GAGAL MENGERTI KEHENDAK ALLAH

RENUNGAN HARIAN 1863 Kali Dibaca

Syalom sahabat renunganhariini.com yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus. Renungan harian hari ini mengambil tema “Gagal Mengerti Kehendak Allah”.

Kejatuhan manusia didalam dosa adalah merupakan sebuah bukti bahwa manusia sesungguhnya telah gagal mengerti kehendak Allah, oleh sebab itu untuk mencapai keselamatan manusia harus berjuang melawan dosa.

Apa itu dosa?, dosa adalah ketidak tepatan, atau dapat dikatakan tindakan yang tidak sesuai dengan kehendak Allah, keinginan Allah, atau tidak sesuai dengan pikiran dan perasaan Allah.

Ketidak mampuan manusia berjuang melawan dosa inilah yang akan berujung pada kebinasaan, namun oleh karena belas kasih Allah, Tuhan Yesus diberikan untuk menggenapi kehendak Allah yaitu Ia menjadi penebus dosa, sebab bila tidak dilakukan oleh Tuhan Yesus, maka semua manusia akan binasa didalam kekekalan.

Apakah lalu kisah perjuangan melawan dosa ini sudah berakhir?, perjuangan manusia melawan dosa telah ditanggung oleh Tuhan Yesus, oleh karena kasih karunia Allah Bapa di Sorga, namun sekarang lewat penebusan itulah maka manusia terpanggil untuk mengambil bagian didalam kekudusan Allah, dan disinilah manusia harus berjuang supaya bisa mencapai standar kekudusan yang Allah inginkan.

Firman Tuhan katakan didalam, Ibrani 12:10 Sebab mereka mendidik kita dalam waktu yang pendek sesuai dengan apa yang mereka anggap baik, tetapi Dia menghajar kita untuk kebaikan kita, supaya kita beroleh bagian dalam kekudusan-Nya.

Artinya dalam menjalani sisa hidup kita didunia ini sebagai orang percaya kita tetap harus masuk dalam didikannya Tuhan, bahkan firman Tuhan katakan bahwa “Dia menghajar kita untuk kebaikan kita, supaya kita beroleh bagian dalam kekudusan-Nya” jadi masih tetap ada perjuangan yang harus dilalui oleh setiap orang percaya.

gagal mengerti akan kehendak allah
Mengambil bagian dalam kekudusan Allah yang dikatakan dalam Ibrani 12:10 ini, sama dengan apa yang dikatakan didalam II Petrus 1:3-4 yaitu mengambil bagian dalam kodrat ilahi.

II Petrus 1:3 Karena kuasa ilahi-Nya telah menganugerahkan kepada kita segala sesuatu yang berguna untuk hidup yang saleh oleh pengenalan kita akan Dia, yang telah memanggil kita oleh kuasa-Nya yang mulia dan ajaib. 1:4 Dengan jalan itu Ia telah menganugerahkan kepada kita janji-janji yang berharga dan yang sangat besar, supaya olehnya kamu boleh mengambil bagian dalam kodrat ilahi, dan luput dari hawa nafsu duniawi yang membinasakan dunia.

Ingat pada renungan sebelumnya saya sudah pernah berbicara tentang perkataan Tuhan Yesus tentang Sorga yaitu harus Masuk Melalui Pintu Yang Sesak.

Jadi sekali lagi saya harus katakan bahwa perjuangan kita belum selesai, artinya kita harus benar-benar meresponi akan keselamatan yang sudah Tuhan berikan. Jika kita tidak mau meresponi hal ini dengan serius itu artinya kita juga menjadi orang-orang yang gagal untuk mengerti kehendak Allah.

Mungkin ada sebagian diantara kita akan bertanya, untuk apa lagi harus berjuang?. Ingat saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus, kita ini masih hidup didunia, dan selama kita masih hidup didunia ini, sebagai manusia kita masih memiliki keinginan dan hawa nafsu.

Kita harus berjuang karena keinginan dan hawa nafsu inilah yang akan merangsang sifat dosa, atau kodrat dosa (sinful nature), yang masih menempel pada kita sebagai manusia, dan kodrat dosa inilah yang bisa menggoda kita lewat keinginan pikiran sehingga membuat kita bisa jatuh lagi dalam dosa, padahal firman Tuhan katakan bahwa bila kita ada didalam Dia, kita tidak berbuat dosa lagi.

I Yohanes 3:6 Karena itu setiap orang yang tetap berada di dalam Dia, tidak berbuat dosa lagi; setiap orang yang tetap berbuat dosa, tidak melihat dan tidak mengenal Dia. 3:7 Anak-anakku, janganlah membiarkan seorang pun menyesatkan kamu. Barangsiapa yang berbuat kebenaran adalah benar, sama seperti Kristus adalah benar; 3:8 barangsiapa yang tetap berbuat dosa, berasal dari Iblis, sebab Iblis berbuat dosa dari mulanya. Untuk inilah Anak Allah menyatakan diri-Nya, yaitu supaya Ia membinasakan perbuatan-perbuatan Iblis itu. 3:9 Setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa lagi; sebab benih ilahi tetap ada di dalam dia dan ia tidak dapat berbuat dosa, karena ia lahir dari Allah. 3:9 Setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa lagi; sebab benih ilahi tetap ada di dalam dia dan ia tidak dapat berbuat dosa, karena ia lahir dari Allah.

Jadi bila kita sekarang menyadari bahwa sebagai orang percaya kita telah ditebus, maka berjuanglah hidup dalam kekudusan Allah dan jangan berbuat dosa lagi, sebab orang yang masih berbuat dosa, bukan berasal dari Allah tetapi dari iblis.

Disini jelas kalau kita masih berbuat dosa lagi maka tidak ada lagi korban Kristus yang kedua kalinya untuk menghapus dosa, jadi orang yang masih mau hidup dalam dosa saat ini sama dengan mengarahkan atau menyerahkan hidupnya kedalam kebinasaan kekal.

Sahabat renungan hari ini bisa juga simak, Mengikuti Yesus Satu-Satunya Jalan.

Biarlah kebenaran ini membuat kita semakin mengerti akan kehendak Allah. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

tags: , ,

Related For GAGAL MENGERTI KEHENDAK ALLAH