BERTUMBUH DALAM KASIH KARUNIA

RENUNGAN HARIAN 5521 Kali Dibaca

Renungan Harian – Rabu, 11 Februari 2015. Bertumbuh Dalam Kasih Karunia.

Syalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus. Bertumbuh dalam kasih karunia adalah merupakan bagian dari respon orang percaya terhadap anugerah kasih karunia itu sendiri. Sebagai orang percaya kita tahu bahawa hidup kita sekarang ini semata-mata hanya oleh karena kasih karunia, dan setelah menerima kasih karunia maka terbukalah jalan dan pengharapan menuju keselamatan kekal yang telah disediakan Allah bagi orang-orang yang menagasihi Dia dengan segenap hati.

Terkadang dalam perjalanan hidup ini kita hanya melakukan apa yang menjadi keinginan hati kita, apa yang menjadi ambisi kita, apa yang menjadi cita-cita kita, semuanya itu kita kejar siang dan malam supaya kita bisa mencapainya, sehinga kita lupa bahwa bukan itu yang terutama yang harus kita kejar, bukan itu yang Tuhan kehendaki, karena yang Tuhan kehendaki adalah setiap orang percaya harus bertumbuh di dalam kasih karunia Tuhan.

Mari kita lihat apa yang firman Tuhan katakan tentang betumbuh didalam kasih karunia, dan itu yang ditulis di dalam, II Petrus 3:18 Tetapi bertumbuhlah dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus. Bagi-Nya kemuliaan, sekarang dan sampai selama-lamanya.

Orang percaya diminta untuk bertumbuh dalam kasih karunia, artinya kita tidak bisa melihat kasih karunia sebagai pemberian yang tidak perlu diresponi atau tidak perlu dikerjakan lagi, sebab setelah menerima kasih karunia maka Tuhan mau supaya kita bertumbuh didalamnya.

Bertumbuh ke arah mana?. Bertumbuh ke arah pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita yaitu Tuhan Yesus Kristus.

Pengenalan akan Tuhan dengan benar itu menjadi satu hal yang tidak mudah, karena hal itu butuh proses dimana kita harus rela melepaskan apa yang menjadi kehendak kita dan keinginan hati kita, barulah kita bisa belajar untuk mengenal dan mengerti apa yang menjadi kehendak Allah.

Belajar mengerti akan kehendak Allah itu tidak bisa dipahami dengan akal pikiran kita sebagai manusia duniawi yang masih dipenuhi dengan keinginan-keinginan dunia, tetapi harus dipahami dengan pikiran Kristus yang dikenakan dalam hidup kita barulah kita bisa mengerti akan kehendak Allah.

Itulah kenapa firman Tuhan katakan di dalam, Filipi 2:4 dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga. 2:5 Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus, inilah yang Tuhan mau.

Bertumbuh Dalam Kasih Karunia

Ilustrasi : Renungan Harian – Bertumbuh Dalam Kasih Karunia | renunganhariini.com

Artinya bila kita masih memiliki pola pikir dunia yaitu hidup hanya untuk kepentingan diri sendiri, maka cara hidup seperti ini bertolak belakang dengan cara hidupnya Tuhan Yesus, itulah kenapa kita harus menaruh dan mengenakan pikiran dan perasaan Kristus dalam setiap gerak hidup kita.

Orang yang mau hidup dengan mengenakan pikiran Kristus maka ia tidak akan hidup hanya untuk kepentingan dirinya sendiri, tetapi hidupnya akan menjadi roti yang terpecah dan anggur yang tercurah bagi banyak orang, dan dari cara hidup seperti inilah orang akan melihat Kristus di dalam kita, bahkan orang akan mengenal Allah yang benar itu lewat seluruh gerak hidup kita, inilah yang disebut sebagai saksi Kristus.

Bila demikian apa yang menyebabkan sampai sekarang ini ada begitu banyak orang percaya yang sulit bertumbuh dalam kasih karunia?.

Karena yang dikenakan didalam hidupnya adalah pikiran manusia yang masih duniawi, masih takut kalau tidak bisa menikmati dunia ini dengan segala kesenangannya, padahal kita lupa bahwa sebagai anak-anak Tuhan kita tidak boleh mengasihi dunia ini dengan segala keinginannya, sebab orang yang mengasihi dunia ini dengan segala keinginannya, sama dengan menjadikan dirinya musuh Allah.

Itulah yang firman Tuhan katakan di dalam, I Yohanes 2:15 Janganlah kamu mengasihi dunia dan apa yang ada di dalamnya. Jikalau orang mengasihi dunia, maka kasih akan Bapa tidak ada di dalam orang itu. 2:16 Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.

Itulah kenapa sebagai orang percaya Tuhan mau supaya kita harus bertumbuh dalam kasih karunia, supaya kita bisa mengenal Allah dengan benar, apa yang menjadi keinginan-Nya, apa yang menjadi kehendak-Nya itu semua yang harus kita lakukan, supaya kita hidup bukan lagi diri kita sendiri tetapi Kristus yang hidup di dalam kita.

Firman Tuhan katakan di dalam, Galatia 2:20 namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.

Kalau kita hidup sama seperti Kristus hidup, itu artinya kita telah menerima kasih karunia dengan benar, sebaliknya bila kita hidup tidak sama seperti Kristus hidup artinya kita telah menolak kasih karunia Allah.

Oleh sebab itu bertumbuh dalam kasih karunia harus menjadi prioritas utama dalam hidup kita untuk pengenalan akan Tuhan dengan benar.

Jangan lupa untuk baca juga : Allah Ada Di Dalam Kita

Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

tags: ,

Related For BERTUMBUH DALAM KASIH KARUNIA