KASIH KARUNIA HARUS DI RESPONI

RENUNGAN HARIAN 1459 Kali Dibaca

Syalom sahabat renunganhariini.com yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus. Renungan hari ini kita akan kembali berbicara tentang kasih karunia yang kita bahas secara berseri. Saat ini kita akan mengambil tema, Kasih Karunia Harus Di Respon.

Judul ini mungkin akan meninggalkan tanda tanya dalam hati sebagaian dari orang percaya atau anak-anak Tuhan yang memiliki pandangan bahwa kalau Tuhan Yesus sudah mati diatas kayu salib itu berarti sudah cukup untuk membawa kita kepada keselamatan, tetapi mari kita teliti kebenaran firman Tuhan dengan hati nurani yang jujur.

Dengan pernyataan bahwa kasih karunia harus diresponi oleh setiap manusia, sebagaian orang percaya mungkin saja rasanya terganggu, karena seolah-olah karya keselamatan dalam Tuhan Yesus Kristus itu belum cukup, apalagi ada pandangan dari sebagain orang percaya atau anak-anak Tuhan bahwa mana mungkin kita bisa hidup sama seperti Kristus hidup ?.

Saudara-saudaraku yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus, mari kita buka hati kita dan berpikir dengan jujur, kalau kasih karunia sudah tidak perlu lagi diresponi karena sudah cukup Tuhan Yesus mengerjakannya dengan mati diatas kayu salib, pertanyaannya sekarang kenapa Tuhan Yesus selalu menyerukan panggilan pertobatan ?, bila semua sudah dikerjakan Tuhan dan manusia tidak perlu meresponinya lagi.

Mari kita lihat kebenaran firman Tuhan dalam Matius 12:36 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman. 12:37 Karena menurut ucapanmu engkau akan dibenarkan, dan menurut ucapanmu pula engkau akan dihukum.

Dari kebenaran ini kita bisa menangkap pesan bahwa pada akhirnya kita akan tetap menghadapi penghakiman Allah untuk mempertanggungjawabkan setiap ucapan dan perbuatan kita. Roma 14:12 Demikianlah setiap orang di antara kita akan memberi pertanggungan jawab tentang dirinya sendiri kepada Allah.

Lalu mari kita lihat lagi apa yang dikatakan oleh Paulus kepada jemaat di korintus, didalam II Korintus 5:9 Sebab itu juga kami berusaha, baik kami diam di dalam tubuh ini, maupun kami diam di luarnya, supaya kami berkenan kepada-Nya. 5:10 Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Kristus, supaya setiap orang memperoleh apa yang patut diterimanya, sesuai dengan yang dilakukannya dalam hidupnya ini, baik ataupun jahat.

Jadi bila keselamatan tidak perlu lagi diresponi oleh setiap manusia yang mau percaya kepada Allah didalam Tuhan Yesus Kristus, pertanyaanya sekarang kebenaran firman Tuhan yang sudah kita baca diatas tadi ditujukan untuk siapa ?.

Firman Tuhan katakan “Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Kristus” itulah kenapa Paulus sendiri mengatakan didalam I Korintus 9:27 Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak. Dari kalimat ini kita bisa melihat ada kegentaran dalam hati Paulus, jangan sampai selesai memberitakan injil, atau selesai melayani ia sendiri ditolak oleh Tuhan.

Kenapa ditolak ? karena Paulus takut kalau-kalau hidupnya tidak berpadanan dengan injil Kristus, atau tidak hidup sama seperti Kristus hidup. Itulah kenapa firman Tuhan katakan dalam Filipi 2:12 Hai saudara-saudaraku yang kekasih, kamu senantiasa taat; karena itu tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar, bukan saja seperti waktu aku masih hadir, tetapi terlebih pula sekarang waktu aku tidak hadir,

Artinya apa yang sudah Tuhan Yesus kerjakan diatas kayu salib sehingga setiap kita yang percaya kepadaNya tidak binasa melainkan memperoleh hidup yang kekal, harus bertindak atau meresponi kasih karunia Tuhan tersebut dengan cara menjaga hidup ini supaya terus berpadanan dengan injil Kristus, itulah kenapa firman Tuhan katakan kita wajib hidup sama seperti Kristus hidup. Kalau wajib artinya tidak bisa ditawar lagi.

Bila ada orang yang beranggapan sudah cukup Tuhan Yesus mengerjakannya bagi kita, dan sekarang kita hidup sebagai anak-anak Tuhan yang bisa menikmati dunia ini dengan kesenangannya sesuka hati kita, maka saya harus berkata dengan jujur bahwa cara hidup seperti ini akan berujung pada kebinasaan kekal.

Firman Tuhan katakan dalam Ibrani 12:14 Berusahalah hidup damai dengan semua orang dan kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorang pun akan melihat Tuhan. Pertanyaannya untuk siapa kebenaran ini kalau bukan merupakan nasihat Tuhan untuk setiap orang percaya, setiap anak-anak Tuhan.

Itulah kenapa Paulus katakan dalam Filipi 3:17 Saudara-saudara, ikutilah teladanku dan perhatikanlah mereka, yang hidup sama seperti kami yang menjadi teladanmu. 3:18 Karena, seperti yang telah kerap kali kukatakan kepadamu, dan yang kunyatakan pula sekarang sambil menangis, banyak orang yang hidup sebagai seteru salib Kristus.

Seteru salib Kristus artinya orang-orang yang samasekali tidak menghargai pengorbanan Kristus yang datang membawa kasih karunia dari Allah Bapa di sorga, sebab orang yang menghargai pengorbanan Kristus diatas kayu salib maka ia akan melihat bahwa pengorbanan Kristus memiliki muatan ketataan dalam melakukan kehendak Allah Bapa di sorga, sebab hanya orang yang melakukan kehendak Bapa di sorga akan dikenal sebagai anak-anakNya yang berkenan.

Disinilah setiap orang percaya dituntut untuk membuka mata hati dan pikiran untuk melihat akan setiap kebenaran firmanNya yang murni dan hidup didalam firmanNya dari hari lepas hari sampai Tuhan datang. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

tags: ,

Related For KASIH KARUNIA HARUS DI RESPONI