HIDUP SEBAGAI ORANG BENAR

RENUNGAN HARIAN 5814 Kali Dibaca

Renungan Harian Kristen – Kamis 12 Maret 2015. Hidup Sebagai Orang Benar.

Syalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus. Hidup sebagai orang benar menjadi tema renungan kita hari ini. Saat ini kita harus menyadari sungguh bahwa sebagai orang-orang yang sudah dibenarkan di dalam Tuhan kita Yesus Kristus maka kita memiliki tanggung jawab untuk hidup sebagai orang benar.

Firman Tuhan katakan di dalam Roma 5:1 Sebab itu, kita yang dibenarkan karena iman, kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah oleh karena Tuhan kita, Yesus Kristus. 5:2 Oleh Dia kita juga beroleh jalan masuk oleh iman kepada kasih karunia ini. Di dalam kasih karunia ini kita berdiri dan kita bermegah dalam pengharapan akan menerima kemuliaan Allah.

Jadi setelah kita mengerti bahwa kita sudah dibenarkan karena iman percaya kita kepada Tuhan Yesus Kristus, dan saat ini kita boleh hidup dalam damai sejahtera dengan Allah, bahkan firman Tuhan katakan kita beroleh jalan masuk kepada kasih karunia yang pada akhirnya akan membawa kita menerima kemuliaan Allah, maka sesungguhnya pencarian kita akan kehidupan yang akan datang atau kehidupan kekal itu telah berakhir.

Artinya saat ini kita sudah berada pada jalur yang tepat yaitu jalur yang membawah kita kepada keselamatan kekal, karena Allah Bapa telah membuka jalan bagi kita untuk berjalan menuju KerajaanNya lewat pengorbanan dan kematian Tuhan Yesus Kristus, maka sekarang yang harus kita lakukan adalah menjaga keselamatan itu dengan benar, seperti yang firman Tuhan katakan “kita harus mengerjakan keselamatan itu dengan takut dan gentar”.

Olehnya sebagai orang percaya yang telah menerima keselamatan di dalam Tuhan Yesus Kristus karena telah dibenarkan oleh kematianNya, maka sekarang kita memiliki tanggung jawab yang baru yaitu menjalankan hidup di dunia sebagai orang benar.

Tanggung jawab hidup sebagai orang benar itu adalah, dalam seluruh gerak kehidupan yang kita peragakan saat ini, harus mencerminkan kebenaran Allah itu nyata di dalam hidup kita, mencerminkan kepribadian Allah, karakter Allah, yang semuanya itu telah ditunjukan dalam gaya hidup pribadi Tuhan Yesus Kristus.

Hidup sebagai orang benar itu sebenarnya membuat kita tidak bisa tinggal di dalam zona nyaman selama kita berada di dunia ini, karena setiap saat kenyamanan hidup kita akan terus terusik oleh hati nurani yang penuh belas kasihan.

Sebagai orang benar kita tidak boleh menutup mata terhadap penderitaan hidup orang lain yang ada di sekitar kita. Kita akan merasa menderita bila melihat orang lain menderita, bahkan kita akan lebih rela untuk tidak menelan sesuap nasi bila kita melihat orang lain belum terisi perutnya dengan makanan, kita akan lebih rela kedinginan bila kita melihat orang lain dalam ketelanjangan.

Jadi hidup sebagai orang benar itu sesungguhnya ada beban berat yang harus kita pikul, sebagaimana Kristus telah memberikan hidupNya bagi kita, maka kita juga harus mengambil bagian dalam penderitaanNya, yaitu memberikan hidup kita bagi sesama supaya orang lain bisa melihat bahwa hidup Kristus itu nyata dalam kehidupan kita.

Hidup sebagai orang benar

Ilustrasi : Renungan Harian Kristen – Hidup Sebagai Orang Benar | renunganhariini.com

Firman Tuhan katakan di dalam I Petrus 2:19 Sebab adalah kasih karunia, jika seorang karena sadar akan kehendak Allah menanggung penderitaan yang tidak harus ia tanggung. 2:20 Sebab dapatkah disebut pujian, jika kamu menderita pukulan karena kamu berbuat dosa? Tetapi jika kamu berbuat baik dan karena itu kamu harus menderita, maka itu adalah kasih karunia pada Allah. 2:21 Sebab untuk itulah kamu dipanggil, karena Kristus pun telah menderita untuk kamu dan telah meninggalkan teladan bagimu, supaya kamu mengikuti jejak-Nya.

Jadi sekali lagi saudaraku, tanggung jawab kita sebagai orang yang telah dibenarkan adalah kita harus hidup sama seperti Kristus telah hidup. Itulah kenapa saya katakan diatas bahwa hidup sebagai orang benar itu membuat kita tidak bisa tinggal dalam zona nyaman, karena kenyamanan hidup di dunia ini bukan tujuan orang percaya, sebab tujuan hidup orang percaya yang sesungguhnya hanyalah Langit Baru dan Bumi Baru.

Kita tidak boleh memiliki gaya hidup seperti orang kaya yang dikisahkan dalam (Lukas 16 : 19 – 31) sebab kalau kita memiliki gaya hidup seperti itu, maka kita menyia-nyiakan keselamatan yang sudah Tuhan berikan, karena dari kisah tersebut pada akhirnya orang kaya itu harus membayar harga mahal dari cara hidupnya selama ia hidup di dunia yaitu mati dalam kebinasaan kekal.

Orang percaya yang mau hidup sebagai orang benar tidak akan pernah hidup hanya untuk kepentingan dirinya sendiri, tetapi ia akan rela hidupnya menjadi roti yang terpecah dan anggur yang tercurah bagi banyak orang, supaya Bapa di Sorga di permuliakan dalam hidupnya.

Kalaupun saat ini kita bisa hidup dengan materi yang berkelimpahan, maka seharusnya kita akan merasa menderita dan hati nurani kita akan merasa tersiksa, jika memikirkan di luar sana ada banyak orang yang belum bisa makan, ada banyak orang yang sedang tinggal dalam penderitaan karena sakit penyakit, yang putus sekolah, yang tidak punya pekerjaan, sehingga kita akan keluar dan pergi untuk berbagi bersama mereka, karena kita terus menyadari bahwa semua yang kita miliki saat ini adalah milik Allah dan bukan kita.

Itulah cara hidup sebagai orang benar yang Allah kehendaki dari anak-anakNya yang telah dibenarkan didalam Tuhan Yesus Kristus. Biarlah kebenaran ini dapat mengubah cara hidup kita supaya kita mau menyadari bahwa “hidupku sekarang bukan aku lagi tetapi Kristus yang hidup di dalamku”.

Jangan lupa untuk membaca juga : Dibenarkan Didalam Yesus

Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

tags: , ,

Related For HIDUP SEBAGAI ORANG BENAR