HIDUP DI HADAPAN TUHAN

renungan harian kristen

Renunganhariini.com – Renungan Harian: Saudaraku, kalau kita tahu bahwa Allah itu maha hadir, artinya dalam segala keadaan Allah ada dan senantiasa melihat apa yang kita lakukan, maka sebagai orang percaya kita harus menyadari bahwa betapa kita harus tetap menjaga setiap gerak hidup kita supaya tetap berkenan di hadapan Allah.

Kalau kita tahu bahwa setiap detik apa pun yang kita lakukan tidak ada yang tersembunyi di hadapan Tuhan, maka kita harus berjuang supaya setiap gerak hidup kita, mulai dari apa yang kita pikirkan, apa yang kita ucapkan, sikap, tindakan, dan seluruh perbuatan kita harus sesuai dengan kehendak Tuhan.

Menjaga cara hidup yang tetap berkenan di hadapan Tuhan dalam setiap gerak hidup kita, itu sama dengan cara hidup di dalam pemerintahan Tuhan, atau sama dengan cara hidup sebagai anak-anak Allah dalam kerajaan sorga, sekali pun saat ini kita masih hidup di dunia ini.

Menyadari bahwa setiap saat kita sedang hidup di hadapan Allah, maka dalam setiap gerak hidup ini, kita harus tetap menjaga sikap hormat kepada Allah Yang Maha Tinggi, dan ini menunjukkan bahwa kita memiliki sikap hati yang selalu takut akan Tuhan secara benar. Dengan cara hidup demikian maka kita tidak mudah untuk berbuat dosa, sebab kita tidak mau melukai hati Tuhan dengan perbuatan kita yang salah.

Rasa takut akan Allah yang benar, tentu bukan karena kita takut supaya tidak masuk neraka, tetapi karena kita benar-benar menyadari bahwa kita harus memiliki sikap menghormati Tuhan yang adalah pemilik hidup kita.

Orang yang tidak mau menyadari bahwa setiap saat Allah ada dan melihat setiap perbuatannya, maka mereka sama dengan orang bebal. Orang-orang seperti ini sama dengan orang yang tidak percaya kepada Allah, atau selalu menganggap Allah itu tidak ada. Itulah yang Firman Tuhan maksudkan dalam;

Mazmur 14:1 Untuk pemimpin biduan. Dari Daud. Orang bebal berkata dalam hatinya: “Tidak ada Allah.” Busuk dan jijik perbuatan mereka, tidak ada yang berbuat baik.

14:2 TUHAN memandang ke bawah dari sorga kepada anak-anak manusia untuk melihat, apakah ada yang berakal budi dan yang mencari Allah.

14:3 Mereka semua telah menyeleweng, semuanya telah bejat; tidak ada yang berbuat baik, seorang pun tidak.

Jika masih ada orang percaya atau orang Kristen yang memiliki sikap hidup sepeti ini maka sesungguhnya mereka tidak menghargai Allah dan juga tidak menghargai anugerah keselamatan yang telah Allah berikan di dalam Tuhan Yesus Kristus.

Orang-orang yang memiliki cara hidup seperti ini sama dengan apa yang Firman Tuhan katakan sebagai pengejek-pengejek yang sama sekali tidak menghormati Allah bahkan tidak takut akan Allah.

II Petrus 3:3 Yang terutama harus kamu ketahui ialah, bahwa pada hari-hari zaman akhir akan tampil pengejek-pengejek dengan ejekan-ejekannya, yaitu orang-orang yang hidup menuruti hawa nafsunya.

3:4 Kata mereka: “Di manakah janji tentang kedatangan-Nya itu? Sebab sejak bapa-bapa leluhur kita meninggal, segala sesuatu tetap seperti semula, pada waktu dunia diciptakan.”

3:5 Mereka sengaja tidak mau tahu, bahwa oleh firman Allah langit telah ada sejak dahulu, dan juga bumi yang berasal dari air dan oleh air,

3:6 dan bahwa oleh air itu, bumi yang dahulu telah binasa, dimusnahkan oleh air bah.

Oleh sebab itu kita harus tetap menjaga sikap hati yang sungguh-sungguh takut akan Allah dan menghormati Allah secara pantas, dan tetap menanti kedatangan-Nya dengan iman yang teguh. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin. (Renungan oleh, Pdt.Franky Tutuhatunewa).

You might like

About the Author: RHI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *