DIBENTUK UNTUK MENJADI SEMPURNA

RENUNGAN HARIAN 2919 Kali Dibaca

Renungan Harian Kristen – Jumat 13 Maret 2015. Dibentuk Untuk Menjadi Sempurna.

Syalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus. Dibentuk Untuk Menjadi Sempurna menjadi tema renungan kita hari ini. Kalau kita sekarang mengerti bahwa sebagai orang yang sudah dibenarkan, maka sekarang kita memiliki tanggung jawab untuk tetap hidup sebagai orang benar, dimana kita harus terus tinggal dalam kebenaran Allah sampai Tuhan datang, itu berarti kita juga harus menyadari bahwa sisa masa hidup yang akan kita lalui ini adalah masa dimana kita akan terus dibentuk untuk menjadi sempurna sama seperti Bapa di sorga yang adalah sempurna. (Matius 5:48)

Terkadang didalam proses pembentukan itu ada banyak hal yang Tuhan bisa izinkan itu terjadi dalam Hidup kita dan mungkin berbagai persoalan yang harus kita hadapi itu rasanya sangat menyakitkan, tetapi sebagai orang percaya kita harus tetap sadar bahwa semua yang kita hadapi itu tidak akan melebihi kekuatan kita.

Firman Tuhan katakan di dalam I Korintus 10:13 Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

Disinilah kita dituntut untuk tetap pegang janji firman Tuhan bahwa Allah itu setia, Allah itu adil, Allah itu tidak pernah meninggalkan perbuatan tanganNya, dan orang benar tidak akan ditinggalkan selama-lamanya.

Firman Tuhan katakan di dalam Mazmur 34:16 Mata TUHAN tertuju kepada orang-orang benar, dan telinga-Nya kepada teriak mereka minta tolong;

Jadi selama kita mempertahankan keteguhan hati kita untuk terus hidup dalam kebenaran Allah, maka kita akan tetap melihat penyertaanNya setiap hari dalam seluruh gerak kehidupan ini, kita tahu dan percaya Dia ada bersama-sama kita dan tidak pernah meninggalkan kita, bahkan mataNya terus tertuju kepada kita, telinga-Nya mendengar teriakan kita meminta pertolongan-Nya, asal saja kita tetap tinggal dalam kebenaranNya.

Dibentuk Untuk Menjadi Sempurna

Ilustrasi : Renungan Harian Kristen – Dibentuk Untuk Menjadi Sempurna | renunganhariini.com

Ada tantangan yang harus kita hadapi, ada persoalan hidup yang rasanya begitu sakit, tetapi bila kita menghadapi itu semua tetaplah berpikir bahwa “saat ini Allah sedang membentuk hidupku supaya ku bisa menjadi pribadi seperti yang Bapa kehendaki yaitu menjadi pribadi sama seperti Kristus”. Kalau prinsip hidup seperti ini yang kita pegang maka kita akan tetap kuat dalam mengiring Tuhan.

Ingat sebagai orang benar, kita tidak lagi mencari kesenangan diri. Orang benar tidak akan lagi memikirkan harus menikmati dunia ini dengan segala kesenangannya. Sebab tujuan hidup orang benar itu sudah pasti yaitu ingin menikmati langit baru dan bumi baru dimana di sana tidak ada lagi penderitaan, tangis dan air mata, tetapi yang ada hanyalah menikmati sukacita Allah, dan tinggal dalam kemuliaanNya sampai selama-lamanya.

Jadi kalau saat ini kita harus menghadapi banyak persoalan hidup dan semuanya itu merupakan bagian dari pembentukan karakter kita supaya menjadi sempurna, maka kita tidak perlu bersungut-sungut, apalagi sampai berpikir “mengapa Tuhan ijinkan ini semua terjadi dalam hidupku?” tetaplah ingat bahwa, penderitaan yang kita hadapi belum sampai membuat kita mencucurkan darah sama seperti Kristus menderita untuk kita. Kalau ini yang kita ingat, kalau ini yang terus kita pikirkan, maka pasti ada kekuatan baru yang kita dapatkan untuk melewati semuanya itu.

Tuhan tidak akan membentuk orang-orang yang hanya mau mencari kesenangan diri sendiri sama seperti orang dunia pada umumnya, tetapi Ia akan membentuk orang-orang yang hidupnya takut akan Dia.

Itulah kenapa firman Tuhan katakan di dalam Roma 8:28 Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

Jadi orang yang dibenarkan dan mau terus hidup dalam kebenaran Allah, maka Allah akan membentuknya menjadi pribadi yang cemerlang, supaya selama ia hidup di dunia ini, hidupnya hanya untuk hormat kemuliaan nama Bapa di Sorga, tetapi semuanya itu akan terbayarkan disaat Tuhan datang, maka orang-orang seperti inilah yang dilayakkan untuk masuk kedalam Kerajaan Bapa di Sorga.

Kiranya kebenaran ini membuka mata hati dan pikiran kita, supaya kita semakin mengerti akan kehendak Allah selama kita hidup di dunia ini, dimana kita akan terus sadar bahwa kita sedang dibentuk untuk menjadi sempurna.

Jangan lupa untuk membaca juga : Hidup Sebagai Orang Benar

Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

tags: , ,

Related For DIBENTUK UNTUK MENJADI SEMPURNA