KENIKMATAN HIDUP

RENUNGAN HARIAN 1875 Kali Dibaca

Renungan Hari Ini 28 Desember 2013 adalah “Kenikmatan Hidup”. Baiklah sebelum membaca renungan ini mari kita berdoa terlebih dahulu.

Doa: Tuhan Yesus biarlah saat kami membaca renungan ini, Engkau memberi kami mengerti akan klebenaranMu, supaya oleh pengertian akan kebenaranMu kami mau hidup sesuai kebenaranMu dan tinggal terus didalam kebenaranMu. Tolong kami ya Tuhan dan biarlah kami ada dalam kuasa pengurapan Roh Kudus saat kami membaca kebenaran ini, dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami berdoa, Haleluya. Amin.

Manusia diakhir zaman ini termasuk orang percaya atau orang-orang kristen seringkali lebih memilih untuk menikmati hidup dengan gaya hidup dunia, karena mereka menganggap bahawa gaya hidup tersebut adalah sebuah kewajaran. Cara hidup seperti inilah yang membuat ada begitu banyak orang percaya atau orang kristen yang sama sekali tidak pernah mau berusaha untuk mengamati dirinya apakah kehidupan yang sudah ia jalani ini bekenan dihadapan Tuhan atau tidak.

Biasanya orang-orang seperti ini mereka akan berusaha untuk menikmati dirinya sendiri, yaitu menikmati hawa nafsu daging yang menyangkut makan minum, pesta pora, dan menikmati berbagai kesenangan hidup yang semuanya hanya bersifat sementara. Mereka juga akan membiarkan jiwa dipenuhi dengan kepahitan, amarah, kebencian, iri, kecemburuan, kehormatan, ketamakan, dan lain sebagainya, tanpa mereka sadari bahwa semuanya itu mendukakan hati Tuhan. Apa yang mereka lakukan akan dianggap sebagai sebuah fenomena hidup yang wajar dalam kehidupan saat ini.

Bila cara hidup seperti ini dimiliki oleh setiap orang percaya atau orang-orang kristen maka, orang-orang seperti ini akan terus terbelenggu sampai kematian datang menjemput mereka dan membawa mereka kedalam kebinasaan kekal. Ini bukanlah cara hidup kekristenan yang benar, dan hidup kekristenan seperti ini tidak boleh kita miliki, sebab cara hidup seperti ini yang membuat kehidupan kita tidak bisa dinikmati oleh Tuhan, padahal sebagai orang percaya atau sebagai orang kristen seluruh gerak hidup kita harus bisa menyenangkan dan menyukakan hati Tuhan.

Cara hidup seperti ini adalah sama dengan orang yang hidup tetapi tidak pernah menyadari bahwa ia bukan miliknya sendiri, karena yang sesungguhnya dirinya itu adalah milik Tuhan sebab semua manusia adalah ciptaan Tuhan. Memiliki gaya hidup seperti ini sama dengan orang yang hidup tetapi melupakan Tuhan, dan hidup tidak lagi takut akan Tuhan.

Itulah sebabnya dalam Firman Tuhan Musa mengingatkan bangsa Israel untuk tidak boleh melupakan Tuhan dan perintah-perintahNya. Hal ini bisa dilihat dalam Ulangan 8:11 Hati-hatilah, supaya jangan engkau melupakan TUHAN, Allahmu, dengan tidak berpegang pada perintah, peraturan dan ketetapan-Nya, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini; Disini Musa mau mengingatkan kepada bangsa Israel untuk  bersyukur kepada Allah atas kebaikanNya yang telah memimpin bangsa itu keluar dari tanah mesir dengan menyatakan kepada mereka berbagai mujizat yang menunjukan bahwa Allah yang mereka sembah adalah Allah yang hidup, Allah yang berkuasa serta Allah yang benar yang berhak atas seluruh kehidupan mereka bahkan kehidupan seluruh umat manusia.

Kalau kita mengaku sebagai orang percaya atau orang kristen tetapi masih terbelenggu dengan cara hidup seperti ini maka sesungguhnya kita menjadi seperti manusia yang lupa diri, yang memiliki mata tetapi masa bodoh karena tidak mau melihat akan keadaan hidup yang kita jalani itu salah, dan itulah yang disebut hidup didalam pimpinan kuasa kegelapan.

Setiap orang percaya pasti menginginkan keselamatan kekal, tetapi orang yang memberikan dirinya tetap tinggal didalam kegelapan sampai pada kematian datang menjemputnya, tidak mungkin bisa masuk kedalam terang kekekalan bersama dengan Tuhan kalau saat ini ia tidak mengambil keputusan untuk meninggalkan cara hidupnya yang masih terikat dengan dunia, sebab orang yang akan masuk kedalam kekekalan bersama Tuhan adalah orang yang saat ini berjuang untuk terus hidup takut akan Tuhan.

Firman Tuhan katakan dalam Amsal 8:13 Takut akan TUHAN ialah membenci kejahatan; aku benci kepada kesombongan, kecongkakan, tingkah laku yang jahat, dan mulut penuh tipu muslihat. Takut akan Tuhan juga akan membuat orang yang takut akan Dia terhindar dari jerat maut. Itulah yang dikatakan dalam Amsal 14:26 Dalam takut akan TUHAN ada ketenteraman yang besar, bahkan ada perlindungan bagi anak-anak-Nya. 14:27 Takut akan TUHAN adalah sumber kehidupan sehingga orang terhindar dari jerat maut. Dengan mengerti kebenaran ini seharusnya kita menyadari bahwa bila kita tidak hidup takut akan Tuhan berarti kita tidak berada dalam perlindungan Tuhan. Kenapa ?, karena kita mengatur hidup kita sendiri tanpa mau memberikan hidup kita diatur oleh Tuhan, padahal takut akan Tuhan itu adalah sumber kehidupan.

Ingat hidup yang kita jalani saat ini adalah hidup yang hanya sementara, artinya setiap saat pada waktu yang tidak kita ketahui kita bisa dijemput oleh kematian, dimana saja dan kapan saja, oleh sebab itu sebagai orang percaya atau orang kristen kita harus menyadari akan realitas hidup yang satu ini dan segera mengambil keputusan untuk berbalik kepada Tuhan yang adalah pemilik hidup kita, karena Firman Tuhan katakan dalam 1 Korintus 6:19 Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, — dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? 6:20 Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!.  Sudah sering saya katakan bahwa untuk hidup benar sehingga didapatkan berkenan dihadapan Tuhan itu bukanlah sebuah hal yang mudah, tetapi perlu perjuangan berat apalagi keadaan dunia di akhir zaman ini sudah semakin rusak.

Bila saat ini setiap orang percaya atau orang kristen, kita mau dibaharui, kita mau untuk berubah, dan kembali kepada Tuhan tetapi merasa apa mungkin kita bisa hidup seperti yang Tuhan mau ?. Percayalah bahwa bagi manusia mungkin itu mustahil, tetapi bagi Allah tidak ada yang mustahil selama kita mau meninggalkan cara hidup yang salah, Tuhan pasti akan memberikan kekuatan serta kemampuan untuk melewati semuanya itu supaya kita bisa hidup sesuai perintahNya dan tetap melakukan kehendakNya sampai kematian datang menjemput kita.

Ingat pesan ini:

  1. Tangan Tuhan selalu terbuka menunggu anak-anakNya yang mau kembali kepada Dia.
  2. Hidup dalam kenikmatan dunia saat ini hanya akan mengantarkan kita kepada kebinasaan kekal.
  3. Berjaga-jagalah selalu karena kematian bisa datang menjemput semua manusia kapan saja, pada waktu yang tidak pernah kita tahu.

Kalau engkau diberkati dengan renungan ini, maka berikanlah link renungan ini kepada semua orang yang engkau kasihi. renunganhariini.com.

Tuhan Yesus memberkati kita semua.

tags: , , , ,

Related For KENIKMATAN HIDUP