INGATLAH AKAN PENCIPTAMU

RENUNGAN HARIAN 2353 Kali Dibaca

Renungan – Harian, 21 Februari 2015. Ingatlah Akan Penciptamu.

Syalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus. Pikiran manusia biasanya paling efektif untuk berpikir dan memiliki daya ingat yang tinggi yaitu disaat manusia itu masih dalam batas umur yang produktif, sebab bila umur manusia sudah mulai memasuki masa tua maka daya ingat manusia mulai menurun.

Firman Tuhan katakan di dalam, Pengkhotbah 12:1 Ingatlah akan Penciptamu pada masa mudamu, sebelum tiba hari-hari yang malang dan mendekat tahun-tahun yang kaukatakan: “Tak ada kesenangan bagiku di dalamnya!”,

Kenapa dikatakan “ingatlah penciptamu pada masa mudamu”?, karena kemampuan otak manusia yang di ciptakan Tuhan untuk berpikir nyaris tanpa batas, oleh sebab itu pikiran harus benar-benar digunakan disaat usia seseorang masih efektif untuk berpikir.

Kata “ingatlah” yang dipakai dalam ayat ini bila diterjemahkan dari teks bahasa aslinya maka juga berarti “mengenali” sedangkan “pada masa mudamu” berarti “sejak dini”. Artinya pada masa muda inilah manusia memiliki daya berpikir yang prima, dan tentu akan lebih efektif untuk mengenal Tuhan dengan benar.

Jadi bila kita bertolak dari pengertian bahasa aslinya maka “ingatlah penciptamu pada masa mudamu” dapat memberi pengertian “kenalilah penciptamu sejak dini”, artinya dalam usia muda ini kita sudah harus benar-benar belajar untuk mengenal Tuhan.

Ada orang-orang yang berpikir untuk mengenal Tuhan itu bisa nanti-nanti saja karena masih ada waktu, ini sangat keliru karena pengenalan akan Tuhan itu tidak bisa dalam waktu yang singkat, pengenalan akan Tuhan dengan benar itu butuh proses yang bertahap, bahkan sepanjang umur hidup kita proses pengenalan akan Tuhan itu terus berjalan sehingga kita bisa mengerti apa yang menjadi kehendak Tuhan.

Ingatlah Akan Penciptamu

Ilustrasi : Renungan Harian – Ingatlah Akan Penciptamu | renunganhariini.com

Jadi bila sejak muda seseorang sudah menggunakan pikirannya untuk terus memikirkan Tuhan, maka pikirannya akan terlatih untuk memahami Tuhan dengan baik dan benar.

Cara melatih diri kita untuk mengenal Tuhan dengan benar adalah, kita harus terus memberi waktu untuk merenungkan firman Tuhan siang dan malam.

Firman Tuhan katakan di dalam, Mazmur 1:1 Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh, 1:2 tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam.

Jadi waktu yang kita miliki sejak masih muda jangan dipergunakan untuk berbagai hal yang sia-sia, tetapi pergunakanlah waktu itu untuk terus mengingat Tuhan, dan merenungkan kebenaran firman Tuhan itu siang dan malam.

Itulah kenapa setiap orang percaya harus mengalami proses pembaharuan pikiran seperti yang firman Tuhan katakan di dalam Roma 12:2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Pembaharuan budimu yang dimaksud dalam ayat ini adalah cara berpikir kita atau mindset-nya kita yang harus terus diubah atau dibaharui. Proses pembaharuan pikiran dari hari ke hari inilah yang akan membuat kita pada akhirnya mampu mengasihi Allah dengan segenap hati dan segenap jiwa, dan dengan segenap akal budi kita.

Jangan lupa untuk menyimak juga : Mimpi Yang Tak Terbayangkan

Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

tags: ,

Related For INGATLAH AKAN PENCIPTAMU