KEKUDUSAN DAN KEAGUNGAN TUHAN

RENUNGAN HARIAN 1356 Kali Dibaca

Renungan hari ini adalah tentang, Kekudusan Dan Keagungan Tuhan. Seringkali ada orang-orang percaya yang masih berpikir bahwa dengan menjadi orang kristen berarti sudah hidup di dalam anugerah, itu juga berarti pasti mereka akan menerima keselamatan didalam Tuhan. Prinsip hidup seperti ini dilandasi dari sebuah pola pikir bahwa mana ada orang yang sanggup hidup kudus sama seperti Tuhan Yesus.

Dengan pola pikir yang demikian lalu mereka menganggap bahwa walaupun salah, walaupun sering tidak menjaga kekudusan, tetap ada jaminan keselamatan yaitu karena kasih karunia yang merupakan anugerah Tuhan.

Kalau masih ada orang-orang percaya atau orang kristen yang memiliki prinsip hidup seperti ini, maka ia telah menyia-nyiakan kasih karunia Tuhan, sebab sebagai orang percaya kita harus memiliki rasa tanggungjawab untuk menjaga kasih karunia Tuhan dengan cara menguduskan diri untuk bisa terus hidup berdampingan dengan Tuhan, berjalan dengan Tuhan setiap hari.

Tidak mungkin kita bisa hidup berdampingan dengan Tuhan, sejalan dengan Tuhan setiap hari kalau hati dan pikiran kita tidak tidak sepikiran dengan Tuhan tidak sejalan dengan Tuhan.

Jadi bagi orang-orang yang saat ini memiliki prinsip hidup mau berjalan terus dalam pimpinan Tuhan adalah orang-orang yang sungguh-sungguh harus menyadari bahwa Allah Bapa di sorga itu begitu suci, kudus dan agung, bahkan firman Tuhan katakan Ia ada dalam terang yang tak terhampiri.

Firman dalam, I Timotius 6:16 Dialah satu-satunya yang tidak takluk kepada maut, bersemayam dalam terang yang tak terhampiri. Seorang pun tak pernah melihat Dia dan memang manusia tidak dapat melihat Dia. Bagi-Nyalah hormat dan kuasa yang kekal! Amin.

Kalau Ia bersemayam dalam terang yang tak terhampiri, itu menandakan betapa kudusnya Allah, betapa Agung dan mulianya Tuhan itu, sehingga Ia tidak dapat tersentuh oleh siapapun, bahkan firman Tuhan katakan “seorangpun tak pernah melihat Dia”.

Inilah kenapa firman Tuhan katakan dalam, Ibrani 12:14 Berusahalah hidup damai dengan semua orang dan kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorang pun akan melihat Tuhan.

Bila demikian kita harus menyadari siapakah kita ini sehingga kita bisa hidup hanya menuruti pikiran dan perasaan kita sendiri, menuruti keinginan hati kita sendiri dan tetap berpikir bahwa “kan ada kasih karunia jadi biar salah pasti dibenarkan”. Pola pikir seperti ini kalau dipertahankan terus oleh orang-orang percaya yang mengaku telah menerima kasih karunia yang merupakan anugerah Tuhan yang luar biasa itu maka suatu saat nanti bila berjumpa dengan Tuhan mereka akan terkejut, didalam kekudusan dan keagungan-Nya, Ia akan berkata “Aku tidak mengenal engkau”.

Firman Tuhan didalam Yohane 14:6 Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Artinya orang percaya yang mau datang kepada Bapa di sorga harus melihat cara hidup Tuhan Yesus, yaitu hidup dalam ketaatan penuh melakukan kehendak Bapa, hidup dalam kekudusan karena Ia patuh kepada Bapa di sorga, hidup dalam kebenaran dan kebenaran itulah yang memberikan kehidupan.

Cara hidup Tuhan Yesus inilah menjadi sebuah jalan yang harus kita lewati yaitu hidup sama seperti Kristus hidup dalam ketaatan penuh terhadap Bapa di sorga, dan mau terus tunduk dalam pengaturanNya, artinya mau hidup sesuai kebenaran firmanNya supaya bila saatnya nanti sebagai orang percaya kita dilayakkan berdiri dihadapanNya untuk menerima bagian yang sudah Ia janjikan didalam Kristus yaitu Kehidupan kekal.

Sesungguhnya saat seperti ini yang harus dinanti-nantikan oleh setiap orang percaya yang hidup dalm pengharapan penuh didalam Tuhan Yesus, saat dimana ada pengakuan yang terucap dari mulut Tuhan, Ia boleh mengakui kita sebagai anak-anakNya yang dikasihiNya.

Kiranya kebenaran ini semakin memacu kita untuk mengoreksi seluruh keadaan hidup kita supaya terus menjaga diri tetap hidup dalam kekudusan Allah.

Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

tags: ,

Related For KEKUDUSAN DAN KEAGUNGAN TUHAN