KRISTEN YANG SEJATI

RENUNGAN HARIAN 2723 Kali Dibaca

Renungan hari ini 11 Desember 2013 adalah, Kristen yang sejati. Sebelum membaca renungan ini mari kita berdoa.

Doa: Bapa yang baik, kembali kami datang di hadapanMu, dan kami mohon kuasa pengurapanMu ya Tuhan didalam kuasa Roh Kudus, mengurapi kami, mengajarkan kami untuk dapat mengerti akan kebenaran yang kami baca ini, dan biarlah setiap kebenaran yang kami baca, bisa mengubah seluruh pola pikir kami untuk hidup sebagai anak-anakMu yang sungguh-sungguh berkenan dihadapanMu, didalam nama Tuhan Yesus Kristus kami berdoa, haleluya. Amin.

Emas yang tidak pernah diuji maka tidak akan pernah diketahui kadar emas tersebut apakah emas tua atau emas muda, sehingga kadar emasnya juga tidak diketahui dan orang akan tetap memandangnya sebagai emas. Tetapi apabila emas tersebut diuji terlebih dahulu maka akan diketahui apakah itu emas 18 karat, 22 karat, atau 24 karat, dengan mengetahui hasil ujinya maka dari kualitasnya akan menentukan tingkatan harga emas tersebut, dan biasanya emas muda akan dilebur karena dipandang tidak memiliki nilai jual, atau harganya terlalu rendah.

Kekristenanpun demikian, setiap orang percaya akan tetap dipandang sebagai orang kristen, apalagi bila identitas diri seseorang menyatakan bahwa agamanya adalah kristen. Persoalannya sekarang apakah seseorang yang beragama kristen itu, termasuk kristen yang sejati dengan kualitas yang teruji atau hanya kristen KTP, yang sering menjadi singkatan dari kristen tanpa pertobatan, artinya kristen yang tidak hidup sesuai dengan kehendak Tuhan.

Bila seseorang menyebut dirinya kristen itu artinya ia adalah pengikut kristus, dan pengikut kristus itu adalah murid Kristus, sebab murid-murid Tuhan Yesus inilah yang disebut kristen untuk pertama kalinya ( Kisah Para Rasul 11:26).

Sama seperti Tuhan Yesus hidup dan tidak pernah mementingkan diriNya sendiri, maka saat Tuhan Yesus kembali ke Sorga murid-muridNya pun melanjutkan pelayanan yang menjadi perintah Tuhan kepada mereka, seperti yang dikatakan Firman Tuhan dalam Matius 28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, 28:20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.

Jadi bukan saja melayani untuk memuridkan orang lain, tetapi juga mengajarkan orang yang dimuridkan tersebut supaya hidup sesuai dengan perintah Tuhan, dan harus diakui bahwa untuk hidup sesuai dengan perintah Tuhan maka semua kemungkinan untuk hidup sesuai keinginan dunia menjadi tertutup dengan kata lain setiap orang percaya tidak lagi hidup untuk kepentingan diri sendiri tetapi seluruh hidupnya harus untuk kepentingan Tuhan, inilah kristen yang sejati.

Kristen yang sejati tidak akan pernah berharap apa-apa dari Tuhan karena ia yakin benar sebagai anak Tuhan pasti dipelihara sempurna oleh Tuhan, dan menjadi seorang kristen yang sejati  ia  akan terus bertanya kepada Tuhan apa yang Tuhan mau dengan hidupnya, apa yang harus ia perbuat untuk kepentingan Tuhan. Kristen yang sejati akan mempersembahkan tubuhnya sebagai persembahan yang hidup untuk kemuliaan Tuhan. Firman Tuhan katakan dalam Roma 12:1 Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati. 12:2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Kalau orang percaya masih mempertahankan hidupnya menjadi miliknya untuk menikmati hidup ini maka suatu saat nanti ia pasti ditolak oleh Tuhan. Karena kalau dikatan mempersembahkan tubuh sebagai persembahan yang hidup itu artinya segenap hidup kita, selama nafas hidup ini masih kita hirup kita harus tetap hidup menyatu dengan Tuhan dalam kekudusanNya, karena bila tidak didalam kekudusan Allah, maka persembahan itu menjadi tidak berkenan. Itulah sebabnya pada ayat yang ke 2 (Roma 12:2) dikatakan, kita tidak boleh lagi menjadi serupa dengan dunia, kita juga harus berubah didalam pembaharuan budi, dengan tujuan kita pada akhirnya akan memiliki kepekaan untuk semakin mengerti bagaimana hidup yang berkenan kepada Allah, yang menggiring kita kepada kesempurnaan yang Tuhan kehendaki.

Ingat tadi saya sudah katakan bahwa dengan menjadi murid Tuhan berarti segala kemungkinan untuk menikmati dunia itu sudah tertutup, karena bila kita masih mau untuk menikmati dunia ini jangan pernah katakan bahwa kita pengikut Kristus, dan tidak mungkin kita bisa menjadi muridNya.

Apakah rugi bila saat ini kita tidak bisa menikmati kesenangan dunia ?.

Kalau ada yang berpikir bahwa merupakan kerugian besar bila ia tidak menikmati hidup dan kesenangan dunia saat ini, itu berarti ia tidak percaya kepada Tuhan dan juga kepada janji Tuhan. Firman Tuhan katakan didalam Matius 19:29 Dan setiap orang yang karena nama-Ku meninggalkan rumahnya, saudaranya laki-laki atau saudaranya perempuan, bapa atau ibunya, anak-anak atau ladangnya, akan menerima kembali seratus kali lipat dan akan memperoleh hidup yang kekal. Ini adalah janji Tuhan.

Jadi semua yang kita tinggalkan demi melayani pekerjaan Tuhan, demi hidup untuk Tuhan, bukan saja akan menerima gantinya seratus kali lipat, tetapi janji Tuhan, kita juga akan memperoleh hidup kekal.

Sudah sering saya katakan bahwa kalau kita menjadi pengikut Kristus, maka kita harus hidup sama seperti Kristus bahkan bukan saja itu, tetapi juga turut mengambil bagian didalam penderitaan Kristus.

Firman Tuhan katakan didalam 1 Petrus 4:1 Jadi, karena Kristus telah menderita penderitaan badani, kamu pun harus juga mempersenjatai dirimu dengan pikiran yang demikian, karena barangsiapa telah menderita penderitaan badani, ia telah berhenti berbuat dosa, 4:2 supaya waktu yang sisa jangan kamu pergunakan menurut keinginan manusia, tetapi menurut kehendak Allah. 4:3 Sebab telah cukup banyak waktu kamu pergunakan untuk melakukan kehendak orang-orang yang tidak mengenal Allah. Kamu telah hidup dalam rupa-rupa hawa nafsu, keinginan, kemabukan, pesta pora, perjamuan minum dan penyembahan berhala yang terlarang.

Yang Tuhan mau adalah setiap orang yang percaya kepadaNya yang telah ditebus dari cara hidup yang sia-sia, harus mengisi pikirannya bahwa “saat ini saya harus berhenti berbuat dosa”, orang yang masih mau hidup dalam dosa berarti korban Kristus menjadi sia-sia bagi dirinya, artinya ia pasti binasa.

Kita harus ingat waktu hidup kita didunia ini tidak lama lagi, oleh sebab itu Firman Tuhan ingatkan kita supaya diwaktu yang tersisa ini kita tidak lagi pergunakan untuk hidup menurut keinginan manusia atau keinginan daging, tetapi harus hidup sesuai kehendak Allah, sebab hanya orang yang hidup melakukan kehendak Allah yang akan dikenal oleh Allah sebagai anak-anakNya.

Allah tidak pernah membatasi kehendak bebas manusia, jadi pilihan selalu ada ditangan setiap manusia, apakah ia memilih untuk hidup menikmati dunia saat ini dalam pesta pora dan hawa nafsu dengan berbagai keinginannya yang akhirnya membawanya kepada kebinasaan kekal, atau mau memilih untuk sementara waktu ini, ikut masuk dalam penderitaan Kristus, hidup dalam ketaatan dan melakukan kehendak Allah, akan tetapi pada akhirnya akan menikmati kehidupan kekal.

Ingat pesan ini:

  1. Tuhan mau engkau berubah.
  2. Jangan lagi menjadi serupa dengan dunia ini.
  3. Berhentilah untuk memuaskan dirimu dengan hawa nafsu dunia.
  4. Waktu hidup ini hanya sementara 70-80 tahun bukan waktu yang lama.
  5. Jadilah kristen yang sejati dengan menuruti semua kehendak Allah maka engkau akan menerima keselamatan didalam kehidupan kekal.

Bila engkau di berkati dengan renungan ini, maka bagilah link renungan ini kepada semua orang yang engkau kasihi. renunganhariini.com

Tuhan Yesus memberkati kita semua.

tags: , , ,

Related For KRISTEN YANG SEJATI