BERJUANG UNTUK HIDUP BENAR DIHADAPAN TUHAN

RENUNGAN HARIAN 2839 Kali Dibaca

Renunganhariini.com : Renungan Harian – Berjuang Untuk Hidup Benar Di Hadapan Tuhan. Shalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, renungan kita saat ini adalah; Berjuang Untuk Hidup Benar Di Hadapan Tuhan.

Saudaraku, seharusnya kita mengucap syukur karena oleh kasih karunia Allah, kita  menjadi orang-orang yang telah dibenarkan oleh penebusan Tuhan Yesus Kristus. Sebab kalau kita tidak dibenarkan oleh penebusan Kristus, maka tidak ada seorang pun yang akan selamat. Artinya pada akhirnya semua orang akan terbuang ke dalam api neraka dikekekalan nanti, karena telah berbuat dosa. Firman Tuhan katakan di dalam;

Roma  3:23 Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah, 3:24 dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus.

Roma  6 :23 Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

Persoalannya sekarang adalah, setelah kita menjadi orang-orang yang telah dibenarkan, itu bukan berarti kita akan selamat secara otomatis. Sebab setelah dibenarkan, maka yang Tuhan Yesus pesankan, kita harus hidup melakukan kehendak Allah Bapa di Sorga. Firman Tuhan katakan, orang yang tidak melakukan kehendak Allah Bapa di Sorga tidak akan diterima di dalam Kerajaan-Nya, dimana Tuhan Yesus akan memerintah sebagai raja.

Itulah kenapa kita harus sungguh-sungguh menyadari akan hal ini. Dan kita harus berjuang untuk hidup benar dihadapan Tuhan. Sebab kalau kita tidak berjuang maka keselamatan yang telah kita terima karena penebusan Tuhan Yesus akan menjadi sia-sia. Jadi setelah menerima keselamatan di dalam Kristus, maka kita harus menghargai keselamatan itu dengan cara mengerjakannya dengan takut dan gentar.

Orang yang telah dibenarkan, artinya orang yang punya pengharapan akan menerima keselamatan. Tetapi satu hal yang harus kita sadari adalah, orang yang telah dibenarkan tidak boleh lagi memberi dirinya terikat dengan dunia demi menikmati segala kesenangannya.

Orang percaya yang telah dibenarkan, seharusnya sudah memindahkan fokus hidupnya, pikirannya, hanya tertuju kepada Kerajaan Allah. Dan tetap hidup melakukan kehendak Allah, selama ia masih hidup di dunia ini. Melakukan kehendak Allah sama dengan menyembah Allah, taat kepada Allah, tunduk dalam penurutan perintah-Nya, dan memberi diri untuk hidup dalam kedaulatan Allah.

Berjuang Untuk Hidup Benar Di Hadapan Tuhan

Renungan Harian Kristen : Berjuang Untuk Hidup Benar Dihadapan Tuhan | Renunganhariini.com

Dengan kata lain, setelah kita dibenarkan, kita menjadi orang yang tidak berhak lagi atas kehidupan kita. Karena pembenaran di dalam Kristus itulah, membuat kita menjadi orang yang telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar.

Kalau orang yang sudah dibenarkan masih memberi diri terikat dengan dunia, masih mau menikmati dunia ini dengan segala kesenangannya, maka hal itu sama dengan ia tidak menyembah Allah, tetapi menyembah iblis.

Orang yang sudah dibenarkan harus memiliki prinsip hidup dan gaya hidup yang sama seperti Tuhan Yesus. Saat Tuhan Yesus berada di dunia ini, Ia telah meninggalkan sebuah teladan yang harus kita ikuti yaitu, tidak lagi mengingini dunia ini dengan segala kemegahannya. Firman Tuhan katakan di dalam;

Matius  4:8 Dan Iblis membawa-Nya pula ke atas gunung yang sangat tinggi dan memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia dengan kemegahannya, 4:9 dan berkata kepada-Nya: “Semua itu akan kuberikan kepada-Mu, jika Engkau sujud menyembah aku.” 4:10 Maka berkatalah Yesus kepadanya: “Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!”

Itulah kenapa saya katakan diatas, kalau orang percaya masih mengingini dunia dengan segala kesenangannya, maka itu sama halnya dengan telah memberi diri menyembah iblis. Hal inilah yang tidak disadari oleh banyak anak-anak Tuhan saat ini.

Hidup sebagai orang percaya, berarti pokok penyembahan kita hanya satu yaitu Allah Bapa di Sorga, yang kita sembah dalam nama Tuhan Yesus Kristus, dan yang telah memberikan Roh Kudus kepada kita sebagai penolong yang setia. Jadi dalam hidup ini kita harus memberi nilai tinggi Tuhan, dan tidak ada yang lain yang boleh melebihi itu.

Orang yang memberi nilai tinggi Tuhan di dalam hidupnya sama dengan orang yang menghargai perasaan hati Tuhan. Itulah kenapa dalam hidup ini kita harus hidup melakukan kehendak-Nya. Tidak melakukan kehendak Tuhan sama dengan melukai hati Tuhan.

Satu hal yang harus kita ingat adalah, memberi nilai tinggi dunia, itu termasuk berdosa. Sebab orang yang memberi nilai tinggi dunia, hatinya tidak pernah tertuju kepada Tuhan. Dan orang yang tidak hidup bersih karena mencintai dunia, ia tidak layak menyembah Tuhan.

Itulah kenapa kita harus memiliki cara hidup yang benar dihadapan Tuhan. Kalau hidup sebagai orang percaya, kita telah merasa cukup dengan hanya beribadah di gereja, sebagai wujud penyembahan kita kepada Allah, maka betapa rusaknya pikiran kita.

Bapa menghendaki supaya kita berkeadaan seperti diri-Nya. Hidup di dalam kesucian dan kekudusan-Nya. Dan itu harus menjadi warna hidup kita sebagai orang percaya setiap saat. Orang yang tidak menjaga hidupnya tetap tinggal di dalam kesucian dan kekudusan Allah, maka hidupnya ada di dalam bahaya.

Ingat menjadi Kristen itu berarti mengikut Kristus. Dan itulah jalan hidup yang sesungguhnya. Liturgi gereja barulah ceremonial. Oleh sebab itu kita harus perhatikan setiap gerak hidup kita, supaya seluruh gerak hidup kita sama dengan gaya hidupnya Tuhan Yesus.

Saya katakan demikian, karena kita tidak bisa mengenali Tuhan dengan benar tanpa mengenakan karakterNya, atau mengerti seleraNya. Jadi bagaimana mungkin orang yang masih duniawi, masih memberi diri terikat dengan dunia dan masih mencintai dunia bisa mengalami Tuhan.

Ingat setelah kita dibenarkan maka tubuh kita ini menjadi bait Roh Kudus, itu artinya kita harus melatih diri untuk hidup bersih setiap hari. Dengan cara memberi waktu duduk diam dikaki Tuhan, bergaul dengan Tuhan dan belajar mengerti isi hati dan perasaan Tuhan. Firman Tuhan katakan di dalam;

I Korintus 6:19 Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, — dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? 6:20 Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!

Itulah kenapa kita harus tetap menjaga hidup ini supaya terus tinggal dalam kekudusan Allah. Sebab orang yang masih duniawi tidak mungkin bisa ketemu Tuhan. Oleh sebab itu, jangan ganti kehausan kita akan Tuhan dengan kehausan yang lain yaitu dunia ini dengan segala kesenangannya.

Pada renungan sebelumnya saya sudah katakan, dalam hidup ini hanya ada dua opsi sebagai pilihan, memilih Sorga atau neraka. Memilih Tuhan atau dunia ini dengan segala kesenangannya.

Jika kita tahu bahwa kita sudah dibenarkan di dalam Tuhan Yesus Kristus, supaya kita layak menerima keselamatan setelah kita ada dibaalik kematian nanti, maka kita harus sadar bahwa betapa berharganya keselamatan itu.

Kita harus sadar, kalau keselamatan itu lebih dari apapun yang kita miliki saat ini. Sebab apa yang ada pada kita saat ini, semuanya akan hilang lenyap. Tetapi keselamatan di dalam Tuhan yesus Kristus, akan membawa kita pada kebahagiaan abadi penuh dengan kemuliaan di kekekalan nanti.

Kiranya kebenaran ini membuat kita mengambil keputusan yang tepat, dan kita mau berjuang untuk hidup benar dihadapan Tuhan. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

Baca juga : Belajar Memiliki Kelembutan Hati Yesus

Renungan oleh Pdt. Franky Tutuhatunewa | Copyright © 2016 – Original Content | Renunganhariini.com

tags: ,

Related For BERJUANG UNTUK HIDUP BENAR DIHADAPAN TUHAN