KAMU TELAH DIBELI DAN HARGANYA LUNAS DIBAYAR

RENUNGAN HARIAN 2542 Kali Dibaca

Renungan Harian Kristen – Syalom saudaraku yang kikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, renungan kita hari ini mengambil tema Kamu Telah Dibeli Dan Harganya Lunas Dibayar. Kalimat ini terdapat di dalam I Korintus 6:20 Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!

Bila kita mau melihat dalam teks asli alkitab maka kamlimat ini berbunyi “gar agorazo teemay” yang artinya bahwa kamu telah dibeli dengan suatu harga. Kalimat ini jelas mengisyaratkan bahwa ada konsekuensi dalam karya keselamatan yang Tuhan kerjakan.

Konsekuensi itu tentu ada pada dua pihak yaitu pada pihak Tuhan dan juga ada pada pihak kita sebagai manusia. Ini artinya bila kita lihat konsekuensi dari pihak Tuhan tentu bertujuan untuk merebut kita dari tangan kuasa kegelapan atau dari tangan si jahat dan juga dari api neraka yang kekal. Dan konsekuensi ini harus Tuhan Yesus bayar dengan harga yang mahal. Sebagai orang percaya kita tahu bahwa harga yang Tuhan bayar itu sangat mahal, karena harus dibayar dengan penderitaan yang luar biasa, bahkan sampai harus mencucurkan darahnya yang kudus diatas kayu salib.

Oleh sebab itu sebagai orang percaya kita harus sungguh-sungguh menyadari bahwa keselamatan yang telah kita terima lewat pengorbanan Tuhan Yesus diatas kayu salib itu bukanlah sesuatu yang murah, sebab Tuhan Yesus mau berkorban untuk menanggung dosa, yang sesungguhnya bukanlah dosa-Nya.

Inilah yang dimaksud dari konsekuensi yang harus di pikul oleh Tuhan, dan Ia telah melakukannya dengan sempurna sehingga sekarang di dalam Dia kita beroleh janji keselamatan.

Bila demikian sekarang bagaimana dengan konsekuensi dari pihak kita sebagai manusia yang telah ditebus oleh Tuhan Yesus Kristus dari tangan kuasa si jahat?. Konsekuensinya adalah seperti yang firman Tuhan katakan bahwa “kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar” artinya sekarang kita harus sadar bahwa kita sudah menjadi milik Tuhan, dan bukan milik kita sendiri.

Menyadari bahwa setelah kita ditebus oleh Tuhan dan sepenuhnya hidup kita menjadi milik Tuhan, bukan hanya sekedar membuat kita merasa aman dalam perlindungan Tuhan, tetapi kita juga harus sadar sungguh bahwa ada sebuah konsekuensi besar yang harus kita pikul.

Kamu Telah Dibeli Dan Harganya Lunas Dibayar

Ilustrasi : Kamu Telah Dibeli Dan Harganya Lunas Dibayar | Renungan Harian Kristen | www.renunganhariini.com

Konsekuensi itu adalah kita harus rela mengubah gaya hidup kita yang dulunya tinggal didalam gaya hidup kuasa gelap karena dikuasai oleh iblis, menjadi gaya hidup yang sama seperti Kristus, karena kita telah sepenuhnya menjadi milik Tuhan Yesus Kristus.

Perubahan ini harus mengantarkan kita untuk hidup seirama dengan Kristus yaitu hidup hanya untuk melakukan kehendak Bapa-Nya di sorga. Itulah kenapa orang percaya seharusnya sudah tidak boleh terikat lagi dengan gaya hidup dunia. Sebab kalau kita masih mau terikat dengan gaya hidup dunia, maka gaya hidup dunia akan kembali menarik kita kedalam kuasa kegelapan, dan bila hal ini terjadi maka sudah tidak ada lagi penebusan untuk ke dua kalinya.

Itulah kenapa firman Tuhan katakan didalam I Yohanes 2:6 Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup.

Ini merupakan konsekuensi yang harus kita pikul, kalau kita benar-benar mau diselamatkan didalam Tuhan Yesus Kristus. Tentu untuk hidup sama seperti Kristus hidup bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan, tetapi jika kita mau maka Allah akan memberikan kekuatan kepada kita untuk bisa melewati semuanya.

Kalau dulu kita hidup mengikuti hawa nafsu kedagingan kita, maka sekarang kita harus hidup mengikuti keinginan-Nya, selera-Nya, kemauan-Nya, dan semuanya itu yang dikatakan, hidup hanya untuk melakukan kehendak Bapa di Sorga.

Ingat jika kita mau benar-benar diselamatkan oleh Tuhan Yesus Kristus, maka kita tidak bisa menghindari konsekuensi ini, sebab konsekuensi yang sudah Tuhan Yesus kerjakan bagi kita diatas kayu salib membuat kita menjadi orang berhutang.

Firman Tuhan katakan didalam Roma 8:12 Jadi, saudara-saudara, kita adalah orang berhutang, tetapi bukan kepada daging, supaya hidup menurut daging.

Pilihan selalu ada ditangan setiap kita sebagai orang percaya, apakah kita mau menjalani konsekuensi hidup sebagai orang yang menerima keselamatan di dalam Kristus atau tetap mengikuti si jahat yang akan mengantarkan kita kepada kebinasaan kekal.

Jangan lupa baca juga renungan : Jangan Menunda Membereskan Dosa

Kiranya kebenaran ini memberkati kita semua. Amin.

tags:

Related For KAMU TELAH DIBELI DAN HARGANYA LUNAS DIBAYAR