KUASA MENJADI ANAK-ANAK ALLAH

RENUNGAN HARIAN 2399 Kali Dibaca

Renungan Harian – Rabu, 21 Januari 2015. Kuasa Menjadi Anak-Anak Allah.

Syalom saudaraku yang dikasihi Tuhan yesus Kristus. Bila berbicara tentang anak-anak Allah, maka pada umumnya setiap orang percaya atau orang Kristen akan mengkleim kalau dirinya adalah anak Tuhan, tentu landasannya karena percaya kepada Allah didalam nama Tuhan Yesus Kristus, maka secara otomatis kita akan mengkleim bahwa kita ini anak Tuhan.

Hal ini memang tidak ada salahnya karena firman Tuhan katakan didalam, Yohanes 1:12 Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya;

Yang menjadi persoalan disini adalah, untuk menjadi anak-anak Allah itu berarti setiap kita harus mencapai target standar kesucian Allah yaitu sempurna sama seperti Bapa di Sorga yang adalah sempurna (Matius 5:48). Sempurna disini artinya setiap orang percaya harus mencapai standar kesucian yang Tuhan kehendaki.

Kalau sudah berbicara bahwa orang percaya yang mau menjadi anak-anak Allah harus sempurna sama seperti Bapa di Sorga, maka disinilah mulai muncul berbagai alasan atau dalih bahwa mana mungkin kita bisa sempurna sama seperti Bapa di Sorga?.

Saudaraku kenapa banyak orang percaya akan selalu berdalih dengan alasan klasik seperti ini?. Orang yang selalu berdalih dengan berbagai alasan, itu karena ia memang tidak berniat untuk sungguh-sungguh mau mencapai target kesucian yang Allah kehendaki.

Kegagalan banyak orang percaya untuk mencapai target kesucian yang Allah kehendaki selalu dipengaruhi oleh hal-hal berikut ini yaitu, ketidak sadaran kita akan kebenaran firman Allah dan kita sesungguhnya tidak pernah mau belajar standard kesucian yang Tuhan kehendaki.

Ketidak sadaran kita yang dimaksud adalah, kalau kita baca firman Tuhan dan kita merenungkan firman itu, maka kita bisa mengerti bahwa saat kita menerimaNya, yaitu menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan juruselamat kita, maka seperti yang firman Tuhan katakan didalam Yohanes 1:12, tadi bahwa orang yang menerimaNya diberinya kuasa, untuk menjadi anak-anak Allah.

Kuasa berarti berbicara tentang kekuatan atau kemampuan yang tidak terbatas yang telah diberikan Allah kepada kita sebagai orang percaya saat dengan mulut kita mengaku Dia adalah Allah dan dengan hati kita percaya kepadaNya, firman Tuhan katakan kita diberikan kuasa.

Kuasa menjadi Anak-anak Allah

Ilustrasi : Renungan Harian – Kuasa Menjadi Anak-Anak Allah

Kuasa ini diberikan supaya kita dimampukan untuk mencapai target kesucian yang Bapa kehendaki, atau dalam hal ini mencapai taraf keagungan pribadi Allah yang begitu mulia.

Itulah kenapa Tuhan Yesus katakan dalam, Matius 5:48 Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna.” Jadi setiap kita sebagai orang percaya harus tetap menyadari bahwa kuasa yang Tuhan berikan itu bukan tanpa tujuan, atau bukan juga untuk tujuan lain yang diluar kehendak Allah.

Kuasa itu diberikan sebagai fasilitas kepada kita untuk mencapai target kesucian yang Tuhan kehendaki, sehingga kita tidak bisa lagi membuat alasan atau berdalih bahwa kita tidak mungkin hidup sama seperti Kristus hidup. Kuasa diberikan oleh Allah supaya kita dimampuhkan untuk hidup dalam kesucian Allah.

Dengan alasan bahwa kita tidak mungkin bisa hidup sama seperti Kristus hidup atau tidak mungkin sempurna sama seperti Bapa di Sorga yang adalah sempurna, artinya kita sedang meragukan kuasa Allah, atau dengan kata lain kita telah membatasi kuasa Allah yang sedang bekerja didalam kita sepanjang hari-hari hidup kita.

Jadi sebagai orang percaya, mari kita sadar sungguh bahwa didalam diri kita sebagai orang percaya ada kuasa yang diberikan kepada kita melebihi kuasa apapun yang ada dimuka bumi ini, dan sadarlah bahwa kita adalah anak-anak Allah yang luar biasa.

Luar biasa disini bukan karena dengan kuasa itu lalu kita sukses dalam karier, sukses melewati berbagai rintangan hidup, atau sukses mengatasi berbagai persoalan hidup yang kita hadapi, sukses dalam studi, ekonomi, maupun rumah tangga. Bukan ini yang menjadi tujuan dari kuasa diberikan kepada kita sebagai orang percaya, karena tujuannya adalah supaya kita dimampukan untuk menjadi sempurna sama seperti Bapa di Sorga, dan ini adalah potensi diri yang hebat yang Tuhan tanamkan didalam diri kita.

Kuasa yang Tuhan berikan menjadi potensi diri yang luar biasa dan tidak ternilai oleh apapun, karena potensi inilah yang memampukan kita untuk berjalan menuju kesempurnaan ke arah Kristus. Jadi kalau kuasa sudah diberikan dan kita tidak memanfaatkan kuasa ini dengan benar maka kuasa yang Tuhan tanamkan didalam diri kita sebagai orang percaya akan menjadi sia-sia.

Itulah sebabnya kita harus terus mau memaksa diri kita untuk terus belajar akan kebenaran firman Tuhan setiap hari, supaya oleh kuasa firman itu kita dimampukan untuk mempergunakan kuasa yang sudah Allah berikan itu supaya bisa mencapai target yang Tuhan kehendaki, yaitu menjadi sempurna.

Jangan lupa untuk menyimak juga, Segenap Hidup Kita Adalah Ibadah.

Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

tags: , ,

Related For KUASA MENJADI ANAK-ANAK ALLAH