KOMITMEN HIDUP ORANG PERCAYA

RENUNGAN HARIAN 2187 Kali Dibaca

Renungan Harian – Senin, 12 Januari 2015. Komitmen Hidup Orang Percaya.

Syalom saudaraku yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus. Ada satu hal yang perlu kita sadari didalam kehidupan kita sebagai orang percaya adalah, bagaimana kita hidup dan hidup kita bisa menjadi berkat bagi banyak orang, artinya hidup sebagai orang percaya harus mencerminkan kehidupan Kristus, dimana kita hidup sebagai orang percaya bukan hanya hidup untuk kepentingan diri sendiri, tetapi kehidupan kita harus bisa memberi arti bagi orang lain.

Kita sering mendengar banyak hamba Tuhan yang berkata, atau syair-syair lagu rohani yang menuliskan kalimat ini yaitu “kita harus menjadi roti yang terpecah dan anggur yang tercurah”. Kalimat ini memberi makna yang sangat dalam, yaitu segenap kehidupan kita harus bisa menjadi berkat bagi banyak orang, dan sebagai orang percaya ini harus menjadi sebuah komitmen hidup.

Kristus telah menunjukan gaya hidup menjadi roti yang terpecah dan anggur yang tercurah, olehnya sebagai orang percaya kita juga harus memiliki gaya hidup sama seperti Kristus, supaya kehidupan kita bisa menunjukan bahwa Ia hidup didalam kita sebagai orang percaya.

Firman Tuhan katakan didalam I Korintus 13:3 Dan sekalipun aku membagi-bagikan segala sesuatu yang ada padaku, bahkan menyerahkan tubuhku untuk dibakar, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, sedikit pun tidak ada faedahnya bagiku.

Paulus mengatakan hal ini, karena untuk menjadi roti yang terpecah dan anggur yang tercurah itu tidaklah mudah, dimana kita harus memiliki komitmen untuk menjadi roti dan terpecah dan anggur yang tercurah ini dengan landasan kasih, dan itulah yang Tuhan Yesus tunjukan dalam perjalanan pelayananNya selama Ia ada didunia ini.

Hidup menjadi berkat bagi orang lain akan menjadi sia-sia, kalau kita memberinya dari kehidupan kita yang berkecukupan, atau dengan kata lain dari apa yang lebih dari harta yang kita miliki, tanpa dilandaskan dengan kasih itu semua tidak ada artinya.

Komitmen Hidup Orang Percaya

Ilustrasi : Renungan Harian – Komitmen Hidup Orang Percaya

Kalau kita memberi tanpa landasan kasih, artinya kita mau memberi karena kita berlebihan, tanpa menyadari bahwa, Kristus telah terlebih dahulu mengasihi kita, oleh sebab itu sekarang kita harus menyatakan kasihNya kepada orang lain dengan menjadi roti yang terpecah dan anggur yang tercurah, maka seberapapun yang dapat kita beri, pemberian itu tidak ada faedahnya.

Komitmen hidup orang percaya bahwa kita hanya mau hidup bagi kristus, artinya kita harus memperagakan kasih Kristus nyata didalam kehidupan kita, jadi kalaupun kita bisa memberi dan menjadi berkat bagi orang lain, itu bukan karena kita merasa berkecukupan, tetapi landasannya karena kita sadar sungguh bahwa apa yang kita miliki saat ini bukan milik kita tetapi semuanya itu milik Tuhan.

Kenapa milik Tuhan?, karena sesungguhnya kita sudah dibeli dan harganya lunas dibayar. Artinya saat ini sebagai orang percaya segenap hidup kita itu menjadi milik Tuhan dan bukan milik kita lagi, jadi kita tidak berhak atas hidup kita. Bila kita sadar akan hal ini, lalu kita mau menjadi roti yang terpecah dan anggur yang tercurah, kita tidak akan pernah merasa berbuat apa-apa, karena apa yang kita buat itu adalah sebuah kewajiban hidup sebagai orang yang percaya kepada Kristus.

Bahayanya kalau ada orang percaya yang merasa bahwa apa yang ia miliki adalah miliknya, jadi saat ia memberi kepada orang lain juga dengan motivasi supaya ia dihargai oleh orang lain, maka ia bukan orang percaya, sebab ia memberi bukan karena memiliki landasan kasih seperti yang Kristus telah tunjukan.

Firman Tuhan katakan didalam I Yohanes 4:8 Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih.

Jadi jelas bahwa memiliki komitmen untuk hidup sebagai orang percaya yang mau menjadi roti yang terpecah dan anggur yang tercurah, bukanlah sebuah hidup yang mudah, tetapi sebaliknya adalah sebuah gaya hidup yang sulit karena perlu perjuangan untuk menyangkal diri, supaya apa yang dilakukan bukan karena kita berlebihan atau berkecukupan, tetapi karena kita sadar kita hidup saat ini hanya hidup untuk memuliakan namaNya, menyukakan dan menyenangkan hatiNya.

Jangan lupa untuk menyimak juga, Mengerti Arti Kekudusan.

Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

tags: , ,

Related For KOMITMEN HIDUP ORANG PERCAYA