BERTEKUN DAN BERJUANG UNTUK BERUBAH

RENUNGAN HARIAN 2544 Kali Dibaca

Renunganhariini.com : Renungan HarianBertekun Dan Berjuang Untuk Berubah. Syalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus. Renungan kita saat ini adalah; Bertekun Dan Berjuang Untuk Berubah.

Saudaraku, kalau kita mau membuka mata hati dan telinga kita, untuk melihat dan mendengar, semua yang sedang terjadi di dunia saat ini, maka kita akan menemukan bahwa, semua yang sedang terjadi di dunia ini lebih banyak mendatangkan kesengsaraan atas hidup manusia. Disinilah kita harus menyadari bahwa inilah  hidup itu.

Artinya keadaan dunia saat ini ada dalam ancaman bahaya setiap saat. Bencana, peperangan, global warning, dan berbagai ancaman lainnya, temasuk hasil-hasil penelitian yang ditemukan oleh para astronom yang menunjukan, bisa terjadi tabrakan antar planet, ini semua membuktikan bahwa dunia ini bukanlah tempat yang nyaman.

Keadaan dunia saat ini menunjukan kepada kita bahwa, nyawa manusia setiap saat selalu ada dalam bahaya, dan itu membuat nyawa manusia bisa hilang setiap saat dengan berbagai alasan tanpa kita sadari.

Itulah kenapa sebagai orang percaya, kita harus semakin menyadari bahwa dunia ini bukanlah tempat yang nyaman. Dan ini semua menunjukan kepada kita kalau dunia ini tidak akan pernah berubah menjadi baik, sebab dunia ini sedang berjalan menuju kehancuran, dan tentu itu sudah dikatakan oleh firman Tuhan.

Persoalaannya adalah, ada begitu banyak orang terus bertekun dan berjuang saat ini untuk mencari kenyamanan hidup di dunia. Manusia selalu berjuang untuk hal yang satu ini. Pada akhirnya tidak sedikit orang yang menjadikan dunia ini sebagai pelabuhan hidup yang nyaman. Hal itu bisa kita lihat seperti apa yang firman Tuhan katakan di dalam;

Lukas 12:19 Sesudah itu aku akan berkata kepada jiwaku: Jiwaku, ada padamu banyak barang, tertimbun untuk bertahun-tahun lamanya; beristirahatlah, makanlah, minumlah dan bersenang-senanglah!

Inilah prinsip hidup yang banyak sekali dimiliki oleh manusia di zaman ini. Mereka selalu menginginkan kenyamanan hidup di dunia ini. Dan prinsip hidup seperti yang dikatakan oleh firman Tuhan ini juga, banyak sekali dimiliki oleh orang percaya atau anak-anak Tuhan.

Bertekun Dan Berjuang Untuk Berubah

Renungan Harian Kristen : Bertekun Dan Berjuang Untuk Berubah | Renunganhariini.com

Kalau tadi saya katakan, kita harus sadar bahwa dunia ini bukanlah pelabuhan hidup yang nyaman, itu artinya sebagai orang percaya kita harus mulai mengarahkan pandangan hidup kita kepada pengharapan yang kita miliki di dalam Tuhan Yesus Kristus, dimana kita tahu bahwa di dalam Tuhan kita akan menyongsong hidup yang baru. Hidup di langit yang baru dan bumi yang baru.

I Petrus 1:3 Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, yang karena rahmat-Nya yang besar telah melahirkan kita kembali oleh kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati, kepada suatu hidup yang penuh pengharapan, 1:4 untuk menerima suatu bagian yang tidak dapat binasa, yang tidak dapat cemar dan yang tidak dapat layu, yang tersimpan di sorga bagi kamu.

Itulah kenapa saat ini, kita harus bertekun dan berjuang untuk berubah dari cara hidup kita yang lama, dan masuk pada cara hidup yang baru, setelah kita dilahirkan kembali di dalam Tuhan Yesus Kristus, sehingga kita memiliki pengharapan untuk menerima bagian yang tidak dapat binasa, yang tersimpan bagi kita di dalam Kerajaan Allah Bapa di sorga.

Satu hal yang harus kita sadari adalah, untuk merubah setiap kebiasaan hidup yang sudah terlanjur mendarahdaging dalam diri setiap kita tidaklah mudah, dan hal itu perlu perjuangan. Perubahan harus dimulai dari cara berpikir. Itulah kenapa perlu adanya pembaharuan pikiran dalam hidup kita, seperti yang firman Tuhan katakan di dalam;

Roma 12:2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Kita harus menyadari bahwa pikiran duniawi yang sudah terlanjur melekat dan mengakar di dalam diri kita, tidak gampang untuk dilepaskan dengan mudah. Hal ini membutuhkan ketekunan dan perjuangan panjang.

Terlepas dari semuanya itu, kita juga harus tetap sadar bahwa selama kita masih hidup di dunia ini pasti ada masalah, persoalan, tantangan, bahkan sampai kepada penderitaan, itu pasti akan dialami setiap orang. Namun demikian sebagai orang percaya kita tidak boleh melihat semua itu, karena kita tahu bahwa kita punya pengharapan.

Dibalik pengharapan itu, apa yang akan kita terima nanti jauh lebih berharga dan lebih mulia dari apa yang ada di dunia ini. Oleh sebab itu sekalipun kita harus menderita, lihatlah itu semua sebagai penderitaan yang ringan, seperti yang firman Tuhan katakan di dalam;

II Korintus 4:17 Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini, mengerjakan bagi kami kemuliaan kekal yang melebihi segala-galanya, jauh lebih besar dari pada penderitaan kami. 4:18 Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan, karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal.

Persolannya sekarang apakah kita mau berubah atau tidak, sebab seseorang tidak dapat diubah, kalau ia sendiri tidak mau atau tidak rela untuk diubah, dalam hal ini berubah dalam cara berpikirnya. Itulah kenapa setiap kita harus bertekun dan berjuang untuk berubah, sebab tanpa perubahan seperti yang Allah kehendaki maka, pengharapan kita akan menjadi sia-sia.

Kiranya kebenaran ini semakin mendorong kita untuk merubah diri, dan mengarahkan pandangan kita kepada pengharapan akan kemuliaan kekal yang kita terima di dalam Tuhan Yesus Kristus. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

Baca Juga : Prioritas Utama Dalam Hidup Orang Percaya

Artikel by.Pdt Franky Tutuhatunewa | Copyright © 2016 – Original Content | Renunganhariini.com

tags: ,

Related For BERTEKUN DAN BERJUANG UNTUK BERUBAH