BERTUMBUH SESUAI KEHENDAK BAPA

RENUNGAN HARIAN 1393 Kali Dibaca

Renungan Harian KristenBertumbuh Sesuai Kehendak Bapa. Syalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus. Tema renungan kita hari ini adalah “Bertumbuh Sesuai Kehendak Bapa”.

Seringkali kita menjalankan hidup kekristenan ini hanya sebagai sebuah rutinitas biasa, dan hal ini terus terjadi selama bertahun-tahun, bahkan sudah puluhan tahun kita tetap menjalankan gaya hidup kekristenan kita ini dengan rutinitas yang sama, dan kita tidak pernah menyadari bahwa hidup kekristenan kita sebenarnya tidak pernah mengalami pertumbuhan.

Tentu pertumbuhan yang yang dimaksudkan disini adalah pertumbuhan pengenalan akan Tuhan dengan benar, itulah kenapa sebagai orang percaya kita harus bertumbuh sesuai kehendak Bapa. Maksudnya supaya kita bisa mengerti apa yang menjadi kehendak Tuhan dalam kehidupan kita sebagai orang percaya.

Kalau selama ini kita menjalankan kehidupan kekristenan kita hanya sebagai sebuah rutinitas biasa dimana yang penting hari minggu tetap pergi ke gereja tanpa pernah memikirkan bahwa Tuhan sebenarnya memiliki rencana yang indah dalam hidup kita, maka kita tidak akan pernah bertumbuh.

Apa rencana Tuhan itu?. RencanaNya adalah supaya lewat hidup kita banyak orang bisa mengenal Tuhan, karena orang yang tidak mengenal Tuhan hidupnya akan binasa didalam kekekalan, dan Tuhan tidak ingin hal ini terjadi. Oleh sebab itu sebagai orang percaya, kita harus bisa memiliki compassion (belas kasihan) sebagai orang yang percaya kepada Allah di dalam Tuhan Yesus Kristus. Juga supaya lewat hidup kita banyak orang yang selama ini hidup dalam dosa bisa kembali kepada Tuhan, lewat hidup kita banyak orang bisa melihat pertolongan Tuhan, bahkan lewat hidup kita banyak orang bisa memuliakan Tuhan, ini semua seringkali kita tidak pernah pikirkan, dan ini juga yang pada akhirnya membuat kita tidak pernah bertumbuh sesuai kehendak Bapa di sorga.

Pertanyaannya mengapa kita sama sekali tidak pernah memikirkan hal ini?.

Jawabannya sederhana, karena selama ini kita menjalankan hidup kekristenan kita, hanya sebagai orang yang beragama kristen dan bukan sebagai pengikut Kristus. Kok bisa? Mengapa demikian?.

Bertumbuh Sesuai Kehendak Bapa

Ilustrasi : Renungan Harian | Bertumbuh Sesuai Kehendak Bapa | renunganhariini.com

Mari kita memikirkan hal ini dengan pikiran yang jernih, Kita beragama kristen karena kita lahir dari keluarga kristen sebab orang tua kita kristen, dan saat kita lahirpun kita tidak bisa memilih mau dilahirkan dari orang tua yang beragama kristen atau non kristen. Itulah yang membuat sejak lahir kita secara otomatis menjadi seorang kristen, tetapi belum dapat dikatakan sebagai pengikut Kristus.

Seiring dengan berjalannya waktu kita perlu menyadari bahwa kristen itu bukan hanya sekedar beragama, tetapi kristen yang benar itu adalah menjadi pengikut Kristus. Lalu apa yang harus di ikuti dari Kristus ?.

Firman Tuhan katakan didalam, Filipi 2:5 Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus,

Ini yang menjadi landasan utama bila kita mau menjadi pengikut Kristus, dimana kita harus mengenakan pikiran dan perasaan yang terdapat di dalam Kristus.

Orang yang mengenakan pikiran Kristus akan terlihat dari cara hidupnya, dimana ia tidak pernah mementingkan dirinya sendiri, tetapi ia akan berpikir supaya hidupnya bisa menjadi anggur yang tercurah dan roti yang terpecah bagi banyak orang.

Orang yang mau mengenakan pikiran Kristus dalam hidupnya maka secara otomatis ia juga akan memiliki perasaan Kristus, yaitu hati yang penuh dengan belas kasihan. Dan hati yang penuh belas kasihan inilah yang menjadi landasan kekristenan yang benar, sebab Tuhan Yesus telah melakukan itu dalam setiap pelayanannya, dimana landasannya adalah kasih.

Inilah yang sesuai dengan apa yang Tuhan Yesus katakan di dalam Matius 22:37 Jawab Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. 22:38 Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. 22:39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

Menyadari akan hal ini seharusnya membuat kita semakin terpacu untuk memaksa diri kita bertumbuh didalam pengenalan akan Tuhan dengan benar, berusaha terus belajar untuk mengerti akan kehendak Tuhan, memahami apa yang menjadi keinginan Tuhan, isi hati Tuhan, supaya kita bisa hidup dan bertumbuh sesuai kehendak Bapa di sorga.

Pertumbuhan hidup kekristenan kita yang sesuai kehendak Bapa itulah yang dinamakan hidup menyukakan dan menyenangkan hati Bapa di sorga. Oleh sebab itu sebagai orang percaya, saat ini kita perlu menyadari bahwa apabila hidup kekristenan kita hanya kita jalani sebagai sebuah rutinitas orang yang beragama maka sia-sialah kekristenan kita, sebab kristen berarti harus menjadi pengikut Kristus.

Kalau kita tidak bisa menjadi pengikut Kristus, pada akhirnya kita juga tidak bisa tinggal bersama-sama dengan Kristus didalam kerajaanNya, karena orang yang dilayakkan masuk KerajaanNya adalah orang yang hidup mulai saat ini sama seperti Kristus hidup.

Oleh sebab itu kenakanlah pikiran dan perasaan Kristus, supaya kita bisa bertumbuh sesuai kehendak Bapa di sorga.

Jangan lupa untuk baca juga renungan : Kiamat Sudah Dekat

Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin. Renungan Harian Kristen.

tags: ,

Related For BERTUMBUH SESUAI KEHENDAK BAPA