KESENANGAN DUNIA ADALAH UMPAN IBLIS UNTUK MENJERAT MANUSIA

RENUNGAN HARIAN 1976 Kali Dibaca

Renunganhariini.com : Renungan HarianKesenangan Dunia Adalah Umpan Iblis Untuk Menjerat Manusia. Syalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus. Renungan hari ini adalah, Kesenangan Dunia Adalah Umpan Iblis Untuk Menjerat Manusia.

Saudaraku, ada begitu banyak orang yang tidak pernah mau menyadari bahwa kesenangan dunia adalah merupakan umpan yang dipergunakan oleh iblis untuk menjerat manusia diseret kedalam kebinasaan.

Sebagai orang percaya kita harus menyadari akan hal ini, sebab apabila kita tidak menyadarinya maka kita pun akan ikut terjerat di dalamnya, dimana hidup kita hanya terus diarahkan untuk menikmati dunia ini dengan segala kesenangannya.

Itulah kenapa firman Tuhan dengan tegas melarang kita untuk tidak bersahabat dengan dunia ini, sebab bila kita bersahabat dengan dunia ini maka kita akan menjadikan diri kita musuh Allah.

Yakobus 4:1 Dari manakah datangnya sengketa dan pertengkaran di antara kamu? Bukankah datangnya dari hawa nafsumu yang saling berjuang di dalam tubuhmu? 4:2 Kamu mengingini sesuatu, tetapi kamu tidak memperolehnya, lalu kamu membunuh; kamu iri hati, tetapi kamu tidak mencapai tujuanmu, lalu kamu bertengkar dan kamu berkelahi. Kamu tidak memperoleh apa-apa, karena kamu tidak berdoa. 4:3 Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu. 4:4 Hai kamu, orang-orang yang tidak setia! Tidakkah kamu tahu, bahwa persahabatan dengan dunia adalah permusuhan dengan Allah? Jadi barangsiapa hendak menjadi sahabat dunia ini, ia menjadikan dirinya musuh Allah.

Kenapa kesenangan dunialah yang iblis tawarkan kepada manusia, supaya manusia terjerat didalamnya?, karena itulah cara yang ampuh yang iblis gunakan supaya manusia, dalam hal ini orang percaya bisa digiring menuju kegelapan abadi, atau dengan kata lain bisa digiring menuju kebinasaan kekal.

Kesenangan Dunia Adalah Umpan Iblis Untuk Menjerat Manusia

Renungan Harian Kristen : Kesenangan Dunia Adalah Umpan Iblis Untuk Menjerat Manusia | renunganhariini.com

Kesenangan dunia ditawarkan oleh iblis karena iblis tahu benar bahwa manusia begitu gampang tergoda terhadap segala sesuatu yang bisa dinikmati secara nyata, walaupun itu hanya sesaat. Jerat inilah yang digunakan oleh iblis.

Kalau kita mau belajar kebenaran firman Tuhan dengan serius, maka kita akan mengerti bahwa ini merupakan pola penipuan yang sama yang iblis gunakan pertama kali saat menipu manusia, sehingga pada akhirnya manusia jatuh ke dalam dosa dengan melanggar perintah Allah. Mari kita lihat apa yang firman Tuhan katakan di dalam;

Kejadian 3:1 Adapun ular ialah yang paling cerdik dari segala binatang di darat yang dijadikan oleh TUHAN Allah. Ular itu berkata kepada perempuan itu: “Tentulah Allah berfirman: Semua pohon dalam taman ini jangan kamu makan buahnya, bukan?” 3:2 Lalu sahut perempuan itu kepada ular itu: “Buah pohon-pohonan dalam taman ini boleh kami makan, 3:3 tetapi tentang buah pohon yang ada di tengah-tengah taman, Allah berfirman: Jangan kamu makan ataupun raba buah itu, nanti kamu mati.” 3:4 Tetapi ular itu berkata kepada perempuan itu: “Sekali-kali kamu tidak akan mati, 3:5 tetapi Allah mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat.” 3:6 Perempuan itu melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagipula pohon itu menarik hati karena memberi pengertian. Lalu ia mengambil dari buahnya dan dimakannya dan diberikannya juga kepada suaminya yang bersama-sama dengan dia, dan suaminya pun memakannya.

Saudaraku, perhatikanlah ayat firman Tuhan yang saya garisbawahi diatas, disini jelas menunjukan bahwa manusia tergoda dengan apa yang terlihat. Itulah kenapa saat ini iblis menawarkan berbagai kesenangan dunia yang nyata terlihat setiap hari, atau yang bisa kita jumpai setiap hari dan itu ada di sekeliling kita setiap saat.

Sebagai orang percaya kita harus menyadari akan hal ini, bahwa kesenangan dunia yang ditawarkan oleh iblis saat ini, tidak berbeda dengan buah pohon yang ditawarkan oleh iblis kepada manusia pertama, dimana saat manusia melihat buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, maka manusiapun lalu memakannya tanpa memikirkan lagi bahwa Allah telah melarang untuk tidak boleh memakan buah pohon itu.

Disinilah setiap orang percaya harus benar-benar menyadari bahwa kesenangan dunia adalah umpan yang dipergunakan oleh iblis untuk menjerat manusia jatuh dan tenggelam dalam dosa dan pada akhirnya akan terbuang kedalam kebinasaan kekal.

Saya katakan ini bukan tanpa alasan, karena kalau kita mau membaca firman Tuhan dengan teliti maka firman sudah mengatakan bahwa iblis itu cerdik, hal ini seperti yang firman Tuhan gambarkan dalam;

Kejadian 3:1 Adapun ular ialah yang paling cerdik dari segala binatang di darat yang dijadikan oleh TUHAN Allah. Ular itu berkata kepada perempuan itu: “Tentulah Allah berfirman: Semua pohon dalam taman ini jangan kamu makan buahnya, bukan?”

Sebagai orang percaya, satu hal yang harus kita sadari bahwa seluruh hidup kita ini milik Allah, sebab kita adalah ciptaan Allah, oleh sebab itu kita harus hidup menuruti keinginan sang pencipta dan tidak boleh mengikuti keinginan diri sendiri, artinya bila kita hidup mengikuti keinginan diri sendiri, hal itu sama dengan kita memberontak kepada Allah, dan manusia pertama pun jatuh ke dalam dosa dengan cara yang sama yaitu memberontak kepada Allah.

Saya katakan memberontak kepada Allah, karena segala sesuatu yang kita perbuat melanggar perintah Allah, atau tidak sesuai dengan apa yang Allah kehendaki maka hal itu sama dengan memberontak kepada Allah.

Mengarti akan kebenaran ini, seharusnya semakin membuat kita menyadari bahwa setiap saat kita berada ditengah-tengah jerat atau perangkap yang sengaja ditempatkan oleh iblis di sekeliling kita, dan bila kita tidak pernah mau menyadari akan hal ini, maka akan dengan mudahnya kita ikut terperangkap di dalamnya. Kiranya kebenaran ini memberkati kita semua. Amin.

Jalan Lupa Baca Juga Renungan :

Menguasai Hati Dan Pikiran Sesuai Kehendak Allah

Artikel by Frank Tutu | Copyright © 2015 – Original Content | Renunganhariini.com

tags: ,

Related For KESENANGAN DUNIA ADALAH UMPAN IBLIS UNTUK MENJERAT MANUSIA