HIDUP YANG TELAH DIUBAH DI DALAM TUHAN

RENUNGAN HARIAN 3626 Kali Dibaca

Renunganhariini.com : Renungan HarianHidup Yang Telah Diubah Di Dalam Tuhan. Syalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus. Renungan kita hari ini adalah, hidup yang telah diubah di dalam Tuhan.

Saudaraku, pada dasarnya hidup kekristenan yang kita jalani saat ini haruslah membuat cara hidup kita berbeda dari manusia pada umumnya, artinya menjalankan hidup sebagai orang percaya harus bisa mengubah setiap kita dalam memandang hidup ini dari sudut pandang yang berbeda.

Bila cara pandang kita terhadap hidup ini telah berubah, maka dengan sendirinya gaya hidup kita juga akan berubah. Perubahan cara kita memandang hidup sebagai orang percaya itu harus benar-benar nyata dalam seluruh gerak kehidupan kita, artinya fokus hidup kita saat ini sudah tidak lagi tertuju kepada perkara-perkara dunia, tetapi fokus hidup kita suluruhnya hanya ditujukan kepada Kerajaan Allah. Itulah yang dimaksudkan oleh firman Tuhan di dalam;

Matius 6:33 Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.

Tentu untuk memiliki cara pandang hidup yang berbeda dengan manusia pada umumnya, bukanlah persoalan yang mudah, bahkan saya harus jujur mengatakan bahwa ini memerlukan sebuah perjuangan atau sebuah usaha yang sangat sulit.

Kenapa saya katakan demikian?, karena selama ini banyak anak-anak Tuhan atau orang percaya yang merasa bahwa hidup mereka telah berubah, hanya dengan tidak lagi melakukan pelanggaran-pelanggaran moral umum, dan dipandang sebagai orang yang memiliki moral yang baik di mata orang-orang yang ada dilingkungannya.

Apalagi kalau ditambah dengan rajin ke gereja, aktif dalam berbagai kegiatan kerohanian, memiliki pengetahuan tentang alkitab, itu akan membuat orang-orang seperti ini lalu merasa bahwa mereka telah menjadi orang kristen yang baik, padahal cara pandang hidup mereka tidak berubah, artinya cara pandang hidup mereka masih tetap sama dengan orang-orang dunia pada umumnya. Itulah kenapa firman Tuhan katakan kita tidak boleh sama denngan dunia.

Hidup Yang Telah Diubah Di Dalam Tuhan

Renungan Harian Kristen : Hidup Yang Telah Diubah Di Dalam Tuhan | renunganhariini.com

Roma 12:2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Disini kita harus menyadari bahwa di dalam Kristus, kita harus memiliki cara pandang hidup yang berbeda. Artinya kalau kita merubah cara pandang hidup, itu berarti perubahan juga akan terjadi dalam gaya hidup kita, dimana kita tidak lagi tertarik dengan berbagai gaya hidup dunia, tetapi kita memiliki gaya hidup yang baru di dalam Tuhan.

Hal inilah yang sulit untuk dijalankan, karena kita sudah terlanjur memandang gaya hidup dunia sebagai gaya hidup yang normal, yang wajar, yang realistis. Itulah kenapa banyak orang percaya yang hampir-hampir atau nyaris tidak bisa memiliki gaya hidup yang berbeda dengan dunia. Hal ini terjadi karena gaya hidup dunia sudah terlajur mengakar dalam hidup kita selama bertahun-tahun atau bahkan puluhan tahun.

Kita harus mengerti dengan benar apa yang dikatakan oleh firman Tuhan tentang orang yang ada di dalam Kristus, atau orang yang telah menjadi ciptaan baru. Firman Tuhan katakan di dalam;

II Korintus 5:17 Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.

Persoalannya selama ini kita hanya memandang menjadi ciptaan baru di dalam Kristus itu hanya sebatas perubahan moral umum saja. Biasanya jarang ke gereja, sekarang rajin ke gereja, dulu suka mabuk, sekarang sudah tidak mabuk lagi, dulu suka clubing, sekarang tidak clubing lagi. Hanya hal-hal seperti ini yang berubah, tetapi gaya hidup tidak pernah berubah.

Saya katakan gaya hidup tidak pernah berubah, artinya banyak orang yang menganggap dirinya sudah di dalam Kristus, tetapi persoalan gaya hidup masih terus difokuskan kepada persoalan makan, minum, dan pakai. Punya fasilitas hidup yang nyaman seperti rumah, mobil, dan lain sebagainya.

Bukan berarti tidak boleh memiliki fasilitas hidup seperti itu, tetapi kalau kita sudah memiliki cara pandang hidup yang berbeda di dalam Kristus, maka semuanya itu sudah tidak boleh lagi menjadi tujuan utama dalam hidup.

Saat kita ada di dalam Kristus, dan kita hidup di dalam Dia, seharusnya kita hanya memiliki satu tujuan hidup yaitu, bagaimana kita hidup hanya untuk melakukan apa yang Allah Bapa di sorga kehendaki, dan inilah yang dikatakan hidup sama seperti Kristus telah hidup.

Cara pandang hidup yang baru itu harus sama seperti apa yang Paulus ungkapkan, setelah ia mengenal Kristus, dimana ia katakan di dalam;

Filipi 3:7 Tetapi apa yang dahulu merupakan keuntungan bagiku, sekarang kuanggap rugi karena Kristus. 3:8 Malahan segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia dari pada semuanya. Oleh karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh Kristus,

Prinsip hidup seperti inilah yang akan membuat kita semakin bergairah untuk mencari Tuhan, belajar turus untuk mengerti apa yang Tuhan inginkan, apa yang menjadi selera Tuhan, supaya kita bisa hidup melakukan kehendak-Nya. Dan Itulah yang membuat Paulus bisa berkata, seperti yang firman Tuhan katakan di dalam;

Filipi 1:21 Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan.

Dari pernyataan ini, kita bisa menangkap ada sebuah gaya hidup yang berbeda. Setelah Paulus berada di dalam Kristus, total gaya hidup dunia itu hilang lenyap, dan ia hanya mau mengutamakan Kristus diatas segal-galanya.

Inilah cerminan perubahan yang terjadi, dari cara pandang hidup yang berubah saat kita ada di dalam Kristus. Hidup yang dulu atau hidup yang lama sudah harus kita tanggalkan dan bahkan menganggapnya sampah, supaya kita bisa memperoleh Kristus.

Kiranya kebenaran ini mengubah cara pandang kita tentang hidup, supaya gaya hidup kitapun berubah sama seperti gaya hidup Kristus. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

Baca Juga Santapan Rohani :

Proses Keselamatan Di Dalam Tuhan – Bagian 1

Proses Keselamatan Di Dalam Tuhan – Bagian 2

Artikel by Pdt.Franky Tutuhatunewa | Copyright © 2016 – Original Content | Renunganhariini.com

tags: ,

Related For HIDUP YANG TELAH DIUBAH DI DALAM TUHAN