KEINGINAN YANG TIDAK SESUAI KEHENDAK TUHAN

RENUNGAN HARIAN 3106 Kali Dibaca

Renunganhariini.com : Renungan HarianKeinginan Yang Tidak Sesuai Kehendak Tuhan. Syalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus. Renungan hari ini adalah Keinginan Yang Tidak Sesuai Kehendak Tuhan.

Saudaraku, sebagai orang percaya kita harus mampu mengontrol setiap keinginan hati dan pikiran yang timbul dalam diri kita, sebab apapun keinginan hati kita, bila itu tidak sesuai dengan kehendak Tuhan, maka hal itu adalah jahat dimata Tuhan.

Kita harus mulai menyadari saat ini bahwa keinginan hatilah yang sering membuat kita terjatuh dalam berbagai-bagi pencobaan. Dan hal itu tidak dapat kita sangkal, karena itulah yang firman Tuhan katakan, seperti apa yang ditulis di dalam;

Yakobus 1:13 Apabila seorang dicobai, janganlah ia berkata: “Pencobaan ini datang dari Allah!” Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapa pun. 1:14 Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya. 1:15 Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut.

Dari ayat firman Tuhan ini kita bisa mengerti bahwa kalau ada pencobaan yang kita alami dalam hidup ini, maka pencobaan itu sepenuhnya lahir atau merupakan buah dari keinginan hati yang kita miliki.

Bahaya dari keinginan hati yang tidak sesuai kehendak Tuhan

Kita harus serius memperhatikan seluruh keinginan hati kita setiap saat, apakah keinginan hati kita sesuai dengan kehendak Tuhan atau tidak, sebab bila tidak sesuai kehendak Tuhan maka itu merupakan hal yang dapat membahayakan diri kita pada akhirnya.

Firman Tuhan katakan diatas bahwa “Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut. Jadi disini kita harus benar-benar waspada dengan keinginan yang kita miliki, karena bila keinginan itu di luar kehendak Tuhan, maka akan dapat berakibat kepada kebinasaan bila kita tidak segera melepaskan diri dari keinginan tersebut, sebab firman Tuhan telah mengatakan bahwa tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri.

Keinginan Yang Tidak Sesuai Kehendak Tuhan

Renungan Harian Kristen : Keinginan Yang Tidak Sesuai Kehendak Tuhan | renunganhariini.com

Itulah kenapa saat ini kita harus mulai menyadari bahwa ada bahaya yang terus mengancam hidup kita bila kita memiliki keinginan yang tidak sesuai dengan kehendak Tuhan.

Bagaimana mengerti kehendak Tuhan

Untuk bisa mengontrol keinginan diri, maka kita harus benar-benar belajar untuk mengerti kehendak Tuhan setiap hari, sebab hanya dengan mengerti kehendak Tuhan maka kita bisa membedakan mana keinginan diri yang dapat membawa kita kepada kebinasaan, dan mana keinginan diri yang sesuai dengan kehendak Tuhan.

Persoalannya sekarang yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana kita bisa mengerti akan kehendak Tuhan?.

Belajar mengerti akan kehendak Tuhan tentu merupakan persoalan serius yang harus kita perkarakan setiap hari, sebab tidak mudah untuk bisa mengerti apa yang menjadi kehendak Tuhan dalam waktu yang singkat.

Hal ini terjadi, tentu karena sudah terlalu lama kita membiarkan diri kita untuk selalu mengikuti semua keinginan diri sendiri tanpa memperkarakan keinginan tersebut dengan Tuhan, apakah keinginan itu berkenan kepada Tuhan atau tidak.

Saudaraku, saya katakan untuk mengerti kehendak Tuhan itu tidak mudah, karena dalam realita kehidupan kita setiap hari, kita selalu memiliki kecendrungan untuk memuaskan dan menyenangkan diri dengan berbagai keinginan yang lahir dari hati dan pikiran kita.

Hal ini jugalah yang sering membuat saya berdoa dan memohon kepada Tuhan dengan kalimat seperti ini, “matikanlah aku ya Tuhan setiap hari dari segala keinginan yang tidak berkenan di hadapanMu”.

Saudaraku, untuk bisa benar-benar mengerti akan kehendak Tuhan, maka kita harus mengisi hati dan pikiran kita setiap hari hanya dengan kebenaran firman Tuhan, sebab hanya firman yang sanggup mengubah kita.

Tanpa mengisi hati dan pikiran kita dengan firman Tuhan, serta belajar tunduk kepada setiap perintah Tuhan maka mustahil kita bisa mematikan keinginan diri. Firman Tuhan katakan di dalam;

Ibrani 4:12 Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua mana pun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.

Dengan terus mengisi hati dan pikiran kita setiap hari dengan kebenaran firman Tuhan, maka kita akan semakin dimurnikan, dan semakin mengerti apa yang Tuhan kehendaki yang harus kita perbuat.

Untuk hal yang satu ini kita tidak bisa main-main, itulah kenapa firman Tuhan mengajarkan kepada kita supaya dalam hidup kita bersama, kita harus mengenakan pikiran dan perasaan Kristus, supaya apa yang kita pikirkan semua sesuai dengan apa yang firman Tuhan katakan di dalam;

Filipi 4:8 Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yan benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.

Ini semua merupakan buah pikiran yang berkenan dihadapan Tuhan, dan memikirkan semua itu akan membuat kita tidak pernah lagi memikirkan segala sesuatu yang tidak sesuai dengan kehendak Tuhan, artinya terjadi perubahan diri dalam setiap gerak hidup kita, dan itulah yang firman Tuhan maksudkan dalam;

Roma 12:2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Mengerti akan kebenaran ini, sesungguhnya harus membuat kita semakin menjaga hati dan pikiran kita dengan serius. Itulah kenapa firman Tuhan menasehati kita seperti yang ditulis di dalam;

Amsal 4:23 Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.

Jadi sekarang kita tahu bahwa ada perkara serius yang harus kita selesaikan, yaitu mengontrol setiap keinginan hati kita tiap hari, supaya semua yang kita inginkan, semua yang kita pikirkan, semuanya itu merupakan kehendak Allah, karena setiap keinginan yang tidak sesuai dengan kehendak Tuhan adalah merupakan perbuatan yang jahat dimata Allah. Kiranya kebenaran ini memberkati kita semua. Amin.

Jangan Lupa Baca Juga Renungan :

Asal Ada Makanan Dan Pakaian Cukuplah

Artikel by Frank Tutu | Copyright © 2015 – Original Content | renunganhariini.com

tags: ,

Related For KEINGINAN YANG TIDAK SESUAI KEHENDAK TUHAN