KESEMPATAN YANG BERHARGA

RENUNGAN HARIAN 2717 Kali Dibaca

Renungan Harian Kristen – Syalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus. “Kesempatan Yang Berharga” akan menjadi tema renungan kita hari ini.

Saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, pernahkah kita sejenak duduk diam dan memikirkan betapa Allah itu memiliki keahlian, pengetahuan, yang tak terselami oleh kita. Dikatakan tak terselami karena kalau kita mau melihat keadaan diri kita dan sejenak memikirkan semua unsur-unsur tubuh yang kita miliki dalam diri kita, mulai dari pada unsur-unsur tubuh yang kelihatan dengan mata jasmani kita, sampai kepada semua bagian tubuh yang ada didalamnya yang tidak dapat kita lihat secara langsung, maka kalau kita merenungkan semua itu seharusnya kita begitu kagum terhadap kemahakuasaan Allah yang sangat dahsyat itu.

Setiap orang percaya yang mau merenungkan keadaan ini pasti tidak akan membiarkan hidupnya dirusak oleh dunia ini yang penuh dengan berbagai hawa nafsu yang dapat membinasakan, sebab orang percaya yang mau merenungkan betapa dahsyatnya Allah menenun dirinya sejak dari dalam kandungan akan menghargai karya Tuhan yang sungguh luar biasa atas hidupnya.

Itulah kenapa Daud mengungkapkan pengakuannya terhadap kemahakuasaan Allah dengan sebuah kesadaran yang luar biasa, seperti apa yang dikatakan di dalam Mazmur 139:6 Terlalu ajaib bagiku pengetahuan itu, terlalu tinggi, tidak sanggup aku mencapainya.

Ada subuah pengakuan yang jujur dari hati Daud bahwa betapa Ajaibnya karya Tuhan dalam hidupnya bahkan dalam hidup manusia pada umumnya, termasuk kita sebagai orang percaya. Lalu kalau kita mau membaca seterusnya dalam Mazmur 139:13 Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, menenun aku dalam kandungan ibuku. 139:14 Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya.

Jadi kesadaran kita akan dahsyatnya karya Tuhan atas hidup kita ini, akan membuat kita semakin menyadari bahwa hidup kita ini sepenuhnya milik Tuhan, sehingga apapun yang kita lakukan selama kita hidup didunia ini semuanya itu harus sesuai apa yang Tuhan kehendaki, apa yang Tuhan mau, sebab Dia-lah yang menciptakan kita, jadi kita tidak berhak atas hidup kita, dan sebagai orang percaya kita harus hidup sebagai umat ciptaanNya yang seharusnya tunduk didalam pengaturanNya.

Bila kita mau sungguh-sungguh merenunggkan semuanya ini, maka kita akan melihat hidup kita saat ini menjadi sebuah kesempatan yang berharga, dimana kalau kita mau mejalankan kehidupan ini sesuai dengan kehendak Allah sebagai sang pencipta yang menciptakan diri kita, maka pada akhirnya kita akan memiliki kesempatan untuk berjumpa dengan sang pencipta tersebut didalam KerajaanNya.

Kesempatan Yang Berharga

Ilustrasi : Renungan Harian Kristen | Kesempatan Yang Berharga | renunganhariini.com

Sekali lagi saya mau tegaskan hal ini buat setiap kita sebagai orang percaya, sebagai anak-anak Tuhan, bahwa hidup kita saat ini adalah kesempatan yang berharga, sebab kalau kita masih hidup sampai saat ini, dan masih menghirup nafas hidup yang Tuhan berikan kepada kita, itu artinya Allah sang pencipta hidup kita ini, masih memberikan kepada kita kesempatan untuk memperbaiki diri dari cara hidup kita yang salah selama ini.

Kalau saja kita mau menyadari, setelah manusia jatuh kedalam dosa maka sebenarnya kesempatan kita untuk berjumpa dengan yang Maha Agung sang pencipta yang Maha kuasa itu sudah tertutup, karena pada akhirnya kita hanya hidup dan menunggu mati lalu dibuang ke dalam neraka, kenapa demikian?. Kita  tahu firman Tuhan katakan bahwa upah dosa adalah maut, seperti yang dikatakan di dalam, Roma 6:23 Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

Jadi karunia Allah telah memberikan kepada kita anugerah yang luar biasa, dimana Allah masih memberikan kesempatan kepada kita untuk nantinya setelah kita menghembuskan nafas yang terakhir, maka kita bisa tinggal tetap bersama-sama dengan Dia didalam kerajaanNya dalam kekekalan.

Namun bukan tanpa syarat, ada syaratnya dan syaratnya adalah, kita harus ditemukan Allah ada didalam kekudusanNya, hidup tidak bercacat dan tidak bercela. Itulah kenapa saya katakan bahwa kalau kita masih menghirup nafas hidup ini, maka kita harus melihatnya sebagai kesempatan yang berharga yang Allah berikan kepada kita.

Supaya apa?. Supaya kita bisa kembali kepadaNya, jika kita mau menyadari bahwa sesungguhnya selama ini kita telah menyia-nyiakan hidup yang Allah berikan, dimana kita hidup dengan cara hidup kita yang salah seperti orang-orang yang tidak mengenal Allah, yaitu hidup hanya bersekutu dengan dunia dan menikmati dunia dengan segala kesenangannya dan itu artinya kita tidak lagi menjadi bagian dari sekutu Allah.

Hal yang sangat mengerikan adalah ketika kita hidup sebagai orang percaya, tetapi kita tidak mau menyadari semuanya ini, dimana kita membiarkan hidup kita terus tenggelam didalam arus dunia yang semakin kuat menyeret kita dan menenggelamkan kita dalam percintaan dengan dunia, yang pada akhirnya akan membuat kita binasa didalam kekekalan.

Itu artinya kita sama sekali tidak memiliki kesempatan untuk berjumpa dengan Allah yang Maha Agung yang telah menjadikan kita sesuai kehendakNya, kita tidak bisa berjumpa dengan pribadi yang luar biasa yang adalah sang pencipta.

Kalau orang percaya tidak mau menyadari bahwa hidup ini adalah kesempatan yang berharga untuk berjumpa dan memandang keagungan Allah Maha pencipta itu, maka ia telah menyia-nyiakan hidupnya.

Itulah sebabnya kita harus sadar mulai saat ini, seberapa hebatnya kita saat ini, seberapa kayanya kita saat ini, seberapa terhormatnya kita saat ini dipemandangan mata dunia, semua itu hanyalah kesia-siaan kalau kita tidak mempergunakan kesempatan hidup ini untuk bertobat dan kembali kepada Tuhan. Karena saat kita menutup mata kita akan dikejutkan dengan perkataan yang tak terbantahkan dimana sang pencipta itu, Allah yang Maha Agung itu, akan berterus terang dan berkata, seperti yang dikatakan firman Tuhan di dalam:

Matius 7:23 Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!”

Matius 25:41 Dan Ia akan berkata juga kepada mereka yang di sebelah kiri-Nya: Enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu orang-orang terkutuk, enyahlah ke dalam api yang kekal yang telah sedia untuk Iblis dan malaikat-malaikatnya.

Ingat saudaraku Allah tidak dapat dipermainkan, sebab Dia tetap setia pada keadilanNya, dimana Ia akan menghakimi dengan tidak memandang muka, itulah yang harus kita sadari, dan sebagai orang percaya, kita harus tetap sadar dan terus berjaga-jaga, supaya kita tidak tertipu dengan tipu daya dunia yang akan menggiring kita pada akhirnya kedalam kebinasaan kekal.

Kiranya kebenaran ini akan membuat kita bisa memandang hidup ini sebagai sebuah kesempatan yang berharga untuk nantinya kita bisa memandang wajahNya, sang Maha Agung Allah yang telah menciptakan kita dengan kedahsyatan kuasaNya.

Jangan lupa untuk membaca juga Renungan : Mengubah Cara Pandang Hidup

Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin. renunganhariini.com

tags: ,

Related For KESEMPATAN YANG BERHARGA