DILAHIRKAN KEMBALI DAN BERJALAN DALAM PIMPINAN ROH KUDUS

RENUNGAN HARIAN 2209 Kali Dibaca

Renunganhariini.com : Renungan HarianDilahirkan Kembali Dan Berjalan Dalam Pimpinan Roh Kudus. Syalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus. Renungan hari ini adalah “Dilahirkan Kembali Dan Berjalan Dalam Pimpinan Roh Kudus”.

Saudaraku, sebagai orang percaya kita telah mengerti bahwa saat kita percaya kepada Yesus dan menerimaNya sebagai Tuhan dan juru selamat dalam hidup kita, itu artinya kita telah menjadi ciptaan yang baru di dalam Kristus, dan itu juga artinya kita diberi kuasa untuk menjadi anak-anak Allah. Itulah yang firman Tuhan katakan;

Yohanes 1:12 Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya;

Perhatikan pada ayat firman Tuhan diatas ada dua penekanan penting dalam ayat tersebut yaitu; menerimaNya, dan percaya dalam namaNya.

Dua penekanan ini menunjuk serta memberi pilihan kepada setiap orang percaya, apakah kita mau menerima Yesus sebagai Tuhan dan juru selamat, dan setelah menerimaNya, apakah mau percaya dalam namaNya, atau tidak.

Disinilah letak pilihan untuk setiap kita mengambil keputusan secara pribadi, sebab keputusan yang kita ambil akan menentukan apakah kita mau menjadi ciptaan yang baru didalam Yesus atau tidak.

Bila kita mau menerimaNya, dan mau percaya dalam namaNya, itu artinya kita telah meresponi anugerah yang Allah berikan demi keselamatan setiap kita di dalam kekekalan.

Dilahirkan Kembali Dan Berjalan Dalam Pimpinan Roh Kudus

Renungan Harian Kristen | Dilahirkan Kembali Dan Berjalan Dalam Pimpinan Roh Kudus | renunganhariini.com

Setelah kita menerima Yesus sebagai Tuhan dan juru selamat dan kita percaya dalam namaNya, maka seperti yang firman Tuhan katakan, kita adalah ciptaan yang baru.

II Korintus 5:17 Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.

Yang menjadi persoalan sekarang adalah setelah menjadi ciptaan baru di dalam Kristus, maka kita harus menguburkan dalam-dalam kehidupan yang lama, dan itu tidak boleh ada lagi di dalam hidup kita.

Baca juga Renungan :

Proses perjalanan Hidup Kekristenan Yang Benar

Disinilah diperlukan pembaharuan pikiran secara terus menerus, oleh pemahaman akan kebenaran firman Tuhan yang murni dari hari lepas hari, serta setiap kita harus bisa mengontrol dan memeriksa setiap gerak hidup kita apakah sudah sesuai dengan kehendak Allah atau belum. Hal inilah yang sering saya katakan, kita harus mulai mencurigai diri sendiri atas setiap tindakan dan gerak hidup kita.

Kenapa kita harus terus menerus mengontrol setiap gerak hidup kita?, karena tidak mudah kita bisa mengerti apa yang menjadi kehendak Allah dalam waktu yang singkat. Oleh sebab itu perlu kita perhatikan dengan serius akan hal ini, sebab apabila cara hidup kita tidak sesuai dengan yang Allah kehendaki, hal itu sama dengan kita telah berbuat dosa. Berbuat dosa disini artinya kita telah menjalankan hidup, meleset dari yang Tuhan mau.

Padahal setiap orang yang menerima Yesus dan percaya dalam namaNya, itu artinya ia telah menjadi manusia yang dilahirkan kembali oleh Allah, dan seperti yang firman Tuhan katakan, orang yang lahir dari Allah tidak berbuat dosa lagi, bahkan bukan saja tidak berbuat dosa lagi tetapi tidak dapat berbuat dosa.

I Yohanes 3:9 Setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa lagi; sebab benih ilahi tetap ada di dalam dia dan ia tidak dapat berbuat dosa, karena ia lahir dari Allah.

Itulah sebabnya kita harus mengerti bahwa setiap kita yang dilahirkan kembali oleh Allah dan menjadi ciptaan yang baru, berarti telah memiliki natur yang baru.

Sekarang yang menjadi persoalan adalah bagaimana kita harus mengembangkan natur yang baru yang Allah berikan kepada kita, serta terus menjaga agar tidak lagi tercemari oleh hal-hal yang tidak berkenan di hadapan Allah, termasuk didalamnya ada potensi untuk melakukan apa yang kita inginkan menuruti kehendak diri sendiri.

Setelah kita dilahirkan kembali menjadi ciptaan yang baru di dalam Kristus, maka Allah telah memberikan kepada kita satu pribadi sebagai penolong yaitu Roh Kudus, yang selalu ada bersama-sama dengan kita dan menjadi penuntun bagi kita supaya segala sesuatu yang kita perbuat akan kita perbuat sesuai dengan pimpinan Roh Kudus.

Tentu disini yang diperlukan sekarang adalah seberapa banyak waktu yang kita mau sediakan setiap hari untuk membangun hubungan yang lebih intim lagi dengan Roh Kudus, dimana kita mau terus belajar berdiam diri untuk mendengar suaraNya setiap saat, lewat kebenaran firman yang kita baca setiap hari.

Kalau kita mau terus merendahkan diri untuk di ajar oleh Roh Kudus, serta terus belajar untuk berjalan dalam pimpinanNya, maka pada akhirnya kita akan sampai pada satu titik yaitu “hidupku bukan aku lagi, melainkan Kristus yang hidup di dalamku” dan di titik inilah baru nampak secara jelas bahwa manusia lama kita telah benar-benar mati, dan sekarang kita telah benar-benar memiliki hidup yang baru di dalam Kristus.

Kiranya kebenaran ini semakin membuat kita semakin bergairah untuk benar-benar mau menjadi ciptaan yang baru di dalam Kristus. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

Baca juga Renungan :

Mewarnai Hidup Dengan Pikiran Sorgawi

Artikel by Frank Tutu | Copyright © 2015 – Original Content | renunganhariini.com

tags: ,

Related For DILAHIRKAN KEMBALI DAN BERJALAN DALAM PIMPINAN ROH KUDUS