BERTUMBUH DALAM PEMBAHARUAN PIKIRAN

RENUNGAN HARIAN 3497 Kali Dibaca

Renungan Harian Kristen – Syalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus. Bertumbuh Dalam Pembaharuan Pikiran, akan menjadi tema renungan kita saat ini. Orang percaya yang sudah mengambil keputusan untuk hidup mengenakan manusia baru, harus benar-benar berjuang untuk bertumbuh dalam pembaharuan pikiran, supaya ia benar-benar lahir baru.

Mengapa demikian?. Karena bila kita tidak bertumbuh dalam pembaharuan pikiran maka perubahan tidak akan mungkin terjadi dalam kehidupan kekristenan kita. Artinya kita hanya sampai pada titik, dimana kita memiliki pemahaman tentang manusia lama dan manusia baru tetapi kita tidak pernah mengalami pembaharuan.

Hal ini bisa terjadi pada semua orang, bahkan seorang hamba Tuhan sekali pun bisa mengalami hal semacam ini. Bila ini terjadi dalam diri seorang hamba Tuhan, maka orientasi pembicaraannya saat menyampaikan kebenaran firman Tuhan kepada jemaat, semuanya hanyalah berkaitan dengan berkat jasmani dan mujizat, dan untuk pembentukan dan pengembangan kepribadian jemaat, maka yang dibicarakan adalah moralitas umum.

Jemaat yang mendengarnya tentu bisa menjadi orang yang baik dan setia ke gereja, tetapi tidak akan pernah lahir baru. Sebab apa yang jemaat terima bukanlah kebenaran yang mendorong jemaat untuk memahami pikiran dan perasaan Kristus atau karakter Allah sebagai cermin kehidupan kekristenan.

Pada akhirnya jemaat akan memahami bahwa cermin kehidupan kekristenan itu adalah hukum moral. Jadi bila mereka akan berbicara tentang taat kepada firman Tuhan, taat kepada kehendak Tuhan dan hidup suci, maka yang dibicarakan adalah moralitas hukum torat atau moralitas umum.

Inilah yang perlu kita sadari, dimana pembaharuan pikiran itu bisa terjadi bila sebagai hamba Tuhan kita mau mengarahkan jemaat untuk mengenakan pikiran dan perasaan Kristus. Kalau hal ini tidak dilakukan maka sejatinya ini bukan kekristenan yang Allah kehendaki. Kekristenan yang Allah kehendaki adalah pembaharuan pikiran sehingga orang percaya bisa mengenal kehendak Allah, apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Bertumbuh Dalam Pembaharuan Pikiran

Renungan Harian Kristen : Bertumbuh Dalam Pembaharuan Pikiran | renunganhariini.com

Roma 12:2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Ciri dari pembaharuan pikiran yang terjadi dalam diri setiap orang percaya adalah, ketika kita bertumbuh terus melalui pembaharuan pikiran, maka kita akan menemukan kepribadian yang baru atau ada sosok yang baru dalam hidup kita, dan itu akan tercermin dari sikap, perkataan, perbuatan, dan semua hal yang kita lakukan akan nampak berbeda, sehingga kita akan melihat dan merasakan dengan jelas perbedaan antara sosok manusia lama kita dan manusia baru kita saat mulai mengenakan pikiran dan perasaan Kristus.

Itulah kenapa saya sering mengatakan bahwa mengikut Krisus itu perlu perjuangan, karena untuk melepaskan diri dari keterikatan dengan manusia lama itu tidak mudah, dan tidak dapat dilakukan dalam waktu yang singkat. Tetapi tidak ada pilihan lain bila kita mau benar-benar menjadi orang percaya yang berkenan kepada Allah maka pilihannya hanya satu yaitu harus mengenakan pikiran dan perasaan Kristus.

Dampaknya bila kita tidak bersedia untuk mengenakan pikiran dan perasaan Kristus dalam hidup kita adalah, kita tidak mungkin bisa menjadi anak-anak Allah yang berkenan.

Lukas 14:33 Demikian pulalah tiap-tiap orang di antara kamu, yang tidak melepaskan dirinya dari segala miliknya, tidak dapat menjadi murid-Ku.

Jadi kita harus mau untuk melepaskan diri dari segala keterikatan kita dengan kehidupan manusia lama kita, barulah kita bisa menjadi murid Tuhan, dan masuk dalam didikan Tuhan, belajar mengenakan pikiran dan dan perasaan Tuhan sepanjang hari-hari hidup kita, barulah kita bisa bertumbuh mengalami pembaharuan pikiran.

Untuk bisa terus bertumbuh dalam pembaharuan pikiran, maka ada harga yang harus dibayar, ada salib yang harus kita pikul, dan ini merupakan perjuangan panjang yang harus kita lalui sebagai orang percaya.

Matius 10:38 Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak layak bagi-Ku.

Sesungguhnya bukan saja harus memikul salib, tetapi juga harus rela kehilanngan nyawa, dan ini prinsip kekristenan yang benar.

Matius 10:39 Barangsiapa mempertahankan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, dan barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya.

Jadi bertumbuh dalam pembaharuan pikiran saat kita mengenakan pikiran dan perasaan Kristus akan membuat kita berbeda dari dunia ini, dan itulah yang Allah Bapa di Sorga kehendaki, sebab orientasi berpikir kita sudah tidak lagi tertuju kepada dunia ini dengan segala kesenangannya, akan tetapi yang kita pikirkan adalah dunia yang berbeda yaitu Langit Baru dan Bumi Baru.

Jangan lupa untuk membaca juga : Manusia Lama Dan Manusia Baru

Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

tags: ,

Related For BERTUMBUH DALAM PEMBAHARUAN PIKIRAN