KESUDAHAN

RENUNGAN HARIAN 1356 Kali Dibaca

Renungan hari ini 25 Januari 2014 adalah “Kesudahan”. Sebelum membaca renungan ini mari kita berdoa.

Doa: Allah Bapa didalam Kerajaan Sorga, sungguh kami menyadari Tuhan bahwa tanda-tanda zaman ini semakin nyata dan saat ini Tuhan kami mau lebih sungguh-sungguh lagi belajar mengerti akan kebenaran FirmanMu dan kami mau tetap tinggal didalam kebenaran FirmanMu, kami mau tetap berjaga-jaga sampai pada waktu kedatanganMu, tolong kami Tuhan supaya kami tetap berkenan dihadapanMu. Didalam nama Tuhan Yesus Kristus kami berdoa dan kami hendak membaca renungan Firman ini, haleluya. Amin.

Keadaan dunia yang sedang terjadi saat ini, apabila kita mau melihatnya dengan jujur, maka sesungguhnya mata hati rohani kita akan melihat bahwa semua yang sedang terjadi ini menunjukan bagi kita setiap orang percaya kalau Firman Tuhan sedang digenapi. Kalau kita belajar Firman Tuhan dengan sungguh-sungguh kita tahu benar bahwa dunia tidak akan menjadi lebih baik tetapi sebaliknya dunia akan semakin rusak.

Berbagai kejadian seperti bencana alam serta peperangan yang terjadi akhir-akhir ini diseluruh dunia, seharusnya membuat kita sebagai orang percaya semakin mengerti bahwa semua ini merupakan tanda dari kesudahan zaman sudah semakin dekat. Kalau tanda-tanda itu sudah semakin nyata, itu berarti sebagai orang percaya kita harus benar-benar mempersiapkan diri kita untuk menantikan kesudahan itu dimana saat itulah Tuhan Yesus akan datang untuk menjemput setiap orang percaya yang dihupnya didapatkan berkenan dihadapan Allah.

Lalu sebagai orang percaya untuk menantikan kedatanganNya, apa yang harus kita lakukan ?. Mungkin itu yang menjadi pertanyaan penting bagi setiap anak-anak Tuhan yang menyadari akan keadaan ini. Yang harus kita lakukan adalah tentu tetap ada dalam keadaan berjaga-jaga. Artinya kita harus bisa menguasai diri kita supaya tidak lagi tergoda untuk melakukan dosa, bahkan kita tidak lagi ikut mencemplungkan diri kita didalam kubangan ketidaksenonohan, tetapi sebaliknya kita harus berusaha menguasai diri kita dan tetap berdoa.

Firman Tuhan katakan dalam 1 Petrus 4:7 Kesudahan segala sesuatu sudah dekat. Karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa. Ini merupakan peringatan Tuhan bahwa kita harus bisa menguasai diri kita, dan tidak lagi memikirkan segala sesuatu yang samasekali tidak memberi manfaat, atau tidak berdampak pada kehidupan di kekekalan. Dengan menguasai diri maka kita akan semakin tenang, sebab dalam keadaan tenang itulah kita bisa terus berdoa membangun persekutuan dengan Tuhan.

Seringkali, walaupun Firman Tuhan sudah mengingatkan kita bahwa kesudahan segala sesuatu sudah dekat, bahkan kebenaran Firman Tuhan itu juga sudah disertai dengan tanda-tanda zaman yang sedang terjadi saat ini, tetapi dalam realitas hidup ini kita bisa menemukan dan melihat ada begitu banyak orang percaya atau orang kristen, ada begitu banyak anak-anak Tuhan yang masih sibuk untuk mengejar segala sesuatu yang berorientasi pada kesenangan dunia, pada akhirnya keadaan ini akan membuat mereka lupa diri dan samasekali tidak memiliki kesempatan lagi untuk memperbaiki diri saat waktu itu tiba.

Kalau saat ini Firman Tuhan masih mengingatkan kita untuk terus berjaga-jaga, maksudnya supaya di sisa waktu yang ada kita bisa menggunakannya untuk melakukan segala sesuatu yang menjadi kehendak Allah, seperti yang dikatakan dalam 1 Petrus 4:2 supaya waktu yang sisa jangan kamu pergunakan menurut keinginan manusia, tetapi menurut kehendak Allah. Kenapa harus demikian ?. Karena hanya orang yang hidup menurut kehendak Allah, mereka akan diangkat dan diperkenankan untuk masuk kedalam kerajaan Bapa di Sorga.

Firman Tuhan katakan dalam 1 Petrus 4:3 Sebab telah cukup banyak waktu kamu pergunakan untuk melakukan kehendak orang-orang yang tidak mengenal Allah. Kamu telah hidup dalam rupa-rupa hawa nafsu, keinginan, kemabukan, pesta pora, perjamuan minum dan penyembahan berhala yang terlarang. Artinya kalau sudah begitu lama kita terjerat dalam segala hal yang hanya akan membawa kepada kebinasaan kekal, maka sekaranglah saatnya berbalik kepada Tuhan, mulai lagi membangun persekutuan dengan Tuhan dan jangan lagi menjadi orang yang bodoh, tetapi jadilah bijaksana

Menjadi orang yang bodoh sama dengan apa yang Firman Tuhan gambarkan tentang gadis-gadis bodoh dan gadis-gadis bijaksana, dimana dari sepuluh gadis itu, lima diantaranya bodoh dan lima yang lainnya bijaksana. Matius 25:3 Gadis-gadis yang bodoh itu membawa pelitanya, tetapi tidak membawa minyak, 25:4 sedangkan gadis-gadis yang bijaksana itu membawa pelitanya dan juga minyak dalam buli-buli mereka. Artinya orang yang bijaksana ia akan selalu tanggap terhadap segala keadaan yang bisa membahayakan hidupnya.

Kalau kita tahu sekarang bahwa waktu Tuhan itu sudah sangat dekat, itu artinya sebagai orang percaya kita harus tanggap dengan keadaan ini, bagaimana kita harus sungguh-sungguh mempersiapkan diri kita supaya bisa didapatkan berkenan dan bisa diterima oleh Tuhan sebagai anak-anakNya. Hanya orang yang bodoh saja yang akan membiarkan dirinya sibuk menikmati kesenangan dunia. Dikatakan orang bodoh karena Firman Tuhan sudah mengingatkan tetapi orang-orang tersebut tidak pernah mau berjaga-jaga, padahal Firman Tuhan sudah katakan dalam Matius 25:13 Karena itu, berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu akan hari maupun akan saatnya.” Kalau dikatakan berjaga-jaga berarti harus siap setiap saat.

Kalau sebagai orang percaya kita harus berjaga-jaga karena kita tahu benar bahwa setiap gerak kehidupan kita harus dipertanggungjawabkan dihadapan Tuhan, seperti yang Firman Tuhan katakan dalam 1 Petrus 4:5 Tetapi mereka harus memberi pertanggungan jawab kepada Dia, yang telah siap sedia menghakimi orang yang hidup dan yang mati.

Mungkin ada sebagaian orang yang masih ingin menikmati dunia ini akan berkata, masih lama, atau kita pasti selamat karena sudah percaya kepada Tuhan Yesus. Jujur saya harus katakan dan ingatkan bahwa tidak ada satu manusiapun yang tahu akan waktuNya. Bagaimana kalau disaat engkau sedang tenggelam dalam kenikmatan dunia dan saat ini waktu Tuhan itu tiba ?. Kalau sampai itu terjadi maka tidak ada kesempatan lagi untuk berubah, dan pada akhirnya akan binasa. Oleh sebab itu sekali lagi saya mau menginagatkan kepada setiap arang percaya, kepada setiap anak-anak Tuhan, jangan berhenti untuk berjaga-jaga, sebab waktu Tuhan sudah sangat dekat.

Jangan lagi kita menjadi orang yang bodoh dan lupa diri, karena berjaga-jaga itu harus dalam segala hal, sampai-sampai Firman Tuhan katakan dalam 1 Petrus 4:11 Jika ada orang yang berbicara, baiklah ia berbicara sebagai orang yang menyampaikan firman Allah; jika ada orang yang melayani, baiklah ia melakukannya dengan kekuatan yang dianugerahkan Allah, supaya Allah dimuliakan dalam segala sesuatu karena Yesus Kristus. Ialah yang empunya kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya! Amin. Inilah yang Tuhan mau, kalaupun kita berbicara harus berbicara sebagai orang yang menyampaikan Firman, artinya harus terus saling mengingatkan diantara setiap anak Tuhan supaya terus hidup sesuai kehendak Tuhan, sebab kalau tidak pasti binasa.

Ingat pesan ini:

  1. Kita sudah tahu bahwa waktu Tuhan sudah dekat, oleh sebab itu berjaga-jaga adalah tindakan yang bijaksana yang bisa membawa kita kepada keselamatan.
  2. Jangan menjadi orang yang bodoh karena masih tetap hanyut dalam pesta pora dan kesenangan dunia.
  3. Waktu Tuhan itu bisa tiba kapan saja dan tidak ada seorang pun yang tahu, bagaimana kalau saat ini Tuhan datang, apakah sebagai orang percaya kita sudah mempersiapkan diri untuk menyambut Dia. Oleh sebab itu berjaga-jagalah.

Kiranya kebenaran ini memberkati kita semua, dan jika engkau diberkati dengan kebenaran ini maka berikanlah link renungan ini kepada semua orang yang engkau kasihi, renunganhariini.com. Tuhan Yesus memberkati kita semua

tags: , , , ,

Related For KESUDAHAN