BERTAHAN

RENUNGAN HARIAN 1714 Kali Dibaca

Renungan hari ini 16 Desember 2013 adalah, Bertahan. Sebelum membaca renungan ini terlebih dahulu mari kita berdoa bersama-sama.

Doa: Bapa yang baik saat kami membaca renungan ini, biarlah Engkau memenuhi kami dengan hikmatMu, supaya kami boleh mengerti akan FirmanMu dan kami mau hidup sesuai FirmanMu, dan betahan didalam pengiringan akan Engkau ya Tuhan sampai kepada kesudahan zaman. Dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami berdoa, Haleluya. Amin.

Kalau kita melihat keadaan dunia saat ini, sesungguhnya dunia ini sudah semakin rusak dan penuh dengan berbagai kejahatan, bahkan kasih manusia sudah semakin dingin. Itulah yang Firman Tuhan katakan dalam Matius 24:12 Dan karena makin bertambahnya kedurhakaan, maka kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin. Begitu banyak orang yang saat ini hidup hanya untuk kepentingan dirinya sendiri dan tidak lagi mau perduli dengan apa yang terjadi atau dengan keadaan yang ada disekitarnya, karena banyak orang beranggapan “yang penting saya tidak menyusahkan orang lain, dan tidak merugikan orang lain”.

Prinsip hidup seperti ini akhirnya membuat kasih banyak orang semakin dingin artinya sama sekali sudah tidak lagi memiliki rasa perduli terhadap sesama, bahkan untuk hidup bersosialisasipun sudah tidak nampak lagi karena manusia pada umumnya berpikir yang penting ia bisa menikmati hidup ini dengan nyaman dari hasil kerja kerasnya, jadi tidak perlu untuk memperdulikan keadaan orang lain.

Kalau sebagai orang percaya atau orang kristen kita juga ikut hanyut dengan cara hidup seperti ini maka sesungguhnya kita telah menjadi sama dengan dunia yang semakin jahat ini, padahal Firman Tuhan mengajarkan kita untuk tidak menjadi sama dengan dunia ini. Roma 12:2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Pertanyaannya kenapa ada begitu banyak orang percaya atau orang kristen yang masih hidup sama dengan orang-orang dunia pada umumnya ?. Karena orang-orang seperti ini, walaupun ia mengaku sebagai orang percaya atau orang kristen tetapi prinsip hidupnya adalah yang penting ia bisa menikmati kehidupan dengan cara memuaskan dirinya dengan berbagai keinginan dan hawa nafsu dunia, itu yang membuatnya merasa memiliki kenyamanan hidup dan kesenangan hidup.

Cara hidup seperti ini yang membuat banyak orang percaya atau orang kristen tidak lagi memiliki hubungan persekutuan dengan Tuhan secara benar, karena bagi mereka Tuhan bukan lagi menjadi prioritas yang utama. Cara hidup seperti ini sebenarnya membuat banyak orang telah menjadikan dirinya musuh Allah, itulah yang Firman Tuhan katakan bahwa persahabatan dengan dunia adalah permusuhan dengan Allah. Yakobus 4:4 Hai kamu, orang-orang yang tidak setia! Tidakkah kamu tahu, bahwa persahabatan dengan dunia adalah permusuhan dengan Allah? Jadi barangsiapa hendak menjadi sahabat dunia ini, ia menjadikan dirinya musuh Allah. Orang-orang seperti ini hanya membutuhkan Tuhan pada saat keadaan hidup mereka menjadi bangkrut, atau terjepit dengan berbagai masalah hutang-piutang dll. Jadi mereka akan mencari Tuhan hanya disaat mereka merasa ini saatnya memerlukan Tuhan.

Berbanding terbalik dengan cara hidup orang-orang yang lebih memilih untuk bersahabat dengan dunia, maka sering kita juga melihat ada banyak orang percaya atau orang kristen yang walaupun dalam keadaan yang sangat sulit, ia tidak pernah mau mengeluh atau bersungut-sungut dengan keadaan hidupnya yang pas-pasan bahkan boleh dikatakan ia tinggal didalam kesulitan hidup yang luar biasa, namun keadaan hidupnya tidak membuat ia lalu meninggalkan Tuhan dan pergi mencari pertolongan lain diluar Tuhan, seperti datang ke dukun dll, bahkan hari-hari hidupnya selalu penuh dengan ucapan syukur kepada Tuhan.

Orang yang memiliki prinsip hidup seperti adalah orang-orang yang merindukan Tuhan diatas segala-galanya, orang-orang yang lebih merindukan menikmati kehidupan kekal bersama Tuhan. Jadi walaupun dalam keadaan yang sulit sekalipun ia tidak pernah meninggalkan Tuhan, bahkan dalam keadaan “kok sepertinya Tuhan tak kunjung menyatakan pertolongan untuk mengeluarkannya dari berbagai kesulitan”, ia tetap setia dan percaya bahwa kalau ia ada sampai saat ini, itu semua karena pertolongan Tuhan dan kasih karunia Tuhan. Jadi dalam hal ini orang-orang seperti ini memiliki prinsip hidup dan landasan hidup yang benar yaitu keadaan sesulit apapun tidak akan membuat persekutuannya dengan Tuhan menjadi kendor.

Sahabatku yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus, mungkin saat engkau membaca renungan ini, keadaan hidupmu juga sedang berada dalam kesulitan, ingat jangan pernah engkau mengeluh atau bersungut-sungut dengan keadaan hidupmu, tetapi bersyukurlah dengan apa yang sedang engkau hadapi saat ini, dan tetaplah berpikir positif bahwa Allah yang engkau sembah didalam Tuhan Yesus Kristus tidak akan pernah meninggalkan setiap anak-anakNya yang terus berharap kepadaNya.

Firman Tuhan katakan dalam Matius 24:13 Tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat. Artinya sulit bukan berarti kita tidak ditolong Tuhan, sulit bukan berarti kita harus meninggalkan Tuhan, sulit bukan berarti iman percaya kita kepada Tuhan menjadi pudar, sebab terkadang Tuhan izinkan itu terjadi dalam hidup kita sebagai orang percaya, supaya keadaan tersebut membuat kita semakin bertumbuh didalam Dia dan lebih memiliki persekutuan yang intim dengan Dia.

Keadaan hidup di dunia ini bukanlah keadaan kekal, karena dunia ini akan lenyap dengan segala keinginannya, seperti yang dikatakan dalam 1 Yohanes 2:17 Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya.

Sebagai anak-anak Tuhan, kita harus semakin mengarahkan fokus hidup ini kepada Tuhan dan kerajaanNya dan bukan menambatkan hati kita kepada dunia dengan segala kesenangannya, percayalah bahwa Dia tetap Bapa yang baik. Firman Tuhan katakan dalam Roma 8:28 Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

Ingat pesan ini:

  1. Sesulit apapun keadaan hidupmu saat ini, jangan tinggalkan Tuhan.
  2. Tetaplah hidup takut akan Tuhan dan lakukanlah kehendak Allah.
  3. Percayalah bahwa Allah selalu bekerja untuk mendatangkan kebaikan bagi orang-orang yang mengasihi Dia, supaya bila saatNya tiba, kita semua boleh berada bersama-sama dengan Allah didalam kekekalan.

Jikalau engkau diberkati dengan renungan ini, maka berikanlah link renungan ini kepada semua orang yang engkau kasihi. renunganhariini.com

Tuhan Yesus memberkati kita semua.

tags: , , , ,

Related For BERTAHAN