DIBAHARUI

RENUNGAN HARIAN 1483 Kali Dibaca

Renungan harian hari ini 2 Januari 2014 adalah “Dibaharui”. Baiklah sebelum membaca renungan ini mari kita berdoa terlebih dahulu.

Doa: Bapa didalam nama Tuhan Yesus Kristus, saat kami membaca renungan ini, berikanlah kami mengerti akan kebenaranMu, supaya oleh kebenaranMu, kami terus dibaharui dari sehari ke sehari sehingga kami dimampukan untuk menjadi sempurna seperti yang Engkau kehendaki. Didalam nama Tuhan Yesus Kristus kami berdoa, haleluya, Amin.

Satu hal yang harus kita sadari adalah kehidupan kita yang lama selalu dipenuhi dengan hawa nafsu yang akan menemui kebinasaan, oleh sebab itu kita harus menanggalkan manusia yang lama dan hidup didalam kekudusan Allah atau hidup dengan mengenakan manusia baru. Itulah sebabnya pada renungan kemarin kita sudah belajar kenapa Tuhan mau supaya kita harus lebih bersungguh-sungguh untuk mengerjar kekudusan karena tanpa kekudusan tidak seorangpun melihat Allah.

Bila kita hidup sebagai orang percaya atau orang kristen dan masih hidup dengan mengenakan manusia lama yang penuh dengan hawa nafsu, padahal kita tahu benar bahwa kehidupan yang penuh dengan hawa nafsu dunia ini akan mengantarkan kita kepada kebinasaan tetapi kita tidak mau berubah, maka kita hanya hidup sebagai orang percaya yang ber-Tuhan tetapi sesungguhnya kita telah menjadi murtad, artinya kita sudah tidak bisa menerima akan kebenaran Tuhan dengan pikiran dan akal sehat.

Firman Tuhan katakan dalam Efesus 4:17 Sebab itu kukatakan dan kutegaskan ini kepadamu di dalam Tuhan: Jangan hidup lagi sama seperti orang-orang yang tidak mengenal Allah dengan pikirannya yang sia-sia 4:18 dan pengertiannya yang gelap, jauh dari hidup persekutuan dengan Allah, karena kebodohan yang ada di dalam mereka dan karena kedegilan hati mereka. 4:19 Perasaan mereka telah tumpul, sehingga mereka menyerahkan diri kepada hawa nafsu dan mengerjakan dengan serakah segala macam kecemaran.

Itulah mengapa kita harus hidup dalam kekudusan Allah, karena kalau kita tidak mau berubah maka kita tidak akan bisa dibaharui, kita akan dibaharui oleh kebenaran Allah kalau kita mengambil keputusan untuk berubah, dan kalau tidak mau berubah maka Firman Tuhan katakan kita hidup sama dengan orang-orang yang tidak mengenal Allah dengan pikiran yang sia-sia, dan ini merupakan kebodohan besar.

Kehidupan seperti ini tidak boleh dimiliki oleh setiap orang percaya atau oleh setiap anak-anak Tuhan, kenapa ?. Karena kita sudah belajar mengenal Kristus. Orang yang mengakui bahwa ia percaya Kristus atau mengenal Kristus, berarti harus memiliki cara hidup seperti Kristus, karena kalau tidak memiliki cara hidup seperti Kristus berarti kita belum mengenal Kristus.

Itulah sebabnya kenapa Tuhan mau supaya kita harus menanggalkan manusia lama dan mengenakan manusia baru dalam seluruh gerak hidup kita. Firman Tuhan katakan dalam Efesus 4:20 Tetapi kamu bukan demikian. Kamu telah belajar mengenal Kristus. 4:21 Karena kamu telah mendengar tentang Dia dan menerima pengajaran di dalam Dia menurut kebenaran yang nyata dalam Yesus, 4:22 yaitu bahwa kamu, berhubung dengan kehidupan kamu yang dahulu, harus menanggalkan manusia lama, yang menemui kebinasaannya oleh nafsunya yang menyesatkan, 4:23 supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu, 4:24 dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya.

Ingat, kita bukanlah orang-orang yang belum mengenal Kristus tetapi sebaliknya kita sudah mengenal Dia bahkan kita mengaku percaya kepada Kristus, jika demikian keadaannya maka kita tidak punya pilihan lain selain harus menanggalkan manusia lama. Sudah berulangkali saya katakan bahwa percaya kepada Kristus berarti harus mengikuti cara hidup Kristus, karena cara hidup Kristus adalah kebenaran yang berkenan dihadapan Bapa di Sorga.

Dengan menanggalkan manusia lama yang penuh dengan hawa nafsu yang akan menemui kebinasaan, dan terus belajar akan kebenaran Kristus maka kita akan dibaharui bukan saja didalam roh tetapi juga didalam segala gerak pikiran kita yang tadinya penuh dengan pengertian yang gelap karena kebodohan dan kedegilan hati kita akan kembali diterangi oleh kebenaran Kristus yang membuat kita menjadi baru, dan semakin hari kita akan terus dibaharui menurut kehendak Allah dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya.

Mengapa setiap orang percaya harus terus menerus dibaharui dari sehari ke sehari ?. Karena sesungguhnya target utama atau gol yang harus dicapai oleh setiap orang percaya, atau oleh setiap anak-anak Tuhan adalah sempurna sama seperti Bapa di Sorga. Kalau kita tidak berjuang untuk menjadi sempurna sama seperti Bapa di Sorga maka kita tidak bisa menjadi anak-anak Tuhan.

Itulah sebabnya kenapa saya tidak pernah berhenti untuk terus mengingatkan bahwa kekristenan itu bukan sesuatu yang mudah untuk dijalani, kekristenan itu bukan hanya berbicara tentang berkat-berkat Allah yang penuh dengan kasih, yang penuh dengan kuasa dan mujizat, tetapi kekristenan yang sesungguhya adalah bagaimana setiap kita harus masuk dalam perlombaan yang diwajibkan, berjuang untuk membayar harga demi mencapai kesempurnaan Kristus dan hal inilah yang Bapa di Sorga kehendaki.

Kalau ditanya lagi, seberapa lama kita harus berjuang ?. perjuangan yang diperlukan adalah selama kita masih hidup didunia ini, artinya perjuangan itu membutuhkan waktu tujuh puluh sampai delapan puluh tahun umur hidup kita, kalau Tuhan izinkan kita mencapai umur tersebut, artinya selama kita masih menghirup nafas hidup ini perjuangan itu belum selesai. Dan perjuangan itu baru berakhir bila kita sudah dipanggil kembali kepada Bapa di Sorga. Itulah sebabnya kenapa Paulus katakan didalam 2 Korintus 4:16 Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari. 4:17 Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini, mengerjakan bagi kami kemuliaan kekal yang melebihi segala-galanya, jauh lebih besar dari pada penderitaan kami.

Jadi hidup kekristenan yang dibaharui bukan berarti lalu hidup dalam kenyamanan hidup, tetapi hidup kekristenan yang dibaharui adalah komitmen yang kita buat untuk masuk dan turut mengambil bagian dalam penderitaan Kristus, barulah kita bisa mengerti arti pengorbanan Kristus yang telah mengerjakan kepada kita sebagai orang percaya akan pengharapan didalam Dia untuk menerima keselamatan dan kemuliaan dalam kehidupan kekal.

Kalau selama ini engkau menerima pengajaran bahwa dibaharui didalam Kristus akan membawamu untuk menikmati berkat-berkat Tuhan selama engkau ada di dunia ini, untuk menikmati berkat bangsa-bangsa, ingat pengajaran seperti itu akan memberi penyesatan terselubung dan berpotensi untuk menyeret hidupmu kedalam kebinasaan, sebab Kristus tidak pernah mengajarkan kita untuk menikmati dunia ini apalagi bersahabat dengan dunia ini, dan Firman Tuhan katakan persahabatan dengan dunia adalah permusuhan dengan Allah. Yakobus 4:4 Hai kamu, orang-orang yang tidak setia! Tidakkah kamu tahu, bahwa persahabatan dengan dunia adalah permusuhan dengan Allah? Jadi barangsiapa hendak menjadi sahabat dunia ini, ia menjadikan dirinya musuh Allah. Berkat-berkat Allah selalu tersedia bagi orang-orang yang mengasihi Dia, tetapi bukan di dunia ini melainkan didalam Kerajaan Sorga.

Ingat pesan ini:

  1. Orang yang mau dibaharui harus menanggalkan manusia lama dan mengenakan manusia baru dan hidup sama seperti Kristus.
  2. Dibaharui bukan berarti untuk menikmati berkat-berkat Allah di dunia ini, tetapi supaya kita bisa turut mengambil bagian dalam penderitaan Kristus.
  3. Dibaharui supaya kita bisa berjuang untuk menjadi sempurna sama seperti Bapa di Sorga yang adalah sempurna.

Bila engkau diberkati dengan renungan ini, maka berikanlah link renungan ini kepada semua orang yang engkau kasihi. renunganhariini.com

Tuhan Yesus memberkati kita semua.

tags: , , , ,

Related For DIBAHARUI