BERTUMBUH DALAM KESUCIAN TUHAN

RENUNGAN HARIAN 1170 Kali Dibaca

Renunganhariini.com: Renungan Harian – Bertumbuh Dalam Kesucian Tuhan. Shalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, renungan kita saat ini adalah; Bertumbuh Dalam Kesucian Tuhan.

Saudaraku, kita harus menyadari satu hal yang sangat penting yang harus kita capai dalam hidup ini yaitu, kita harus terus bertumbuh dalam kesucian Tuhan, hingga mencapai tingkat kesempurnaan hidup seperti yang Allah Bapa di sorga kehendaki.

Terus bertumbuh dalam kesucian Tuhan tentu merupakan suatu hal yang tidak mudah. Hal ini membutuhkan perjuangan berat. Sebab kita tidak akan mungkin bisa mencapai tingkat kesempurnaan hidup, kalau kita tidak mau berjuang untuk mencapainya.

Ada begitu banyak orang percaya yang selama ini selalu menghindar untuk bertumbuh dalam kesucian Tuhan dengan satu alasan; “Mana mungkin kita bisa menjadi sempurna seperti Allah?”. Ini adalah alasan yang selalu kita dengar. Padahal firman Tuhan katakan kita harus sempurna.

Matius 5:48 Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna.”

Kita harus berpikir dengan jujur bahwa, Allah Bapa di sorga tidak mungkin menetapkan sebuah standar hidup yang tidak bisa kita capai. Sebab kalau Allah menetapkan standar hidup yang tidak bisa dicapai, maka kita tidak perlu menerima anugerah.

Sekalipun kita menerima anugerah, tetapi kalau standar hidup yang ditetapkan Allah adalah hal yang tidak bisa dicapai, itu artinya semua manusia pasti binasa di dalam api neraka dan tidak ada yang selamat.

Saudaraku, kita harus sadarlah bahwa anugerah itu diberikan kepada semua manusia, supaya semua manusia yang mau percaya kepada Allah di dalam Tuhan Yesus Kristus tidak binasa dalam api neraka.

Yohanes 3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Persoalannya sekarang adalah, setelah menerima Anugerah, maka kita harus hidup sesuai dengan standar hidup seperti yang Allah Bapa di sorga kehendaki yaitu, hidup dalam kesucian, kekudusan, dan kebenaran Allah.

Bertumbuh Dalam Kesucian Tuhan

Renungan Harian : Bertumbuh Dalam Kesucian Tuhan | Renunganhariini.com

Kita tidak bisa menghindar dengan alasan tidak mungkin bisa menjadi sempurna sama seperti yang Allah Bapa di sorga kehendaki. Sebab kita harus jujur melihat, Tuhan Yesus bisa mencapai standar hidup kesempurnaan seperti yang Allah Bapa kehendaki.

Jangan pernah berkata bahwa; “Tuhan Yesus pasti bisa karena Dia Tuhan.” Kalau kita berkata demikian, maka itu artinya kita tidak belajar firman Tuhan dengan benar. Sebab seperti yang firman Tuhan katakan, saat di dunia Tuhan Yesus adalah manusia biasa.

Filipi 2:5 – 8

2:5 Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus,

2:6 yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan,

2:7 melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia.

2:8 Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.

Kebenaran ini membuktikan bahwa keadaan Tuhan Yesus saat berada di dunia sama dengan kita. Sebab firman Tuhan katakan, Ia mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia.

Jadi keadaan Tuhan Yesus saat itu sama dengan keadaan kita saat ini. Itu artinya kita tidak bisa berkata tidak mungkin kita bisa menjadi sempurna seperti yang Allah Bapa di sorga kehendaki.

Sebenarnya dari firman Tuhan diatas kita sudah menemukan jawaban bagaimana caranya supaya kita bisa menjadi sempurna seperti yang Allah Bapa di sorga kehendaki yaitu;

Pertama, di dalam menjalankan hidup ini, kita harus hidup mengenakan pikiran dan perasaan yang juga terdapat dalam Kristus Yesus.

Kedua, kita harus mengosongkan diri atau melepaskan diri kita dari berbagai keinginan diri dan hawa nafsu dunia yang selama ini menguasai hati dan pikiran kita.

Ketiga, kita harus terus merendahkan diri di hadapan Allah Bapa di sorga, dan hidup dalam ketaatan selama kita menumpang di dunia ini, taat sampai waktu kematian tiba.

Kalau kita mau mengenakan cara hidup seperti Tuhan Yesus ini, maka untuk bertumbuh dalam kesucian Tuhan dan mencapai kesempurnaan seperti yang Allah Bapa di sorga kehendaki bukan satu hal yang mustahil. Itulah kenapa firman Tuhan katakan;

1 Yohanes 2:6 Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup.

Mengerti akan kebenaran ini, seharunya kita tidak boleh lagi menghindar untuk bertumbuh dalam kesucian Tuhan sampai mencapai kesempurnaan seperti yang Allah Bapa di sorga kehendaki.

Persoalannya sekarang adalah, apakah kita mau untuk bertumbuh dalam kesucian Tuhan setiap hari atau tidak?.

Kalau kita mau, maka Roh Kudus akan menolong kita, memberikan kekuatan bagi kita supaya kita bisa mencapai kesempurnaan yang Allah Bapa di sorga kehendaki.

Kalau kita tidak mau, karena takut kehilangan kenikmatan hidup dunia, maka sampai mati-pun, kita tidak akan bisa bertumbuh dalam kesucian Tuhan dan mencapai kesempurnaan seperti yang Allah Bapa di sorga kehendaki.

Kiranya kebenaran ini membuat kita mengambil keputusan yang tepat dalam menjalankan hidup ini. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

Baca Juga: Masa Hidup Di Dunia Sangat Singkat

Renungan oleh Pdt.Franky Tutuhatunewa | Copyright © 2017 – Original Content | Renunganhariini.com

tags: , ,

Related For BERTUMBUH DALAM KESUCIAN TUHAN