BERMINAT

RENUNGAN HARIAN 2002 Kali Dibaca

Renungan hari ini 26 Januari 2014 adalah “Berminat”. Baiklah sebelum membaca renungan ini mari kita berdoa.

Doa: Tuhan Yesus kami mau membaca dan belajar mengerti akan kebenaran FirmanMu lewat renungan ini, penuhi kami dengan hikmatMu ya Tuhan, biarlah oleh kuasa FirmanMu kami mau terus berubah sesuai apa yang engkau kehendaki, dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami berdoa, haleluya. Amin.

Dalam kehidupan ini semua manusia memiliki apa yang dinamakan, minat atau hasrat atau keinginan. Tentunya minat setiap manusia itu berbeda-beda, tetapi biasanya minat setiap manusia itu selalu bermuara kepada kepentingan dirinya sendiri, artinya seseorang akan selalu berminat untuk mendapatkan atau mencapai sesuatu yang dianggap itu bisa menyenangkan hatinya, memuaskan hasratnya, atau bisa membuat ia menikmati kehidupan ini dengan berbagai kesenangan.

Hampir semua manusia memiliki minat atau keinginan yang sama yaitu ia ingin supaya memiliki kehidupan yang enak, atau dengan kata lain ingin kalau boleh ia akan menjadi orang yang kaya. Ini adalah realitas hidup yang terjadi dalam kehidupan setiap manusia, artinya kalau kita bertanya kepada seseorang yang sedang dalam keadaan sulit secara ekonomi apa yang diinginkannya, maka ia akan menjawab ia ingin supaya taraf hidupnya bisa berubah, kalau boleh bisa memiliki uang yang banyak. Lalu kalau kita bertanya kepada orang yang taraf hidupnya sudah mapan, ia akan menjawab bahwa ingin lebih sukses lagi dari sekarang, atau ingin memiliki ini dan itu.

Sekarang bagaimana kalau pertanyaan itu diajukan kepada setiap orang percaya atau orang kristen atau anak-anak Tuhan. Dapat dipastikan bahwa jawabannya tidak akan jauh berbeda dengan jawaban manusia pada umumnya, yaitu masih ingin memiliki ini dan itu. Kalau keadaan orang percaya masih seperti ini maka sesungguhnya ia ada dalam bahaya, karena minat terhadap sesuatu yang tidak memiliki dampak untuk kehidupan kekal itu akan membuat mata hati kita sebagai orang percaya bisa menjadi gelap atau menjadi buta oleh berbagai minat atau hasrat atau keinginan tersebut.

Firman Tuhan katakan dalam Matius 7:6 “Jangan kamu memberikan barang yang kudus kepada anjing dan jangan kamu melemparkan mutiaramu kepada babi, supaya jangan diinjak-injaknya dengan kakinya, lalu ia berbalik mengoyak kamu.” Maksud dari pernyataan ini ditujukan kepada orang-orang yang sudah tidak bisa ditegur atau tidak lagi memiliki minat atau hasrat untuk berubah atau untuk merubah diri untuk menjadi baik sesuai dengan Firman Tuhan atau sesuai dengan kehendak Tuhan.

Kenapa saya katakan orang seperti ini ada dalam bahaya ?. Karena kalau sebagai orang percaya kita tidak lagi memiliki minat untuk menjadi baik dan tentu baik menurut kehendak Tuhan, maka teguran seperti apapun tidak akan didengar, bila demikian untuk apa lagi ditegur, karena kalau sudah tidak berminat maka teguran itu tidak akan pernah didengar. Oleh sebab itu Firman Tuhan katakan Jangan kamu memberikan barang yang kudus kepada anjing dan jangan kamu melemparkan mutiaramu kepada babi. Sebenarnya ini merupakan pernyataan yang sangat keras, dan sebagai orang percaya kalau sudah mendengar pernyataan seperti ini lalu tidak juga memiliki minat atau keinginan untuk berubah maka bisa dikatakan bahwa arah hidupnya sekarang sedang meluncur menuju kebinasaan kekal.

Seringkali orang percaya ditegur oleh Firman Tuhan, tetapi seringkali ada begitu banyak orang percaya yang tidak mau perduli lagi dengan teguran Tuhan. Ingat, kalau kita mendengar Firman Tuhan lalu Firman itu seperti menegur kita, itu artinya Tuhan sedang menegur kita dan itu juga berarti Ia sedang menyatakan kasihNya kepada kita, tetapi kalau kita mendengar Firman Tuhan lalu kita masa bodoh dengan teguran tersebut maka kita akan menjadi orang yang sudah tidak mungkin lagi ditegur, karena kita telah mengeraskan hati, dan inilah yang disebut sebagai menghujat Roh Kudus. Dan kalau suda sampai di tahap ini maka pasti binasa.

Firman Tuhan katakan dalam Matius 12:31 Sebab itu Aku berkata kepadamu: Segala dosa dan hujat manusia akan diampuni, tetapi hujat terhadap Roh Kudus tidak akan diampuni. Dikatakan hujat terhadap Roh Kudus karena setiap Firman yang disampaikan itu, merupakan suara Allah  dan saat kita mendengarkan Firman tersebut maka Roh Kudus yang diam didalam kita akan selalu mengingatkan kita supaya hidup sesuai Firman yang kita dengar. Jadi kalau kita sudah mendengar lalu tidak melakukan itu berarti kita sedang menghujat Roh Kudus seakan-akan Roh Kudus tidak mengingatkan kita. Terkecuali telinga kita tuli atau sama sekali tidak bisa mendengar. Tetapi selama kita masih bisa mendengar maka selalu Roh Kudus akan mengingatkan kalau hidup kita belum sesuai dengan Firman, dan saat itulah kita harus meresponi teguran tersebut dengan memiliki minat atau keinginan untuk berubah atau merubah diri.

Ingat sekali lagi kalau Firman Tuhan masih menegur kita itu berarti Tuhan masih menyatakan kasih setiaNya supaya kita tidak binasa. Firman Tuhan katakan dalam Wahyu 3:19 Barangsiapa Kukasihi, ia Kutegor dan Kuhajar; sebab itu relakanlah hatimu dan bertobatlah!, 3:20 Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku. jadi setiap orang percaya harus memiliki satu minat yang terutama dalam hidupnya yaitu minat atau keinginan untuk berubah saat mendengar teguran Tuhan.

Kalau kita mendengar Firman lalu kita tidak mau atau tidak memiliki minat atau keinginan untuk hidup sesuai Firman, maka itu sama dengan kita menolak untuk dinasehati oleh Tuhan, tentu nasihat tersebut lewat kuasa Roh Kudus yang diam didalam diri setiap orang percaya yang akan mengingatkan bahwa hidup kita belum sesuai Firman yang disampaikan itu.

Yang perlu diingat bahwa Tuhan tidak pernah akan memaksa kita sebagai manusia untuk menuruti FirmanNya dan melakukan kehendakNya, karena manusia itu memiliki kehendak bebas, jadi aturan atau perintah-perintah dalam Firman Tuhan tersebut adalah rambu-rambu yang diberikan Tuhan kepada manusia untuk menurutinya supaya jangan Ada manusia yang binasa, tetapi Tuhan tidak memaksa dan tidak pernah membatasi  keinginan manusia supaya mengikutiNya, karena manusia itu memiliki kehendak bebas, namun kalau mau diselamatkan didalam Kristus berarti harus menuruti kehendak Tuhan. Jadi keputusan untuk berubah itu, ada ditangan setiap kita sebagai orang percaya atau sebagai anak-anak Tuhan. Persoalannya hanya satu yaitu jika kita tidak lagi memiliki minat untuk berubah dan hidup sesuai dengan kehendak Tuhan maka seperti yang saya katakan tadi bahwa kita akan meluncur dengan bebas menuju kebinasaan kekal.

Jadi ingat baik, jangan sampai Tuhan tidak mau lagi berbicara kepada kita sebagai orang percaya atau sebagai anak-anak Tuhan. Kalau sampai ditingkat ini maka siapapun kita, mau kaya, terpandang, terhormat sekalipun di mata dunia pasti binasa dalam kekekalan atau didalam kehidupan yang sesungguhnya. Orang-orang seperti ini akan menjadi orang-orang yang diharamkan untuk masuk kedalam Kerajaan Sorga, seperti yang dikatakan dalam Wahyu 21:27 Tetapi tidak akan masuk ke dalamnya sesuatu yang najis, atau orang yang melakukan kekejian atau dusta, tetapi hanya mereka yang namanya tertulis di dalam kitab kehidupan Anak Domba itu.

Jadi kalau saat ini kita masih ditegur dengan kebenaran seperti ini, maka jangan sia-siakan nasihat ini. Ayo ambil keputusan sekarang juga untuk berbalik kepada Tuhan, miliki minat, hasrat, keinginan, untuk berubah sekarang juga dan jangan tunggu besok karena beberapa menit kedepan kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi, berubahlah sekarang saudaraku waktu Tuhan sudah tidak lama lagi.

Ingat pesan ini:

  1. Bermintlah untuk berubah, dan mulailah hidup sesuai Firman Tuhan sejak saat ini juga.
  2. Saat Roh Kudus berbicara lewat setiap kebenaran Firman Tuhan, ingat bahwa Tuhan sedang menegur engkau dan Ia mau engkau berubah.
  3. Kalau saat ini engkau menunda untuk berubah, ingat baik bahwa mungkin tidak akan ada kesempatan lagi untuk engkau berubah.

Kiranya kebenaran ini memberkati kita semua, dan jikalau engkau diberkati dengan kebenaran ini, maka berikanlah link renungan ini kepada semua orang yang engkau kasihi, renunganhariini.com. Tuhan Yesus memberkati kita semua.

tags: , , , ,

Related For BERMINAT