INJIL LAIN

Tuesday, January 21st 2014. | Renungan Harian

renungan harian - injil lainRenungan hari ini 21 Januari 2014 adalah “Injil Yang Lain”. Sebelum membaca renungan ini mari kita berdoa.

Doa: Bapa didalam nama Tuhan Yesus Kristus, kembali kami datang dihadapanMu Tuhan, kami mau merendahkan diri dihadapanMu dan kami mau duduk diam dan membaca FirmanMu. Disingkat waktu ini ya Bapa urapi kami untuk mengerti akan kebenaranMu, supaya kami hidup sesuai kebenaranMu, kami boleh belajar mengerti akan injil kebenaran yang sesungguhnya dan bukan injil yang lain, didalam nama Tuhan Yesus Kristus pengurapan Allah menguasai segenap hidup kami, haleluya. Amin.

Kita harus jujur untuk melihat keadaan saat ini, dimana ada begitu banyak orang percaya atau orang kristen yang hatinya mulai berbalik dari pada Tuhan. Kenapa saya katakan berbalik dari pada Tuhan ?. Karena saat ini begitu banyak orang percaya atau orang kristen, lebih suka untuk mendengarkan kebenaran-kebenaran Firman Tuhan yang sesungguhnya bukan kebenaran yang murni, artinya bukan kebenaran yang sesuai dengan apa yang Tuhan Mau, dan orang-orang seperti ini lebih suka mendengarkan kebenaran Firman Tuhan yang bisa menyenangkan telinga mereka. Apabila kebenaran itu disampaikan berujung kepada berkat Tuhan, maka dengan serentak mereka akan mengaminkan kebenaran itu dengan keras, amin, amin, puji Tuhan.

Apakah kebenaran seperti ini tidak boleh disampaikan ?. saya tidak mengatakan tidak boleh disampaikan, boleh. Tetapi sepanjang kebenaran ini disampaikan hanya dengan maksud bagaimana orang percaya atau orang kristen bisa memanfaatkan Tuhan untuk menerima berkat-berkat Tuhan, maka inilah sesuatu yang bukan saja konyol, tetapi sangat konyol.

Kita harus melihat keadaan diri kita, bahwa kita ini siapa ?. Sebab kita ini bukan Tuhan, tetapi kita ini adalah manusia yang diciptakan oleh Allah yang sepatutnya harus tunduk dalam pengaturan Tuhan dan sebaliknya bukan memanfaatkan Tuhan.

Kalau kita mau menyadari dengan sunguh-sungguh bahwa kita ini hanyalah ciptaan, maka kita tidak berhak untuk menkleim apapun dari pada Tuhan, sebab kita tidak berhak atas sesuatu, dan Tuhanlah yang berhak atas hidup kita. Itulah sebabnya saya katakan bahwa saat ini ada begitu banyak orang percaya atau orang kristen lebih suka untuk mendengarkan injil yang lain dan bukan injil yang Murni, bukan kebenaran Firman Tuhan yang murni, dan inilah yang merupakan penyesatan terselubung yang terjadi didalam gereja Tuhan saat ini, dan hal ini tidak disadari oleh anak-anak Tuhan, tidak disadari oleh orang-orang percaya, tidak disadari oleh kebanyakan orang kristen.

Kenapa ?. Karena setiap orang percaya atau anak-anak Tuhan lebih senang kalau mendengar sesuatu yang merupakan janji-janji Tuhan supaya mereka diberkati, mereka dicukupi, mereka bisa menikmati kehidupan ini dengan sangat luar biasa. Lalu apalagi ujung-ujungnya dikatakan bahwa percayalah bahwa kita ini umat pemenang, ini hal yang konyol. Kenapa saya katan konyol ?. Karena sesungguhnya yang menjadi umat pemenang itu adalah, orang-orang yang mau masuk dan mengambil bagian didalam penderitaan bersama-sama dengan Kristus, samapai diujung nafasnya yang terakhir ia tetap taat, ia tetap setia, ia tetap hidup takut akan Tuhan. Inilah umat pemenang yang sesungguhnya.

Jadi menjadi orang percaya itu bukan hanya datang ke gereja setiap hari minggu selama dua jam, lalu duduk dengar Firman Tuhan dan Firman Tuhan yang disampaikan hanyalah, Allah itu baik, Allah itu berkuasa memberkati, Allah itu sanggup menolong, Allah itu panjang sabar, tetapi kita lupa Allah itu juga Allah yang adil yang tidak akan pernah melepaspan orang yang bersalah dari hukuman.

Lalu sering kebenaran juga disampaikan, kalau orang kristen, atau orang yang mengaku percaya kepada Kristus, maka kehidupannya everything it’s ok, everything it’s running well, atau dengan kata lain semua berjalan baik-baiak saja. Kalau seperti ini keadaannya maka saya mau katakan dengan jujur bahwa ini penyesatan, sebab kekristenan yangh sesungguhnya adalah, setiap orang yang berkata ia percaya kepada Kristus harus berani untuk masuk dan  mengambil bagian didalam penderitaan Kristus dan hidup sama seperti Kristus hidup, memikiul salib, membayar harga yang harus dibayar samapi diujung nafasnya yang terakhir. Inilah kekristenan yang murni.

Kalau saat ini kita mendengarkan kebenaran seperti ini, janganlah ada rasa curiga bahwa saya sedang menyerang gereja-geraja yang lain, tidak, saya katakan dengan jujur tidak. Tetapi yang saya inginkan adalah dizaman akhir ini, setiap orang percaya harus mengerti kebenaran Firman Tuhan yang murni. Apa yang saya katakan injil yang lain, itu bukanlah saya yang mengatakannya tetapi Firman Tuhan yang mengatakannya.

Dalam Galatia 1:6 Aku heran, bahwa kamu begitu lekas berbalik dari pada Dia, yang oleh kasih karunia Kristus telah memanggil kamu, dan mengikuti suatu injil lain, 1:7 yang sebenarnya bukan Injil. Hanya ada orang yang mengacaukan kamu dan yang bermaksud untuk memutarbalikkan Injil Kristus. 1:8 Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu, terkutuklah dia. 1:9 Seperti yang telah kami katakan dahulu, sekarang kukatakan sekali lagi: jikalau ada orang yang memberitakan kepadamu suatu injil, yang berbeda dengan apa yang telah kamu terima, terkutuklah dia.

Jadi ini kebenaran, kita tidak bisa menutup mata, kita juga tidak bisa mengunci hati kita untuk tidak menerima kebenaran ini. Inilah kebenaran yang saya maksudkan dengan injil yang lain disini. Apabila kita mau belajar kebenaran Firman Tuhan dengan sungguh-sungguh, maka tidak ada satu kebenaran Firmanpun yang mengajarkan kita sebagai orang percaya, sebagai anak-anak Tuhan, sebagai orang kristen, untuk hidup menikmati berkat-berkat dunia, untuk hidup menikmati kesenangan dunia. Tetapi saat ini banyak kebenaran yang disampaikan diatas mimbar bagaimana mengajarkan orang percaya untuk memanfaatkan Tuhan, supaya mereka bisa menikmati berkat-berkat Tuhan, bisa mencukupi hidup mereka supaya mereka bisa menikmati kesenangan dunia, dan saya harus jujur katakan bahwa disinilah penyesatan itu.

Sebab saat ini ada banyak pengajaran yang membuat mata hati orang percaya atau orang kristen menjadi buta. Kenapa ?. Karena yang seringkali kita dengar dalam setiap ibadah, yang selalu diteriakkan oleh hamba-hamba Tuhan, percayalah sebagai anak-anak Tuhan, berkat bangsa-bangsa akan dikirimkan kepadamu.

Memahami kebenaran Firman Tuhan, kita tidak bisa mengambil satu ayat Firman Tuhan yang hanya bisa menyenangkan hati kita. Kalau dikatakan berkat bangsa-bangsa akan dikirimkan kepadamu, kita harus lihat konteksnya, lihat keadaannya, siapa yang mengatakan, pada waktu mana itu dikatakan, dan ditujukan untuk siapa ?. Jadi kita tidak bisa mengambil kebenaran Firman Tuhan begitu lalu mengkleim bahwa ini janji Tuhan buat semua orang percaya, ini bukan saja salah, tetapi benar-benar salah. Itulah mengapa seringkali saya katakan belajr Firman Tuha itu jangan sepotong-sepotong.

Mungki kita bisa berkata “ tapi kan ada janji, kalau kita meminta Tuhan pasti akan memberikan”, benar, benar sekali. Tetapi ingat bahwa kebenaran Firman Tuhan itu harus secara untuh dimengerti. Sebagai contoh, kalau Firman Tuhan katakan “mintalah apa saja yang kamu kehendaki dan kamu akan menerimanya” jangan mengambil sebagian kebenaran ini, tetapi bacalah kebenaran Firman Tuhan itu secara utuh.

Merujuk kepada mintalah apa saja dan kamu akan menerimanya, maka kita bisa lihat didalam Yohanes 15:6 Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia dibuang ke luar seperti ranting dan menjadi kering, kemudian dikumpulkan orang dan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar. 15:7 Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.

Jadi yang perlu diperhatikan adalah, dikatakan Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia dibuang ke luar. Tinggal didalam aku maksudnya tinggal didalam Kristus, sepikiran dengan Kristus, seperasaan dengan Kristus, tinggal didalam Firman Tuhan dan melakukan kehendakNya. Ini yang Tuhan mau, dan ini yang berkenan. Jadi bukan karena kita ini orang kristen atau orang percaya lalu main kleim sesuka hati kita. Tidak pantas kita mengkleim sesuatu dihadapan Tuhan, dan seharusnya kita malu kalau kita tidak benar-benar hidup sesuai dengan apa yang Tuhan mau.

Kalau kita hidup sesuai dengan kebenaran Tuhan lalu kita meminta kepada Tuhan, bukan berarti meminta untuk kita bisa meikmati dunia ini, tetapi seperti Firman Tuhan katakan didalam doa Bapa Kami, Matius 6:11 Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya. Ingat doa ini diajarkan oleh Tuhan Yesus, artinya Tuhan mau setiap orang percaya harus hidup seperti ini. Jadi hanya cukup bagi diri kita dan keluarga. Lalu bagaimana kalau kita berlebihan ?. Kalaupun kita berlebihan, kita harus menjadi berkat bagi banyak orang, karena untuk itulah kita dipanggil, jadi bukan menikmati dan menutup mata untuk penderitaan orang lain yang ada disekitar kita. Cara hidup seperti inilah yang Tuhan mau, yang membuat kita mampu mengucap syukur didalam segala hal, didalam segala keadaan.

Itulah sebabnya Firman Tuhan juga mengingatkan kita didalam 1 Timotius 6:8 Asal ada makanan dan pakaian, cukuplah. Jadi mulai saat ini belajarlah Firman Tuhan dengan sungguh-sungguh, belajar mengerti isi hati Tuhan dengan sungguh-sungguh.

Ingat pesan ini:

  1. Kalau kita menerima injil yang lain, injil yang hanya membuat kita jatuh cinta kepada dunia ini, dan terus menikmati dunia ini dengan segala kesenangannya, maka kita akan menjadi orang-orang yang akan binasa.
  2. Tanamkan dalam hati kita setiap saat, bahwa yang Tuhan mau kita tetap tinggal didalam FirmanNya dan FirmanNya tinggal didalam kita.
  3. Asal ada makanan dan pakaian, itu cukup bagi kita, sehingga kita mengucap syukur bahwa pemeliharaan Bapa di Sorga sempurna atas kehidupan kita.

Kiranya kebenaran ini memberkati kita semua. Dan jikalau engkau diberkati dengan kebenaran ini, maka berikanlah link renungan ini kepada semua orang yang engkau kasihi. renunganhariini.com. Tuhan Yesus memberkati kita semua.

Incoming search terms:

  • Renungan kristen 21 Januari 2014
  • kata2 menurut Firman Yesus Kristus
  • renungan katolik tentang syukur
  • renungan katolik minggu biasa ke 3
  • Renungan Ibrani 8:12
  • renungan ibadat sabda
  • renungan harian tanggal 21 oktober 2013
  • renungan harian semangat baru SABDA
  • Renungan harian Perempuan Kristen
  • renungan harian kristen sepanjang bulan januari
tags: , , , ,

Related For INJIL LAIN

Leave a Reply