Sorga saat Ia ada didunia dalam keadaan sebagai manusia, dan Ia mampu melakukannya.

Pengaruh kehidupan dunia saat ini yang membuat ada banyak orang yang mersa sulit untuk mencapai standar hidup berkenan ini, dan orang yang sungguh serius untuk menjaga hidup berkenan akan mersakan betapa sulitnya dan betapa beratnya perjuangan dalam mengikut cara hidup yang sudah Tuhan Yesus tunjukan, yaitu hanya hidup untuk melakukan kehendak Bapa di Sorga. Inilah yang membuat banyak orang merasa sepertinya mustahil bisa hidup sama seperti Tuhan Yesus, tetapi tidak ada pilihan lain bagi setiap orang yang mau ada bersama-sama dengan Tuhan Yesus di dalam kekekalan, oleh sebab itu ia harus berjuang keras untuk hidup berkenan.

Satu hal yang penting harus dimiliki oleh setiap orang percaya adalah, kalau Tuhan katakan kamu harus sempurna sama seperti Bapamu di Sorga yang adalah sempurna, itu karena Tuhan tahu benar bahwa setiap manusia yang mau hidup berkenan pasti bisa melakukannya, walaupun itu memerlukan perjuangan yang berat, jadi Tuhan tidak mungkin memberikan sebuah standar hidup yang tidak bisa dilakukan oleh manusia, karena kalau Tuhan memberikan standar hidup yang sulit dijalani atau tidak mungkin dilakukan, itu sama dengan Ia tidak menginginkan ada yang masuk ke kerajaanNya, padahal Ia memberikan anakNya yang tunggal untuk menebus manusia dari cara hidupnya yang sia-sia selama ini, akibat dari manusia pertama jatuh kedalam dosa supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa melainkan memperoleh hidup yang kekal, seperti apa yang dikatakan Firman Tuhan didalam Yohanes 3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Untuk mencapai hal ini tidak ada cara lain selain setiap orang harus memiliki komitmen untuk berjuang dan mengusahakan hal ini lebih dari perjuangan mencapai apapun, termasuk didalamnya perjuangan untuk mencapai sebuah kehidupan yang nyaman. Kenapa setiap orang percaya harus memiliki prinsip ini ?, karena Tuhan tidak mungkin memberikan perintah yang tidak mungkin dilakukan oleh setiap manusia, dan inilah yang menjadi pergumulan serius bagi orang-orang yang sungguh-sungguh serius mau berurusan dengan Tuhan.

Paulus sendiri mengatakan didalam Filipi 3:12 Bukan seolah-olah aku telah memperoleh hal ini atau telah sempurna, melainkan aku mengejarnya, kalau-kalau aku dapat juga menangkapnya, karena aku pun telah ditangkap oleh Kristus Yesus. Jadi dalam hal ini Paulus menyadari benar, walaupun ia sudah ditangkap oleh Yesus, tetapi ada ruang kemungkinan hal ini tidak bisa dicapai kalau ia tidak berjuang dengan sungguh-sungguh. Hal ini bisa dilihat dari kata seolah-olah yang menunjukan perlu perjuangan berat untuk mencapai level berkenan di hadapan Tuhan. Jadi bukan hal yang mudah tetapi sesungguhnya bisa apabila setiap orang mau mengerjakannya dengan serius.

Dengan kesadaran bahwa untuk bisa berkenan harus perlu perjuang berat maka Paulus katakan didalam 2 Korintus 5:9 Sebab itu juga kami berusaha, baik kami diam di dalam tubuh ini, maupun kami diam di luarnya, supaya kami berkenan kepada-Nya. Kenapa Paulus mau berusaha untuk bisa berkenan dihadapan Tuhan ?, karena ia menyadari sungguh bahwa adalah merupakan sebuah kehormatan besar bila pada akhirnya ia bisa diterima oleh Tuhan sebagai anakNya, dan inilah yang yang membuat Paulus begitu mati-matian mau melayani Tuhan dengan tidak lagi melihat kepada kepentingan dirinya, sama seperti apa yang telah Tuhan Yesus lakukan.

Sesungguhnya inilah yang harus menjadi target utama dalam kehidupan setiap manusia yang ingin ditemukan berkenan dihadapan Tuhan, atau yang ingin menikmati kenyamanan kehidupan kekal, sebab hanya di kehidupan itulah setiap manusia akan hidup bersama-sama dengan Tuhan secara nyata dalam pemerintahan Bapa di Sorga dimana tidak ada lagi, tangis dan air mata seperti apa yang dikatakan dalam Wahyu 21:4 Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu.” Bila engkau ingin menikmati hidup dalam pemerintahan Tuhan didalam kerajaan Bapa di Sorga maka tanamkan hal ini dalam hati dan pikiranmu.

Ingat pesan ini :

  1. Untuk berkenan dihadapan Tuhan bukan tidak mungkin, karena bagi setiap orang yang mau sungguh-sungguh berurusan dengan Tuhan untuk mencapai perkenanan Tuhan, maka Tuhan akan memberikan kekuatan kepada mereka yang mau berjuang mencapainya.
  2. Orang yang tidak mau berjuang untuk hidup berkenan berarti akan mengalami kebinasaan kekal.
  3. Buang semua impianmu tentang dunia saat ini, dan milikilah impian untuk menikmati kehidupan di Langit baru dan Bumi baru dimana engkau akan menikmati hidup yang begitu indah dalam pemerintahan Tuhan.

Bila engkau diberkati dengan renungan ini, maka berikanlah link renungan ini kepada semua orang yang engkau kasihi. renunganhariini.com

Tuhan Yesus memberkati kita semua.

tags: , , , ,

Related For BERJUANG UNTUK BERKENAN