KEJARLAH KEKUDUSAN

RENUNGAN HARIAN 2537 Kali Dibaca

Renungan hari ini 1 Januari 2014 adalah “Kejarlah Kekudusan”. Sebelum membaca renungan ini terlebih dahulu mari kita berdoa.

Doa:  Allah Bapa didalam kerajaan Sorga, sungguh kami mengucap syukur karena kasih setiaMu saat ini kami boleh ada di hari pertama tahun 2014, Tuhan biarlah saat kami membaca renungan ini, Engkau beri kami mengerti akan kebenaranMu sesuai dengan apa yang Engkau kehendaki, supaya mengawali tahun 2014 ini kami semakin lebih lagi bergairah untuk hidup didalam kebenaranMu. Kuduskan hidup kami ya Tuhan jika dipanjang 2013 ada sikap hidup kami yang melukai hatiMu ampunilah kami, supaya kami didapatkan kudus dan berkenan dihadapanMu. Dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami berdoa, haleluya. Amin.

Dengan kerendahan hati saya ingin mengucapkan selamat tahun baru 2014, biarlah di tahun yang baru ini sebagai orang percaya kita mau semakin memacu diri kita untuk mengejar kekudusan serta terus tinggal dalam kebenaran Tuhan.

Seperti biasanya saat detik-detik tahun berganti seluruh manusia didunia sangat menanti-nantikan datangnya pergantian tahun, dan tepat saat jarum jam menunjukan pukul 00.00 WIB, terlihat suasana pemandangan diudara begitu berbeda dari biasanya, karena dipenuhi dengan berbagai warna-warni kembang api, termasuk ditempat dimana kami tinggal hampir semua orang berhamburan keluar rumah untuk menikmati suasana indahnya kembang api.

Ditengah-tengah keramaian suasana semua orang menyambut tahun baru dengan begitu antusias tiba-tiba saya seperti diingatkan satu hal yang cukup mengejutkan saya dimana ada sebuah pertanyaan yang muncul tiba-tiba dalam hati saya yaitu “ bagaimana kalau saat ini tiba-tiba Tuhan datang, apakah engkau sudah siap ?” sejenak saya terdiam lalu dalam hati saya berdoa “ Tuhan kuduskan hidupku, murnikan hidupku agar ku didapatkan layak dan berkenan dihadapanMu”. Sungguh pertanyaan itu membuat saya benar-benar gentar dihadapan Tuhan.

Sesungguhnya bukan hanya gentar tetapi saya tiba-tiba berpikir kenapa untuk hal yang seperti ini manusia begitu antusias, sebab untuk menikmati malam tahun baru, ada orang-orang tua yang rela untuk mendorong anaknya yang masih bayi dan telah tertidur digerobak bayi, karena memang waktunya sudah hampir jam 12.00 malam. Pemandangan ini membuat saya berpikir kenapa untuk mencari Tuhan manusia atau orang-orang percaya tidak seantusias ini, ditambah lagi ada penyanyi sekuler yang hadir untuk meramaikan suasana malam tahun baru dan saat ia mulai bernyanyi suara histeris dari semua pengunjung terdengar begitu meriah dan bising, lalu saya berpikir lagi kenapa untuk Tuhan tidak seantusias ini ?.

Saat renungan ini saya persiapkan, saya berdoa dan bertanya kepada Tuhan, “ Tuhan renungan apa yang harus hamba tulis ? ”, Lalu Tuhan ingatkan satu hal yaitu tulislah tentang “Kejarlah kekudusan” dan itulah yang dikatakan Firman Tuhan di dalam Ibrani 12:14 Berusahalah hidup damai dengan semua orang dan kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorang pun akan melihat Tuhan.

Kenapa Tuhan mau ingatkan supaya berusahalah hidup damai dengan semua orang, karena Tuhan tahu benar kedalaman isi hati manusia. Tahun boleh berganti namun seringkali masih banyak orang percaya atau anak-anak Tuhan yang hatinya masih dipenuhi dengan kebencian, amarah, dendam, kepahitan, dan begitu sulitnya untuk mau memaafkan serta mengampuni orang lain, itulah mengapa saat ini Tuhan mau ingatkan kembali bahwa berusahalah hidup damai dengan semua orang.

Apakah dengan berdamai dengan semua orang itu sudah cukup ?. Ternyata belum, karena yang Tuhan mau sebagai anak-anakNya kita harus mengejar kekudusan karena tanpa kekudusan hidup Firman Tuhan katakan tidak seorangpun akan melihat Tuhan. Jadi  berusaha berdamai dengan semua orang adalah merupakan langkah awal dari perjalanan orang percaya untuk mengejar kekudusan, karena kita tidak mungkin mengejar kekudusan kalau hati kita masih terlihat kotor dihadapan Tuhan, akibat dipenuhi dengan kebencian hingga menjadi kepahitan terhadap sesama, baik itu kebencian atau kepahitan kepada istri, suami, orang tua, anak-anak, atau orang-orang yang ada dilingkungan dimana saja kita berada.

Pada renungan sebelumnya saya sudah katakan bahwa dengan bergantinya tahun 2013 memasuki tahun 2014 berarti kita harus selalu ingat bahwa waktu Tuhan sudah semakin dekat, itulah sebabnya saat ini kita kembali diingatkan untuk berusaha berdamai dengan semua orang dan mengejar kekudusan. Kalau Tuhan masih mau mengingatkan kita saat ini karena Ia sangat mengasihi kita semua dan Tuhan tidak mau ada satupun manusia yang binasa, oleh sebab itu jangan sampai kita menjadi manusia yang masa bodoh dengan peringatan ini.

Peringatan Tuhan ini harus  disadari sebagai panggilan Tuhan untuk setiap manusia yang ingin masuk kedalam kehidupan kekal, dan kita harus ingat kalau kita mengabaikan peringatan ini, berarti itu sama dengan kita menolak panggilan Tuhan dan secara tidak langsung kita menjadi bagian dari orang-orang yang tidak terpilih. Itulah sebabnya Firman Tuhan katakan dalam Matius 22:14 Sebab banyak yang dipanggil, tetapi sedikit yang dipilih.”

Mengejar kekudusan adalah merupakan sebuah perlombaan yang diwajibkan bagi semua orang percaya, dan kita harus masuk dalam perlombaan tersebut. Kalau kita tidak mau masuk dalam perlombaan yang diwajibkan, berarti kita tidak akan pernah keluar sebagai pemenang, dan hanya orang yang keluar sebagi pemenanglah yang akan masuk kedalam kerajaan Bapa di Sorga.

Mengejar kekudusan Tuhan adalah bagian dari iman percaya kita kepada Tuhan, karena kita tahu benar kalau Allah itu kudus dan kita percaya kepada Dia, oleh sebab itu kita harus berjuang untuk mengejar kekudusan, sebab tanpa bejuang untuk mengejar kekudusan maka dunia akan semakin mencemari hati dan pikiran kita dengan segala hal yang tidak berkenan dihadapan Allah.

Ingat, pada renungan-renungan sebelumnya kita sudah belajar dan mengerti bahwa “percaya” adalah penurutan akan kehendak Allah, dan Allah mau supaya seluruh hidup kita harus kudus, sama seperti yang Firman Tuhan katakan dalam 1 Petrus 1:15 tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu, 1:16 sebab ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus. Inilah persoalan serius yang harus kita perkarakan dengan sungguh-sungguh yaitu bagaimana kita harus mengejar kekudusan Allah.

Semua orang pasti memiliki resolusi hidup untuk menjalani tahun 2014 ini, dan apapun resolusimu pastikan bahwa resolusi yang terutama untuk menjalani tahun 2014 ini adalah mengejar kekudusan Allah.

Ingat pesan ini:

  1. Kalau kebenaran ini engkau rasakan memberi teguran bagi dirimu, ingatlah bahwa itu suatu bukti kalau Allah tidak mau Engkau binasa.
  2. Berhentilah mengejar dunia dengan segala keinginannya, dan mulailah mengejar kekudusan sebab tanpa kekudusan engkau tidak akan melihat Allah.
  3. Jangan hanya menjadi bagian dari banyak orang yang terpanggil, tetapi jadilah bagian dari sedikit orang yang terpilih untuk masuk dalam kerajaan Allah Bapa di Sorga.

Jikalau engkau diberkati dengan kebenaran ini, maka berikanlah link renungan ini kepada semua orang yang engkau kasihi. renunganhariini.com

Tuhan Yesus memberkati kita semua.

tags: , , , ,

Related For KEJARLAH KEKUDUSAN