HIDUP DALAM PIMPINAN KUASA ROH KUDUS

RENUNGAN HARIAN 2063 Kali Dibaca

Renunganhariini.com : Renungan Harian – Hidup Dalam Pimpinan Kuasa Roh Kudus. Shalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, renungan kita saat ini adalah; Hidup Dalam Pimpinan Kuasa Roh Kudus.

Saudaraku, setiap orang percaya yang ingin menjadi warga Kerajaan sorga harus memiliki standar hidup yang sesuai dengan apa yang Allah Bapa kehendaki. Satu hal yang harus dicapai oleh setiap orang percaya adalah kesempurnaan hidup. Sebab apabila kita tidak bisa mencapai standar kesempurnaan yaitu menjadi sempurna sama seperti Bapa di sorga yang adalah sempurna, maka kita tidak mungkin akan berkenan kepada Allah.

Tuhan Yesus telah memberikan contoh cara hidup yang berkenan kepada Allah Bapa. Contoh cara hidup yang diberikan oleh Tuhan Yesus itu adalah melakukan semua kehendak Allah Bapa di sorga.

Jadi dalam hal ini kita bisa mengerti bahwa untuk masuk sorga, tidak cukup bagi kita hanya menjadi orang kristen. sebab kalau hanya menjadi kristen tanpa melakukan kehendak Allah Bapa, maka tetap saja tidak akan diterima di dalam Kerajaan sorga. Firman Tuhan katakan di dalam;

Matius  7:21 Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.

Bila berpikir dengan pikiran kita sebagai manusia yang masih memiliki sifat dosa yang melekat pada tubuh kita, maka kalau harus jujur berkata, akan mustahil kita bisa mencapai kesempurnaan seperti yang Allah Bapa di sorga kehendaki. Namun dalam hal ini perlu kita ingat bahwa bagi manusia itu mustahil, tetapi bagi Allah tidak ada yang mustahil.

Persoalannya sekarang adalah, untuk hidup melakukan kehendak Allah itu, kita mau atau tidak mau. Sebab kalau kita mau maka Roh Kudus akan memberikan kekuatan kepada kita, Roh Kudus akan menolong kita, Roh Kudus akan memimpin kita dalam segala hal dan memampukan kita untuk melakukan semua yang menjadi kehendak Allah. Itulah fungsinya Roh Kudus diberikan oleh Allah Bapa di sorga sebagai penolong bagi kita.

Jadi disaat kita percaya bahwa di dalam Tuhan Yesus kita telah menerima janji keselamatan, maka yang perlu kita lakukan adalah mengerjakan keselamatan itu dengan takut dan gentar.

Mengerjakan keselamatan berarti harus melakukan semua kehendak Allah. Kita tidak punya pilihan lain. Kalau memang kita ingin diselamatkan dalam Tuhan Yesus Kristus, maka harga matinya adalah melakukan semua kehendak Allah Bapa di sorga, dan jika tidak maka kita tidak bisa menerima keselamatan.

Sampai pada level ini yang diperlukan adalah keputusan kita dalam menentukan pilihan. Sekarang kita harus memilih mau berada dipihak mana, apakah dipihak Allah atau di pihak iblis. Memilih berada dipihak Allah berarti memilih keselamatan, dan jika dipihak iblis berarti memilih kebinasaan.

Jika kita memilih berada dipihak Allah, maka langkah selanjutnya adalah kita harus melepaskan diri dari segala keterikatan dengan dunia, dan mematikan semua keinginan diri, hasrat hati, dan berbagai hawa nafsu dunia yang masih ada dalam hati dan pikiran kita. Itu artinya dalam hidup ini, kita sudah tidak boleh lagi memiliki keinginan lain, selain menginginkan Tuhan dan Kerajaan-Nya.

Hidup Dalam Pimpinan Kuasa Roh Kudus

Renungan Harian : Hidup Dalam Pimpinan Kuasa Roh Kudus | Renunganhariini.com

Inilah yang sering saya katakan sebagai memindahkan fokus hidup. Kalau selama ini semua yang kita pikirkan, semua yang kita inginkan, semua yang kita kejar, adalah berbagai kesenangan hidup dunia, maka sekarang yang harus menguasai hati dan pikiran kita hanyalah Tuhan dan Kerajaan-Nya. Artinya kita harus mulai memindahkan hati kita ke Kerajaan sorga.

Tidakan ini akan mengubah pola pikir kita. Kita akan mulai berpikir dunia bukan bagianku, sebab semua yang ada di dalam dunia ini adalah fana. Semua yang ada di dalam dunia ini sedang lenyap dengan segala keinginannya. Kita mulai berpikir, harta kita yang sesungguhnya ada di dalam Kerajaan Allah Bapa di sorga. Pola pikir seperti inilah yang akan membuat kita semakin bergairah untuk mencari Allah dan Kerajaan-Nya.

Orang yang memiliki harta kekayaan di dunia ini, baik itu berupa rumah, mobil, deposito di bank, dan berbagai fasilitas hidup lain yang dimilikinya, maka pikirannya akan selalu tertuju kepada semua yang ia miliki. Itulah kenapa firman Tuhan katakan;

Matius 6:21 Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.

Supaya kita mampu untuk memindahkan hati kita ke Kerajaan sorga, maka kita harus memberi diri untuk hidup dalam pimpinan kuasa Roh Kudus. Orang percaya yang memberi diri untuk hidup dalam pimpinan kuasa Roh Kudus, ini adalah ciri dari gaya hidup anak-anak Allah. Firman Tuhan katakan;

Roma  8:14 Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah

Jadi orang-orang percaya yang tidak memberi dirinya supaya hidup dalam pimpinan Roh Kudus, dapat dipastikan mereka bukan anak-anak Allah, tetapi anak-anak dunia. Sebab semua anak-anak Allah harus memberi diri hidup dalam pimpinan Roh Allah.

Ingat saudaraku, hidup dalam pimpinan Roh, itu artinya keinginan yang ada dalam diri kita sudah bukan lagi keinginan diri sendiri yang penuh dengan berbagai kesenangan hidup dunia. Tetapi keinginan yang ada  dan harus menguasai hati dan pikiran kita adalah keinginan Roh, yang akan menuntun kita untuk melakukan apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Galatia 5:24 Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya. 5:25 Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh,

Memberi diri hidup dalam pimpinan Roh, itu artinya kita juga tidak boleh lagi memiliki agenda hidup yang lain. Sebab agenda hidup kita hanya satu yaitu hidup untuk memuliakan Allah Bapa di sorga.

Dengan memberi diri hidup dalam pimpinan Roh, maka Roh Kudus akan memberi kepekaan kepada kita untuk mengerti apa yang menjadi kehendak Allah Bapa di sorga. Lewat berbagai persoalan hidup yang kita hadapi dan kita alami, Roh Kudus akan terus mengajar kita dan terus menuntun kita kepada kesempurnaan hidup seperti yang Allah Bapa di sorga kehendaki.

Dengan demikian seluruh gerak hidup kita, baik gerak pikiran, perasaan, perkataan, perbuatan, dan tindakan kita, semuanya akan menyukakan dan menyenangkan hati Allah Bapa dan Tuhan Yesus di sorga.

Semua orang percaya yang telah menerima keselamatan di dalam Tuhan Yesus Kristus, harus mati bagi semua keinginan diri sendiri, dan hidup hanya untuk Kristus. Sebab orang yang menerima keselamatan di dalam Tuhan Yesus Kristus, sama dengan orang yang telah menjual hak hidupnya untuk mendapatkan keselamatan tersebut. Itulah kenapa firman Tuhan katakan;

I Korintus 6:20 Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!

Hidup kekristenan yang benar itu ya seperti ini. Jadi kalau kita tidak mau hidup dalam pimpinan Roh Kudus, kalau kita tidak hidup untuk memuliakan Tuhan, kalau kita tidak hidup menyukakan dan menyenangkan hati Allah Bapa di sorga, maka kita bukan orang kristen yang benar. Dan itu menunjukan kita juga sebenarnya tidak percaya kepada Allah.

Kiranya kebenaran ini semakin membuat kita mengerti tujuan hidup kita yang benar, sehingga kita mau mengambil keputusan untuk memberi diri hidup dalam pimpinan Roh Kudus. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

Baca Juga : Rahasia Sukses Orang Percaya Dalam Hidup

Renungan oleh Pdt.Franky Tutuhatunewa | Copyright © 2017 – Original Content | Renunganhariini.com

tags: , , ,

Related For HIDUP DALAM PIMPINAN KUASA ROH KUDUS