GAYA HIDUP TUHAN YESUS

RENUNGAN HARIAN 3939 Kali Dibaca

Renungan Harian Kristen – Syalom saudaraku yanng dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, Gaya Hidup Tuhan Yesus akan menjadi tema renungan kita saat ini. Setiap orang percaya dituntut supaya bisa hidup sama seperti Kristus hidup, atau dengan kata lain orang percaya harus mencontoh gaya hidup Tuhan Yesus, sebab inilah standar hidup yang dikehendaki oleh Allah Bapa di Sorga. I Yohanes 2:6 Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup.

Bila kita membaca dan belajar kebenaran firman Tuhan dengan serius terus menerus setiap hari, maka kita akan menemukan sebuah kebenaran bahwa gaya hidup Tuhan Yesus itu bertolak belakang dengan gaya hidup dunia, atau gaya hidup manusia pada umumnya.

Jadi kalau gaya hidup kita sebagai orang percaya belum mencapai standar gaya hidup seperti Tuhan Yesus, artinya kalau kita belum sampai bertolak belakang dengan gaya hidup dunia, atau gaya hidup manusia pada umumnya, maka sesungguhnya kita belum mencapai standar hidup kekeristenan yang sejati yang di ajarkan oleh Tuhan Yesus, atau yang di kehendaki oleh Allah Bapa, dan ini juga menunjukan bahwa ia belum menjadi seorang pengikut Kristus yang sejati atau belum menjadi Kriten yang benar.

Setiap kita yang hidup sebagai orang pecaya harus mengerti bahwa mengikut Tuhan Yesus itu berarti meneladani gaya hidup-Nya. Jadi kalau kita sudah tahu bahwa gaya hidup Tuhan Yesus bertolak belakang dengan gaya hidup dunia, maka gaya hidup orang percaya pun harus bertolak belakang dengan gaya hidup manusia pada umumnya, dan inilah yang membuat kita berbeda dengan dunia, (Roma 12:2), tapi menjadi sama seperti Kristus.

Hal ini harus dipahami dengan benar, sebab bila orang percaya tidak memahami akan hal ini dengan benar maka ia bisa menjadi kecewa dalam perjalanan hidupnya mengikut Tuhan. Inilah yang hampir-hampir saja terjadi atau nyaris terjadi dalam hidup Yohanes pembatis, dimana ia mengenal Tuhan Yesus sebagai Anak Domba Allah, tetapi ia tidak memahami cara kerjanya Tuhan Yesus. (Matius 11:1-6).

Sebenarnya bukan saja Yohanes Pembatis, tetapi murid-murid Tuhan Yesus-pun mengalami hal yang sama saat mereka melihat Tuhan Yesus harus menghadapi kematian diatas kayu salib, mereka terguncang, karena mereka tidak mengerti muatan kehidupan Tuhan Yesus yang sejati.

Gaya Hidup Tuhan Yesus

Renungan Harian Kristen : Gaya Hidup Tuhan Yesus | renunganhariini.com

Pertanyaannya mengapa demikian?. Karena cara berpikir murid-murid Tuhan Yesus ini tidak mencapai standar pikiran yang dimiliki oleh Tuhan Yesus. Mereka berharap degan konsep berpikir mereka, supaya Tuhan Yesus bisa menjadi seorang pahlawan atau pendekar sejati, tetapi kenyataan yang mereka temukan adalah mereka melihat sepertinya Tuhan Yesus sama sekali tidak berdaya dihadapan pengadilan kafir dan bahkan mati dengan cara yang sangat hina di atas kayu salib. Dan hal ini tidak bisa mereka terima, sehingga mereka-pun berbalik meninggalkan Tuhan. Salah satu contoh jelas yang bisa kita lihat adalah, kebenaran firman Tuhan mencatat Petrus pada akhirnya menyangkal Tuhan. Hal ini menunjukan bahwa apa yang Tuhan Yesus ajarkan kepada murid-muridnya konsep berpikirNya berbeda dengan apa yang murid-muridNya pikirkan.

Tuhan mengajarkan tentang injil yang murni, kebenaraan yang sejati, jalan hidup yang harus dilalui orang percaya seperti yang Allah Bapa kehendaki, tetapi konsep berpikir murid-muridnya adalah kehidupan dunia saat ini. Itulah kenapa Paulus menegaskan bahwa injil yang murni itu bukan yang berkenan kepada manusia, tetapi kepada Allah.

Galatia 1:9 Seperti yang telah kami katakan dahulu, sekarang kukatakan sekali lagi: jikalau ada orang yang memberitakan kepadamu suatu injil, yang berbeda dengan apa yang telah kamu terima, terkutuklah dia. 1:10 Jadi bagaimana sekarang: adakah kucari kesukaan manusia atau kesukaan Allah? Adakah kucoba berkenan kepada manusia? Sekiranya aku masih mau mencoba berkenan kepada manusia, maka aku bukanlah hamba Kristus.

Hal ini menunjukan kepada kita bahwa murid-murid Tuhan Yesus berpikir tentang konsep hidup di dunia ini, dan tidak pernah mengerti apa yang menjadi pikiran Tuhan, tujuan apa yang ingin Tuhan Yesus capai dibalik semua yang Ia lakukan, dengan kata lain Tuhan Yesus berpikir tentang perkara yang diatas sedangkan murid-muridNya memikirkan perkara yang di bumi ini.

Firman Tuhan katakan di dalam Kolose 1:9 Seperti yang telah kami katakan dahulu, sekarang kukatakan sekali lagi: jikalau ada orang yang memberitakan kepadamu suatu injil, yang berbeda dengan apa yang telah kamu terima, terkutuklah dia. 1:10 Jadi bagaimana sekarang: adakah kucari kesukaan manusia atau kesukaan Allah? Adakah kucoba berkenan kepada manusia? Sekiranya aku masih mau mencoba berkenan kepada manusia, maka aku bukanlah hamba Kristus.

Orang percaya yang masih berpikir tentang perkara-perkara yang dibumi, itu sama dengan orang yang mempertahankan nyawanya, menyayangi nyawanya, takut kehilangan nyawanya, atau mencintai dirinya sendiri.

Matius 10:39 Barangsiapa mempertahankan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, dan barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya.

Sebagai orang percaya, kalau kita tidak bersedia untuk mengikuti gaya hidup Tuhan Yesus, maka kita tidak akan layak diterima didalam kerajaan Bapa di Sorga, itu artinya kita tidak layak menerima keselamatan. Ironisnya saat ini ada begitu banyak orang percaya yang tidak bersedia mengikuti gaya hidup Tuhan Yesus, dan hal ini tergambar dari cara hidup mereka yang masih mencintai dunia ini dengan segala kesenangannya.

Pertanyaannya sekarang, bagaimana dengan hidup kita saat ini?. Apakah kita juga termasuk bagian dari orang-orang yang masih mau hidup dengan gaya hidup dunia?.

Jangan lupa untuk membaca juga : Perumpamaan Tentang Talenta

Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

tags: ,

Related For GAYA HIDUP TUHAN YESUS