DIDIKAN TUHAN

RENUNGAN HARIAN 2810 Kali Dibaca

Renungan hari ini 3 Desember 2013 adalah, Didikan Tuhan. Sahabat renungan hari ini yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus, didalam perjalanan kehidupan setiap manusia pasti seorang anak selalu melewati sebuah proses yang dinamakan didikan mulai dari sejak kecil sampai pada saat anak tersebut dianggap sudah bisa mandiri, dan ia akan lepas dari tanggung jawab orang tua saat anak itu sudah berumah tangga. Proses didikan ini akan membuat seorang anak mengerti dengan benar menjalani cara hidup sebagai seorang manusia dengan kepribadian seperti yang diinginkan orang tuanya, dan tentu orang tuanya menginginkan anak tersebut memiliki kepintaran dan kecerdasan, memiliki sopan santun, serta bisa sukses didalam berkarier.

Kalau seorang anak pasti menerima didikan dari orang tuanya yang didunia ini, maka setiap orang percaya yang mengaku anak-anak Allah juga harus menerima didikan Tuhan, supaya ia bisa hidup sesuai dengan aturan Tuhan dan kehendak Tuhan.

Persoalannya seringkali ada begitu banyak orang percaya atau anak-anak Tuhan yang tidak mau menerima didikan Tuhan, sebab mereka lebih suka menerima didikan dunia yang sebenarnya akan membawa mereka kedalam kegelapan abadi, dan orang yang sudah terlanjur dididik oleh dunia dengan cara yang salah, maka akan sulit baginya untuk melepaskan diri dari semua kebiasaan buruk yang tidak sesuai dengan aturan Tuhan.

Didikan dari dunia lewat pergaulan hidup akan membuat seseorang lebih mencintai dunia dengan segala keinginannya, karena dididikan dunia itu selalu berdampak langsung dalam kehidupan setiap orang secara nyata, seperti gaya hidup dengan segala fasilitas yang dianggap bisa meningkatkan jati diri seseorang menjadi terpandang, terhormat, dan bisa lebih dihargai oleh orang lain, ini semua adalah tipu daya iblis yang ingin menyeret anak-anak Tuhan kedalam kebinasaan.

Firman Tuhan katakan dalam Amsal 3:11 Hai anakku, janganlah engkau menolak didikan TUHAN, dan janganlah engkau bosan akan peringatan-Nya.

Kebenaran ini harus membuat kita semakin menyadari, apakah selama ini kita telah menerima didikan Tuhan sesuai kebenaran-Nya atau kita lebih sering menolak didikan-Nya. Menerima didikan Tuhan artinya kita mau mengenakan kebenaran firman Tuhan dalam seluruh hidup kita. Sebaliknya menolak didikan Tuhan artinya kita lebih mengikuti keinginan hati kita untuk menikmati kesenangan dunia ini dengan segala tawaran-Nya. Kita membiarkan hati kita terpikat dengan keindahan dunia ini, sehingga kita semakin mengasihi dunia dan apa yang ada di dalamnya, padahal Firman Tuhan sudah jelas mengingatkan kita untuk tidak mengasihi dunia.

Firman Tuhan katakan dalam I Yohanes 2 : 15 Janganlah kamu mengasihi dunia dan apa yang ada di dalamnya. Jikalau orang mengasihi dunia, maka kasih akan Bapa tidak ada di dalam orang itu. 2:16 Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.

Kebenaran ini merupakan bagian dari didikan Tuhan yang mengajarkan setiap anak-anak Tuhan untuk tidak lagi mengasihi dunia ini, sama seperti orang tua yang didunia ini seringkali mengingatkan anak-anaknya untuk tidak bergaul dengan orang-orang yang berperilaku buruk karena orang tua menginginkan anak-anaknya menjadi orang yang baik.

Kalau orang tua didunia mau supaya anak-anaknya memiliki kepribadian yang baik, maka terlebih lagi Tuhan yang ingin supaya setiap orang percaya memiliki pribadi yang sama seperti Kristus, dengan tujuan yang mulia yaitu jangan sampai setiap orang percaya masuk dalam kebinasaan kekal. Yang menjadi persoalan adalah seringkali ada begitu banyak orang percaya menganggap enteng didikan Tuhan, artinya kebenaran firman Tuhan yang seharusnya dikenakan dalam hidup setiap orang percaya  ditanggalkan atau lepaskan dan begitu banyak orang percaya yang lebih memilih untuk mengenakan gaya hidup dunia dalam kehidupan mereka.

Saat saudara membaca renungan ini atau mendengar renungan ini, lalu menyadari ternyata cara hidupmu masih mengikuti keinginan dunia, maka ambillah keputusan saat ini juga untuk meninggalkan semua cara hidupmu yang salah, lalu mulailah masuk dalam didikan Tuhan dengan cara terus-menerus belajar firman Tuhan dan mengenakan dan melakukan Firman tersebut dalam hidupmu.

Setiap orang percaya tidak mau melepaskan dirinya dari didikan dunia dan masuk dalam didikan Tuhan maka sesungguhnya ia sudah berada dalam zona yang berbahaya dan bila sudah terlanjur terikat dengan dunia maka akhir hidupnya akan binasa.

Firman Tuhan katakan dalam, Ibrani 12:5 Dan sudah lupakah kamu akan nasihat yang berbicara kepada kamu seperti kepada anak-anak: “Hai anakku, janganlah anggap enteng didikan Tuhan, dan janganlah putus asa apabila engkau diperingatkan-Nya.

Ingatlah pesan ini :

  1. Sebelum terlambat berikanlah dirimu masuk dalam didikan Tuhan, dan hiduplah sesuai perintahNya.
  2. Ingatlah bahwa didikan Tuhan akan membawa semua orang percaya yang mau melakukan kehendakNya masuk kedalam KerajaanNya.
  3. Menolak didikan Tuhan berarti akan binasa didalam kekekalan.

Jikalau engkau diberkati dengan renungan ini, maka berikanlah link renungan ini kepada semua orang yang engkau kasihi. renunganhariini.com

Tuhan Yesus memberkati kita semua.

tags: , , ,

Related For DIDIKAN TUHAN