HIDUP YANG TERUS BERJAGA-JAGA

RENUNGAN HARIAN 7099 Kali Dibaca

Renungan hari ini 21 November 2013 adalah, Hidup yang terus berjaga-jaga. Pertanyaan kenapa kita harus hidup dan terus berjaga-jaga . . ?. Sebab Firman Tuhan katakan dalam 1 Petrus 5:8 Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.

Kita harus terus dalam sikap berjaga-jaga karena saat ini untuk sementara waktu, kita tidak berada di zona hidup yang nyaman, tetapi sebaliknya kita berada dizona hidup yang tidak nyaman karena setiap saat bila kita tidak berjaga-jaga maka iblis akan dengan mudah menelan kita untuk masuk kedalam kekuasaannya.

Hal ini akan sangat jauh berbeda dengan prinsip hidup dunia pada umumnya dimana cara berpikir mereka ialah yang terpenting mereka bisa menikmati dunia hari ini dan mati nanti dulu urusan belakang.

Bila ini terjadi pada diri orang percaya maka sesungguhnya ia sedang hidup dalam kebutaan sehingga ia tidak dapat melihat kenyataan bahwa sesungguhnya dirinya saat ini ada dalam cengkraman kuasa kegelapan. Mereka seperti orang yang sedang tertidur lelap karena terbuai dengan percintaan dunia.

Orang-orang seperti ini bahkan ke gereja sekalipun tidak memberi pencerahan pikiran yang bisa membuat mereka mengenali keadaan diri mereka, karena sudah terlanjur dibutakan oleh kesenangan dunia.

Sesungguhnya disinilah tugas dan perannan gereja untuk menyadarkan meraka dari kebutaan ini, karena kalau gereja tidak mampu untuk memberi pencerahan tentang bahya kehidupan dunia diakhir jaman ini, maka dapat dipastikan ada begitu banyak orang kristen atau orang percaya yang berjalan tanpa halangan apapun menuju kegelapan abadi.

Setiap orang yang percaya kepada Kristus Yesus menerima anugerah keselamatan didalam Tuhan Yesus, tetapi dalam hal ini anugerah tidak bisa menjadi penghalang untuk seseorang tidak masuk neraka. Sebab anugerah itu hanya merupakan jalan yang bisa dilalui oleh manusia supaya tidak meluncur ke kegelapan abadi. Tetapi apabila manusia menyia-nyiakan anugerah yang sudah disediakan tersebut, maka mereka pasti binasa juga.

Oleh sebab itu anugerah keselamatan dalam Tuhan Yesus Kristus itu bertujuan untuk mengubah gaya hidup anak-anak dunia menjadi anak-anak Allah. Artinya anugerah itulah yang membuat setiap manusia dilepaskan dari penjara kuasa kegelapan, tetapi harus merelakan dirinya untuk masuk dalam penjaranya Tuhan. Karena bila seseorang memberi diri masuk didalam penjaranya Tuhan, terikat dengan Tuhan, hidup dalam belenggu Tuhan dan mengikuti semua aturan Tuhan serta melakukan kehendak-Nya, maka ia akan menjadi orang yang dimerdekakan.

Dengan cara apa seseorang yang keluar dari penjara dunia dan kuasa kegelapan akan dimerdekakan . .?. Yaitu dengan cara menerima anugerah keselamatan tersebut dimana didalam anugerah itu terdapat penebusan, dan setelah ditebus setiap orang harus memberi diri untuk, belajar mengerti Firman Tuhan setiap saat, dan mau digarap oleh Tuhan secara intensif dalam pimpinan kuasa Roh Kudus, yang terus menuntun kepada kebenaran yang Tuhan kehendaki, dan inilah yang harus dilakukan oleh setiap orang percaya dengan tekun, karena tanpa usaha maka keselamatan tidak akan terwujud.

Setiap orang percaya yang mau diselamatkan harus berjuang untuk melapaskan diri dari tipu daya dunia dengan segala kesenangannya. Bagaimana supaya bisa melepaskan diri dari tipu daya dunia . . ?. caranya adalah mulai untuk merubah cara berpikir yang salah selama ini yaitu pola pikir dunia, lalu kenakan pikiran dan perasaan Kristus selama ia menjalani sisa hidupnya didunia ini.

Bila kita jujur, maka saat ini ada begitu banyak orang kristen atau anak-anak Tuhan yang terjerat keadaan dunia yang semakin rusak ini. Untuk keluar dari jeratan ini maka setiap orang harus terus berjaga-jaga dengan cara memaksa dirinya untuk berusaha mengerti akan kehendak Allah, lewat Firman kebenaran-Nya. Karena hanya dengan cara inilah yangmembuat cara berpikir seseorang akan berbeda dengan dunia.

Firman Tuhan katakan dalam Roma 12:2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Ingat pesan ini:

  1. Sikap hidup yang berjaga-jaga akan membuat kita peka terhadap tipu daya dunia.
  2. Tidak menjadi serupa dengan dunia akan membuat setiap orang berada pada jalur anugerah yang sesungguhnya yaitu meluncur ke Kerajaan Bapa di Sorga.
  3. Kalau hari ini kita tidak mau berubah, mungkin besok tidak ada lagi kesempatan untuk berubah. Amin.

Bila engkau diberkati dengan renungan ini, maka berikanlah link renungan ini kepada semua orang yang engkau kasihi. renunganhariini.com

Tuhan Yesus memberkati kita semua.

tags: , , ,

Related For HIDUP YANG TERUS BERJAGA-JAGA