DAMPAK SEBUAH PILIHAN

RENUNGAN HARIAN 1961 Kali Dibaca

Renungan hari ini 29 Desember 2013 adalah “DAMPAK SEBUAH PILIHAN”. Baiklah sebelum membaca renungan ini kita mau berdoa bersama-sama.

Doa: Bapa didalam nama Tuhan Yesus Kristus saat kami membaca renungan ini ya Tuhan, ajar kami mengerti akan kebenaranMu, supaya kami boleh mengerti apa dampak dari pada sebuah pilihan, yang kami pilih selama kami hidup di dunia ini. Tuhan tolong kami, dalam kuasa pengurapan Roh Kudus kami mau duduk diam dan belajar mengerti akan kebenaranMu, Dalam nama Tuhan Ysus kami berdoa, Haleluya. Amin.

Dalam perjalanan kehidupan manusia selalu ada pada dua pilihan yang berlawanan. Bagi  orang yang memilih hidup melakukan segala sesuatu yang baik, berarti ia akan menjauhi segala sesuatu yang tidak baik atau yang jahat, bagi orang yang memilih hidup benar itu karena ia ingin menjauhi perbuatan-perbuatan yang tidak benar, orang yang memilih hidup dalam terang Tuhan akan menjauhi kehidupan dunia yang penuh dengan kegelapan, dan banyak hal lainnya.

Pilihan setiap orang atau manusia pada umumnya akan selalu memiliki dampak yang bisa mempengaruhi seluruh gerak hidupnya baik hidup yang ia jalani saat ini maupun dikehidupan yang akan datang dalam kekekalan. Hal inilah yang perlu dipersoalkan secara serius oleh setiap manusia termasuk didalamnya setiap orang percaya, sebab dampak dari sebuah pilihan selalu memiliki nilai yang berbeda. Ada pilihan yang memberi dampak secara nyata dalam kehidupan didunia ini, tetapi ada juga pilihan yang dampaknya baru dirasakan setelah berada dibalik kematian.

Pilahan yang berdampak setelah berada dibalik kematian iniliah yang harus kita persoalkan dengan serius mulai sekarang selama kita berada didunia ini, sebab setiap manusia pada umumnya termasuk setiap kita sebagai orang percaya akan menghadapi dua realitas kehidupan menyangkut kehidupan di kekekalan nanti yaitu, apakah seseorang akan menikmati kehidupan kekal dalam kerajaan Bapa di Sorga, atau kehidupan kekal didalam neraka. Setiap manusia tidak dapat menghindari hal ini yaitu semua manusia akan masuk dalam pengadilan Kristus, seperti apa yang dikatakan dalam 2 Korintus 5:10 Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Kristus, supaya setiap orang memperoleh apa yang patut diterimanya, sesuai dengan yang dilakukannya dalam hidupnya ini, baik ataupun jahat.

Dikatakan, “kita semua harus menghadap takhta pengadilan Kristus”. Sebagai orang percaya kita harus melihat pengertian kalimat ini dengan hati nurani yang jujur. Kalimat “kita semua harus menghadap”, menunjukan kepada kita bahwa tidak ada seorangpun yang tidak harus menghadap atau tidak perlu diadili atau bisa otomatis lolos dari pengadilan ini, karena kalimat ini tidak menunjukan hanya orang tertentu saja yang harus menghadap. Kecuali kalau kalimatnya berbunyi “dia harus menghadap” atau “orang yang tidak percaya kepada Kristus harus menghadap” kalau kalimatnya demikian tentu bisa menunjukan hanya orang tertentu saja yang harus menghadap takhta pengadilan Kristus, tetapi dikatakan “kita semua harus menghadap” artinya semua manusia termasuk orang percaya atau orang kristen harus menghadap.

Kalau di dunia ini ada orang-orang yang sering dikatakan memiliki kekebalan hukum artinya sekalipun ia bersalah ia masih bisa terhindar dari jerat hukum, Hal ini sangat jauh berbeda dengan keadaan pada saat berada di pengadilan Kristus, tidak ada seorangpun yang memiliki kekebalan hukum, semua manusia termasuk orang percaya harus menghadap pengadilan, dan Kristus akan menghakimi dengan penuh keadilan, sebab Ia tidak dapat menyangkal hakekatnya sebagai Allah yang adil yang akan menghakimi tanpa memandang muka, seperti yang dikatakan Firman Tuhan dalam 1 Petrus 1:17 Dan jika kamu menyebut-Nya Bapa, yaitu Dia yang tanpa memandang muka menghakimi semua orang menurut perbuatannya, maka hendaklah kamu hidup dalam ketakutan selama kamu menumpang di dunia ini. Jadi jelas bahwa Kristus akan menghakimi tanpa memandang muka.

Lalu kita lihat lagi kalimat selanjutnya dari (2Korintus 5:10) yaitu “takhta pengadilan Kristus”. Pertanyaannya sekarang, kenapa dikatakan, takhta pengadilan Kristus ?. Karena Kristuslah yang telah menjadi pembuktian kebenaran bahwa semua manusia bisa hidup berkenan dihadapan Bapa di Sorga bila semua manusia mau untuk mengenakan cara hidup yang sama seperti yang telah Ia tunjukan selama Ia berada di dunia ini. Sebab saat Ia datang ke dunia Ia hidup sebagai manusia biasa dan bukan sebagai Allah yang berkuasa. Ia datang membawa contoh cara hidup yang berkenan dihadapan Allah Bapa di Sorga, dan cara hidup seperti Kristus inilah satu-satunya cara hidup yang bisa menyelamatkan semua manusia dari kebinasaan kekal, disaat manusia mau memilih mengenakan cara hidup Kristus selama ia menumpang didunia ini. Jadi saat berada dipengadilan Kristus, setiap manusia termasuk orang percaya yang didapatkan tidak  hidup sama seperti Kristus maka secara otomatis ia tidak berkenan dihadapan Bapa di Sorga, sebab standar berkenan dihadapan Bapa di Sorga adalah standar hidup yang sama seperti Kristus telah hidup.

Kalau saja Kristus tidak datang ke dunia untuk menunjukan sebuah cara hidup yang berkenan dihadapan Allah Bapa di Sorga, maka semua manusia pasti akan binasa karena dosa, akibat dari dosa manusia pertama yang memilih memberontak kepada Allah dengan cara mengikuti apa kata iblis, padahal iblis dan malaikat-malaikat pengikutnya dibuang ke dunia ini karena memberontak kepada Allah.

Kedatangan Kristus kedunia ini jelas menjadi bagian dari rencana Allah untuk membawa manusia masuk kedalam keselamatan, yaitu Allah mau untuk mengembalikan manusia kepada rancanganNya semula, supaya dimana Allah berada disitu manusia ciptaanNya juga berada, sebab Allah yang penuh dengan belas kasihan tidak ingin ada manusia ciptaanNya yang binasa akibat dosa.

Itulah tujuan dari Kristus datang ke dunia ini, untuk menunjukan sebuah gaya hidup bagaimana caranya seseorang bisa hidup benar dan berkenan dihadapan Bapa di Sorga, dan inilah yang memberi pilihan kepada setiap manusia dan semua orang percaya, apakah mau hidup sama seperti Kristus hidup atau hidup  menurut dunia yang ada dalam penguasaan iblis, sebab Allah tidak akan pernah mengintervensi untuk membatasi kehendak bebas manusia.

Bagi sebagian orang yang sudah terlanjur terikat dengan dunia akan berkata “mustahil bisa hidup seperti Kristus Hidup” tetapi sekali lagi perlu di ingat bahwa, saat Ia datang kedunia ini Ia hidup sebagai manusia biasa seperti yang Firman Tuhan katakan dalam Filipi 2:7 melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. 2:8 Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib. Contoh gaya hidup Kristus inilah yang harus dimiliki oleh semua manusia yang mau memilih untuk mau masuk dalam keselamatan kekal. Dari ayat ini kita bisa menemukan dua cara yang bisa memampukan kita untuk hidup sama seperti Kristus hidup yaitu:

  1. Harus merendahkan diri dihadapan Allah sama seperti Kristus yang merendahkan diriNya dihadapan Bapa di Sorga.
  2. Harus hidup dalam ketaatan, sama seperti Kristus yang taat kepada Bapa di Sorga, bahkan taat sampai mati.

Saat menghadap takhta pengadilan Kristus ini adalah, saat dimana setiap manusia termasuk kita sebagai orang percaya akan menerima dampak dari apa yang sudah kita lakukan selama kita masih hidup di dunia ini. Dan itu yang Firman Tuhan katakan selanjutnya dalam (2Korintus 5:10) supaya setiap orang memperoleh apa yang patut diterimanya, sesuai dengan yang dilakukannya dalam hidupnya ini, baik ataupun jahat. Jadi ingat, yang dikatakan disini adalah setiap orang, bukan hanya seorang atau orang-orang tertentu saja. Itulah sebabnya mengapa saya sering mengatakan bahwa mulai saat ini kita harus mengamati dengan benar seluruh gerak hidup yang kita jalani, kita harus berani untuk mencurigai setiap perbuatan kita apakah ini sudah sesuai dengan kehendak Allah atau belum.

Ingat pesan ini:

  1. Allah itu adil, jadi setiap orang yang bersalah pasti akan menerima hukuman.
  2. Tidak cara lain untuk masuk dalam keselamatan selain mengikuti cara hidup Kristus.

Bila engkau diberkati dengan kebenaran ini maka berikanlah link renungan ini kepada semua orang yang engkau kasihi. renunganhariini.com

Tuhan Yesus memberkati kita semua.

tags: , , , ,

Related For DAMPAK SEBUAH PILIHAN