HIDUP SESUAI KEINGINAN TUHAN

RENUNGAN HARIAN 5881 Kali Dibaca

Renungan Harian Kristen – Syalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, “Hidup Sesuai Keinginan Tuhan” merupakan tema renungan kita hari ini. Selama ini dalam menjalankan hidup terkadang kita bertindak melakukan segala sesuatu sesuai dengan apa yang kita mau, padahal sesungguhnya saat kita telah dibenarkan oleh Allah didalam Yesus Kristus maka kita harus menanggalkan keinginan kita dan hidup sesuai keinginan Tuhan.

Yang menjadi persoalan mengapa kita belum bisa hidup sesuai keinginan Tuhan adalah, kita masih begitu kuat terikat dengan keinginan dunia, bahkan kalau mau jujur keinginan dunia itu yang menguasai hati dan pikiran kita, belum lagi kita masih takut kehilangan apa yang menjadi kesenagan hati, kalau harus hidup sesuai keinginan Tuhan.

Pertanyaannya sekarang kalau begitu apa tujuan kita percaya kepada Tuhan Yesus?. Sebab percaya itu bukan hanya sekedar sebuah pengakuan yang keluar dari mulut kita saja yang mengatakan kita percaya, atau kita setuju sesuai akal pikiran kita, tetapi percaya itu artinya kita harus bertindak sesuai dengan apa yang Tuhan mau, sesuai keinginan Tuhan.

Firman Tuhan katakan di dalam Yohanes 3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Dari ayat ini kita bisa menangkap keinginan Allah Bapa di Sorga yaitu menyelamatkan semua manusia ciptaanNya. Supaya bisa diselamatkan maka ada syarat yang harus di kerjakan oleh setiap manusia yaitu percaya kepada Kristus.

Kalau hal ini ditanyakan kepada orang kristen pada umumnya atau kepada setiap orang yang percaya kepada Allah didalam Tuhan Yesus Kristus “apakah mereka percaya kepada Kristus?” maka pasti jawabannya “ya kami percaya”.

Persoalannya bila yang ditanyakan adalah apakah kita sudah hidup sesuai keinginan Kristus?, maka jawabannya “belum”. Kalau jawabannya belum itu artinya kita belum percaya kepada Yesus, sebab orang yang percaya kepada Yesus Kristus harus hidup sesuai keinginan Yesus Kristus.

Lalu apa yang membuat kita yang hidup sebagai orang percaya namun sesungguhnya tidak percaya kepada Yesus Kristus?. Jawabannya adalah keterikatan kita dengan dunia dan dengan segala sesuatu yang kita anggap itu menyenangkan, sehingga kalau kita harus hidup sesuai keinginan Kristus maka semua itu harus ditinggalkan, dan ini yang menjadi persoalan utama kenapa ada orang pecaya atau anak-anak Tuhan yang sesungguhnya belum percaya kepada Yesus.

Masih ingat dengan kisah seorang anak muda yang kaya, ketika datang kepada Yesus?.

Tuhan Yesus berkata kepadanya Dalam Matius 19:21 Kata Yesus kepadanya: “Jikalau engkau hendak sempurna, pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku.”

Apakah dia melakukan perintah Tuhan Yesus? “tidak” sebab firman Tuhan katakan pada ayat selanjutnya Matius 19:22 Ketika orang muda itu mendengar perkataan itu, pergilah ia dengan sedih, sebab banyak hartanya. Ini merupakan gambaran dari kehidupan manusia yang masih begitu kuat terikat dengan dunia.

Hidup Sesuai Keinginan Tuhan

Ilustrasi : Renungan Harian Kristen – Hidup Sesuai Keinginan Tuhan | renunganhariini.com

Disini saya perlu ingatkan sekali lagi bahwa percaya itu bukan hanya sekedar mengaku dengan mulut, percaya itu bukan hanya persetujuan pikiran semata-mata, percaya itu bukan hanya menuruti hukum moral yang tertulis, tetapi percaya itu harus dibuktikan dengan tindakan nyata sesuai dengan apa yang Tuhan kehendaki.

Jadi apabila kita belum mau hidup sesuai keinginan Tuhan, itu artinya kita belum percaya kepada Allah, sebab tidak ada perbuatan lain yang bisa menunjukan kita percaya kepada Allah didalam Tuhan Yesus Kristus selain melakukan apa yang Tuhan inginkan.

Mungkin sebagian kita akan merasa tersudut dengan pernyataan ini tetapi kenyataannya demikian, sebab tidak ada sesuatu yang akan membuat kita bisa dibenarkan dihadapan Tuhan jika kita tidak hidup sesuai dengan keinginan Tuhan, atau tidak melakukan kehendak Tuhan.

Jadi kalau kita masih mau terikat dengan dunia dan dengan segala kesenangannya , itu artinya kita tidak akan mungkin diselamatkan. Coba sejenak kita berpikir, ada artinya atau tidak jika kita bisa memiliki segala sesuatu saat ini yang bisa kita nikmati tapi pada akhirnya binasa karena tidak hidup sesuai keinginan Tuhan.

Firman Tuhan katakan didalam Matius 16:26 Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya? Dan apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya? 16:27 Sebab Anak Manusia akan datang dalam kemuliaan Bapa-Nya diiringi malaikat-malaikat-Nya; pada waktu itu Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya.

Jadi orang yang memperoleh dunia sekalipun, hidupnya akan menjadi sia-sia karena pada akhirnya jiwanya akan tersiksa dalam api neraka. Kita perhatikan kalimat “pada waktu itu Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya”. Artinya kalau kita tidak hidup sesuai keinginan Tuhan maka pada waktu Tuhan datang hanya orang-orang yang hidup sesuai keinginan Tuhan saja yang akan dikenal oleh Tuhan.

Itulah kenapa firman Tuhan sudah ingatkan kita didalam, Matius 7:21 Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.

Jadi jelas bagi kita yaitu orang-orang yang sudah dibenarkan didalam Yesus Kristus, maka kita wajib hidup sama seperti Kristus hidup jika kita ingin pada akhirnya diselamatkan dari kebinasaan kekal.

Oleh sebab itu sebagai orang percaya kita tidak punya pilihan lain selain mulai saat ini, kita harus meninggalkan segala bentuk kesenagan dunia dan mulai hidup sesuai keinginan Tuhan, jika kita masih ingin diselamatkan di dalam Kristus Yesus Tuhan saat Ia datang di dalam kemuliaan Bapa-Nya.

Jangan lupa untuk membaca juga : Berakar Di Dalam Dia

Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

tags: ,

Related For HIDUP SESUAI KEINGINAN TUHAN