KIAMAT SUDAH DEKAT

RENUNGAN HARIAN 2967 Kali Dibaca

Renungan Harian Kristen : Kiamat Sudah Dekat – Syalom saudaraku yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus. “Kiamat Sudah Dekat” menjadi tema renungan kita hari ini. Mendengar kata kiamat maka semua manusia pasti akan berpikir tentang akhir zaman dimana itu artinya kehidupan di dunia ini akan berakhir, dan itu juga berarti setiap manusia pada akhirnya akan menghadap Allah sang pencipta untuk mempertanggungjawabkan seluruh perbuatannya selama ia hidup di dunia.

Kiamat secara universal atau secara umum berarti kehidupan dunia akan berakhir, tetapi bagi orang percaya kita harus tetap hidup dan berjaga-jaga karena seperti judul diatas yaitu “Kiamat Sudah Dekat” itu artinya setiap saat dalam hidup kita sebagai orang percaya kiamat itu bisa saja datang dengan tiba-tiba, yaitu apa yang dinamakan dengan kematian.

Jadi kita harus memahami bahwa ada dua jenis kiamat yaitu, kiamat secara umum dimana kehidupan dunia ini akan berakhir, dan kiamat secara pribadi yaitu kematian yang setiap saat bisa terjadi dalam kehidupan setiap manusia. Inilah yang harus disadari oleh setiap orang pecaya.

Oleh sebab itu setiap orang percaya harus tetap berjaga-jaga seperti yang firman Tuhan katakan di dalam Matius 25:13 Karena itu, berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu akan hari maupun akan saatnya.” Sebab kiamat bisa datang kapan saja dalam kehidupan kita tanpa kita menyadarinya.

Artinya, bila secara umum kiamat itu belum terjadi namun secara khusus setiap saat kiamat itu bisa terjadi yaitu saat kita menghembuskan nafas terakhir, sesuai dengan waktu yang telah Allah tetapkan bagi kehidupan kita secara pribadi. Hal inilah yang yang harus membuat kita tetap berpikir bawha Kiamat Sudah Dekat.

Itulah kenapa kita harus tetap berada dalam keadaan siap sedia untuk menantikan waktu Tuhan itu tiba, sebab saat waktu itu tiba berarti kita akan berhadapan dengan Allah untuk mempertanggungjawabkan semua perbuatan kita selama kita hidup di dunia ini.

Beberapa waktu yang lalu dunia digemparkan degan berita, bunyi sangkakala yang terdengar dilangit, dan itu menjadi fenomena yang cukup menghebohkan. Kenapa dikatakan menghebohkan karena bagi orang percaya yang mengerti akan kebenaran firman Tuhan maka itu merupakan tanda kedatangan Tuhan. Walaupun sampai saat ini belum ada kepastian bahwa dari mana suara yang terdengar dilangit itu datang.

Kiamat Sudah Dekat

Ilustrasi : Renungan Harian Kristen | Kiamat Sudah Dekat | renunganhariini.com

Firman Tuhan katakan di dalam, I Tesalonika 4:16 Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit; 4:17 sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan.

Kalau sampai saat ini Tuhan belum datang juga bukan berarti kiamat tidak akan terjadi, lalu kita tetap hidup sesuka hati kita dan terus memuaskan diri kita dengan berbagai hawa nafsu dunia. Ingat saudaraku kiamat itu sebuah kepastian yang akan terjadi, dan orang percaya tahu benar bahwa kiamat itu akan terjadi pada waktu yang tidak diketahui oleh siapapun.

Firman Tuhan katakan di dalam, I Tesalonika 5:1 Tetapi tentang zaman dan masa, saudara-saudara, tidak perlu dituliskan kepadamu, 5:2 karena kamu sendiri tahu benar-benar, bahwa hari Tuhan datang seperti pencuri pada malam.

Itulah kenapa sebagai orang percaya firman Tuhan sudah memperingatkan kita untuk tetap berjaga-jaga. Karena kalau kiamat itu belum terjadi secara umum, tetapi secara khusus kiamat bisa terjadi kapan saja saat kita menghembuskan nafas yang terakhir.

Jadi bila kita hidup sebagai orang percaya saat ini masih tetap menyibukan diri untuk mengejar segala sesuatu yang tidak bernilai kekal, maka kita sama dengan orang bodoh yang kisahkan dalam Lukas 12:20.

Lukas 12:20 Tetapi firman Allah kepadanya: Hai engkau orang bodoh, pada malam ini juga jiwamu akan diambil dari padamu, dan apa yang telah kausediakan, untuk siapakah itu nanti?

Juaga kisah Lazarus dan orang kaya yang dituliskan di dalam, Lukas 16:22 Kemudian matilah orang miskin itu, lalu dibawa oleh malaikat-malaikat ke pangkuan Abraham. 16:23 Orang kaya itu juga mati, lalu dikubur. Dan sementara ia menderita sengsara di alam maut ia memandang ke atas, dan dari jauh dilihatnya Abraham, dan Lazarus duduk di pangkuannya.

Dan juga peringatan supaya tidak hidup dalam pesta pora yang dituliskan di dalam, Lukas 21:34 “Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat.

Dari ayat-ayat firman Tuhan ini seharusnya sudah menjadi sebuah peringatan keras untuk kita, supaya di sisa hidup kita yang masih ada ini, kita benar-benar mempersiapkan diri kita untuk menanti-nantikan kedatangan Tuhan. Dan saat Tuhan datang, Ia mendapatkan kita sebagai orang-orang yang tidak bercacat dan tidak bercela serta berkenan dihadapanNya.

Jadi kalau dikatakan Kiamat Sudah Dekat sebagai orang percaya kita harus berpikir bahwa bukan saja sudah dekat tetapi sudah sangat dekat. Oleh sebab itu sadarlah dan berjaga-jagalah, kalau selama ini kita telah meninggalkan Tuhan, maka inilah waktunya untuk kembali kepada Tuhan sebelum terlambat, dan mulailah hidup dalam takut akan Tuhan, membangun kembali persekutuan dengan Tuhan, sebab Tuhan selalu menunggu dengan setia, Ia sedang mengulurkan tanganNya saat ini kepada setiap orang berdosa yang mau bertobat dan datang kembali kepada-Nya, karena Ia tidak mau ada satupun manusia ciptaanNya binasa di dalam neraka hanya karena dosa, sebab upah dosa adalah maut.

Kiamat Sudah Dekat dan sudah sangat dekat, jangan menunda waktu untuk bertobat, jangan menunggu lebih lama lagi sehingga tidak ada waktu lagi untuk bertobat.

Jangan lupa baca juga renungan : Kesempatan Yang Berharga

Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin. Runungan Harian Kristen.

tags: , ,

Related For KIAMAT SUDAH DEKAT