HARUS BERSABAR DALAM PENDERITAAN

RENUNGAN HARIAN 5688 Kali Dibaca

Renungan HarianHarus Bersabar Dalam Penderitaan. Syalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus. Tema Renungan hari ini adalah Harus Bersabar Dalam Penderitaan.

Bila mendengar kata penderitaan maka ada banyak orang yang tidak ingin mengalami apa yang dinamakan dengan penderitaan, apalagi ada begitu banyak orang percaya yang sudah terlanjur memiliki pemahaman yang salah dalam mengikut Yesus.

Banyak orang berpikir dengan menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan juruselamat maka hidupnya akan dilepaskan dari penderitaan. Ini adalah sebuah kesalahan, sebab dengan menerima Yesus berarti kita menjadi hamba yang harus tunduk sepenuhnya dalam kedaulatanNya. Jadi hamba tidak berhak memaksakan kehendaknya kepada tuannya, sebaliknya hamba harus mengikuti apa yang menjadi kehendak tuannya.

Kalau saat ini ada begitu banyak persoalan, tantangan dan masalah yang harus kita hadapi, maka kita harus tetap bersabar dalam menghadapi semua itu, dan tetap percaya bahwa Dia Allah yang setia yang tidak akan pernah meninggalkan anak-anakNya.

Orang yang tidak mau bersabar pada akhirnya akan bersungut-sungut dan tidak sedikit yang akhirnya meninggalkan Tuhan. Hal ini terjadi karena mereka mengikut Yesus dengan tujuan yang berbeda, dimana mereka mengikut Yesus supaya bisa diberkati dan bisa menikmati hidup dengan nyaman.

Jadi mereka mengikut Yesus dengan rancangan dan rencana yang mereka buat sendiri. Ini yang menjadi persoalan, kalau apa yang mereka rancangkan dan rencanakan itu tidak tercapai maka mereka akan berkhianat dengan berbalik meninggalkan Tuhan.

Bagaimana dengan engkau saudaraku?. Mungkin pada akhirnya akan timbul pertanyaan, “kalau harus bersabar, sampai kapan kita harus bersabar?”

Mari kita lihat apa yang firman Tuhan katakan didalam, Yakobus 5:7 Karena itu, saudara-saudara, bersabarlah sampai kepada kedatangan Tuhan! Sesungguhnya petani menantikan hasil yang berharga dari tanahnya dan ia sabar sampai telah turun hujan musim gugur dan hujan musim semi. 5:8 Kamu juga harus bersabar dan harus meneguhkan hatimu, karena kedatangan Tuhan sudah dekat!

Jadi sebagai orang anak-anak Tuhan, iman percaya kita harus tetap teguh. Kita harus tetap bersabar dalam menghadapi segala persoalan hidup, dan tetap percaya bahwa Allah tidak akan pernah membiarkan orang yang berharap kepadaNya jatuh sampai tergeletak.

Harus Bersabar Dalam Penderitaan

Ilustrasi : Renungan Harian Kristen | Harus Bersabar Dalam Penderitaan | renunganhariini.com

Yang sering membuat kita tidak bisa bersabar adalah karena kita memiliki rancangan sendiri sesuai dengan apa yang kita pikirkan, inilah letak kesalahannya. Sebab kita ini hamba dan hamba harus tunduk terhadap pengaturan tuannya, jadi kita tidak bisa mengatur Tuhan.

Firman Tuhan katakan didalam, Yesaya 55:8 Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN. 55:9 Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu.

Dengan demikian kita harus mengubah cara pandang hidup kita, bahwa mengikut Tuhan berarti kita harus hidup sesuai dengan kehendak Tuhan.

Baca Juga Renungan

MENGUBAH CARA PANDANG HIDUP

Orang yang ingin supaya Tuhan mencukupi hidupnya sesuai dengan apa yang ia rencanakan dan rancangkan, itu menunjukan bahwa ia sedang tidak percaya kepada Tuhan, dan sama sekali tidak menghormati Tuhan.

Kalau kita mau membaca kisah yang dialami oleh Ayub, maka kita akan menemukan bahwa begitu menderitanya Ayub dalam menghadapi persoalan hidup yang terjadi dalam hidupnya, dan apa yang Ayub alami itu dapat dikatakan sangat tragis sekali, tetapi dalam hal ini Ayub tidak pernah mempersalahkan Tuhan, dan tidak meninggalkan Tuhan, Ayub tetap setia sampai pada akhirnya Tuhan memulihkan hidupnya.

Firman Tuhan katakan didalam, Yakobus 5:10 Saudara-saudara, turutilah teladan penderitaan dan kesabaran para nabi yang telah berbicara demi nama Tuhan. 5:11 Sesungguhnya kami menyebut mereka berbahagia, yaitu mereka yang telah bertekun; kamu telah mendengar tentang ketekunan Ayub dan kamu telah tahu apa yang pada akhirnya disediakan Tuhan baginya, karena Tuhan maha penyayang dan penuh belas kasihan.

Jadi kalau saat ini keadaan hidup kita belum seperti apa yang kita harapkan, maka tetaplah bersyukur dan percaya sungguh bahwa Allah mempunyai rancangan yang indah atas hidup kita, dan semua yang Allah rencanakan dan rancangkan akan mendatangkan kebaikan bagi orang-orang yang mengasihi Dia.

Firman Tuhan katakan didalam, Roma 8:28 Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

Jadi yang perlu kita lihat disini adalah apa yang menjadi rencana Allah atas hidup kita, bukan sebaliknya, kita mau supaya Allah menuruti semua keinginan hati yang kita rancangkan dan yang kita rencanakan.

Ingat dunia ini bukanlah tujuan hidup kita, dunia ini hanyalah hunian sementara. Oleh sebab itu kita harus mengarahkan hati kita hanya untuk menantikan Tuhan, yang akan datang menjemput kita dan membawa kita ke tanah air kita yang sesungguhnya yaitu tanah air sorgawi.

Baca Juga Renungan

SORGA ADALAH TANAH AIR ORANG PERCAYA

Kiranya renungan ini membuat kita semakin kuat dalam menghadapi segala persoalan hidup selama kita masih menumpang didunia ini. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

Copyright © 2015 | renunganhariini.com

tags: ,

Related For HARUS BERSABAR DALAM PENDERITAAN