INILAH JANJI ALLAH

RENUNGAN HARIAN 1402 Kali Dibaca

Renungan Harian – Senin, 9 Februari 2015. Inilah Yang Allah Janjikan.

Syalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus. Seringkali dalam perjalanan hidup ini tanpa di sadari kita sering mengarahkan pandangan kita kepada setiap keadaan yang ada disekitar kita sehingga apa yang kita lihat akan membuat kita bertanya-tanya dan berkata, “kenapa keadan hidupku tidak lebih baik dari orang itu, padahal saya kan anak Tuhan?”.

Persungutan seperti ini sering kita tidak menyadarinya, dan pada akhirnya kita seperti menuduh Tuhan tanpa kita sadari seakan-akan Tuhan tidak adil karena hidup orang lain bisa lebih baik dari kita. Hal ini terjadi akibat dari kita melihat keadaan orang lain, dan itu yang membuat kita tidak mampu melihat janji Tuhan, dan inilah janji Tuhan itu.

Firman Tuhan katakan didalam, Ibrani 13:5 Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: “Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau.”

Dari kebenaran ini kita harus melihat bahwa ada nasehat Tuhan yang kalau kita mengerti maksud dari nasehat itu, isinya atau muatannya adalah Tuhan tidak ingin kita binasa hanya karena menjadi hamba uang, oleh sebab itu firmanNya katakan, “Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu”

Artinya kalau hari ini orang lain bisa hidup berkecukupan bahkan berkelebihan, dan kita hanya cukup untuk makan dari sehari ke sehari, kita tidak perlu bersungut-sungut yang akan membuat kita jadi berdosa dihadapan Tuhan, karena sebagai orang percaya Tuhan mau supaya kita belajar mencukupkan diri kita dengan apa yang ada pada kita, seperti yang firman Tuhan katakan “cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu”.

Kalau kita mampu melakukannya, itu artinya hati kita tetap bersyukur karena dalam keadaan pas-pasan sekalipun Tuhan tetap membawa kita melewati hidup ini dengan tidak kekurangan sesuatu apapun.

Jangan melihat keadaan hidup orang lain, tetapi belajarlah mengarahkan pandangan kita kepada janji Tuhan, karena Ia bejanji, “Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau.” Kalau kita mengaku kita adalah orang percaya maka kita harus mempercayai janji ini.

Ingatlah bahwa, Allah itu setia pada janjiNya, dan janjiNya pasti digenapi, karena Ia sekali-kali tidak akan pernah mengingkari janjiNya.

Firman Tuhan katakan didalam, II Timotius 2:13 jika kita tidak setia, Dia tetap setia, karena Dia tidak dapat menyangkal diri-Nya.” Ini adalah kebenaran yang harus kita pegang teguh sepanjang hari-hari hidup kita, dimana kita tahu dalam keadaan yang sesulit apapun, Ia tetap Allah yang setia, Ia tetap Bapa yang baik yang tidak pernah menginggalkan anak-anakNya yang berharap dan percaya kepadaNya.

Seringkali yang membuat kita tidak mampu melihat janji Tuhan, karena kita selalu mengikuti keinginan hati kita untuk bisa memiliki hidup sama seperti yang orang lain yang tinggal didalam kecukupan dan kemewahan.

Inilah Janji Allah

Ilustrasi : Renungan Harian – Inilah Janji Allah | renunganhariini.com

Inilah kesalahan yang sering dilakukan banyak orang percaya, dan ini juga membuktikan betapa hati kita masih terikat dengan harta dunia, padahal semuanya itu tidak dapat membawa kita ke surga.

Sebagai orang percaya kita harus tetap ingat bahwa keinginan hati bisa menjadi perangkap yang akan membawa kita kepada kebinasaan.

Firman Tuhan katakan didalam, I Timotius 6:9 Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan. 6:10 Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka.

Itulah sebabnya kita harus belajar untuk mengarahkan pandangan hidup kita hanya kepada Tuhan, kepada kebenaran Tuhan, kepada janji Tuhan, dan bukan kepada dunia ini dengan segala keinginannya, karena dunia ini sedang lenyap dengan segala keinginannya, tetapi orang yang mengasihi Tuhan akan tetap hidup selama-lamanya.

Jadi jangan lihat kenikmatan hidup dunia, tetapi lihatlah bahwa ada rencana Tuhan yang indah didalam hidup kita, dimana setiap orang yang percaya kepadaNya, orang yang hidup sesuai dengan perintahNya, orang yang hidup melakukan kehendakNya, pada akhirnya akan turut memerintah bersama-sama dengan Tuhan didalam KerajaanNya.

Firman Tuhan katakan didalam, Roma 8:28 Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. 8:29 Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara. 8:30 Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula, mereka itu juga dipanggil-Nya. Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya.

Terpanggil sesuai dengan rencana Allah artinya kita tidak boleh lagi memiliki rencana lain diluar dari rencana Allah atas hidup kita, kita tidak boleh lagi memiliki keinginan lain diluar dari keinginan Allah atas hidup kita.

Pertanyaannya sekarang adalah, bagaimana kita bisa mengerti rencana Allah dan keinginan Allah atas hidup kita?.

Orang yang mau mengeti akan rencana Allah dan keinginan Allah dalam hidupnya harus terus bergaul dengan Allah, membangun persekutuan dengan Allah setiap hari, sehingga arah pandangan kita tidak lagi tertuju kepada dunia ini dengan segala kesenangannya, tetapi pandangan kita sudah tertuju kepada Kerajaan Allah, tertuju kepada langit baru dan bumi baru, tertuju kepada Yerusalem baru yang akan turun dari sorga.

Janji Allah akan hal inilah yang membuat Abraham sampai mati tetap setia kepada Allah, karena yang Ia rindukan adalah melihat apa yang dijanjikan Tuhan kepadanya.

Firman Tuhan katakan didalam Ibrani 11:13 Dalam iman mereka semua ini telah mati sebagai orang-orang yang tidak memperoleh apa yang dijanjikan itu, tetapi yang hanya dari jauh melihatnya dan melambai-lambai kepadanya dan yang mengakui, bahwa mereka adalah orang asing dan pendatang di bumi ini. 11:14 Sebab mereka yang berkata demikian menyatakan, bahwa mereka dengan rindu mencari suatu tanah air. 11:15 Dan kalau sekiranya dalam hal itu mereka ingat akan tanah asal, yang telah mereka tinggalkan, maka mereka cukup mempunyai kesempatan untuk pulang ke situ. 11:16 Tetapi sekarang mereka merindukan tanah air yang lebih baik yaitu satu tanah air sorgawi. Sebab itu Allah tidak malu disebut Allah mereka, karena Ia telah mempersiapkan sebuah kota bagi mereka.

Dan tanah air yang dirindukan oleh Abraham dan orang-orang yang terpanggil sesuai rencana Tuhan ini adalah Yerusalem Baru, dimana di Kerajaan inilah setiap orang percaya akan dipermuliakan bersama-sama dengan Tuhan Yesus Kristus, dan ikut memerinta dengan Kristus di dalam KerajaanNya.

Jangan lupa untuk menyimak juga : Menuju Yerusalem Baru

Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

tags: , ,

Related For INILAH JANJI ALLAH